Saturday 26 December 2015

Cara Install Tema Linux Mint Cinnamon Secara OFFLine (Manual)

Installl Tema Linux Mint Cinnamon OFFLINE – Linux Mint Cinnamon memang memiliki tampilan yang paling indah diantara lingkungan desktop Linux Mint yang lainnya. Cinnamon merupakan lingkungan desktop buatan tim Linux Mint sendiri dan sekarang banyak digunakan sebagai lingkungan desktop banyak distro linux yang lain.

Salah satu yang menarik dari Linux Mint Cinnamon adalah banyaknya tema yang tersedia, baik itu tema default sistem maupun tema yang kita peroleh dari luar sistem Linux Mint Cinnamon yang bisa kita install secara offline dan online. Tampilannya yang elegan menjadikan Linux Mint Cinnamon banyak mendapat pujian oleh para pengguna Linux Mint Cinnamon.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara install tema Linux Mint Cinnamon secara offline dan untuk mendapatkan tema Cinnamon dapat kita unduh di situs web cinnamon-spices, gnome-look atau situs web lainnya yang menyediakan tema untuk desktop environment Cinnamon.

Cara Install Tema Linux Mint Cinnamon Secara Manual (OFFLINE)

Install Tema Linux Mint Cinnamon Secara Manual atau OFFLINE


Sebenarnya untuk install tema Linux Mint Cinnamon bukan merupakan hal yang sulit apalagi kalau sudah terbiasa menggunakan Linux Mint Cinnamon, baik itu secara online maupun offline.

Berikut langkah - langkah untuk menambahkan tema Linux Mint Cinnamon secara manual
  1. Download tema untuk Desktop Cinnamon
  2. Ekstrack file .zip
  3. Salin dan Tempel folder hasil ekstract ke direktori home/.themes atau ~/usr/share/themes (masuk sebagai super user/root)
Karena folder /.themes berupa file yang tersembunyi alias hidden , tekan (ctrl + h) untuk menampilkan folder yang tersembunyi. Bila belum terdapat folder ./theme dalam beranda Linux Mint Cinnamon, kita dapat membuat folder baru dengan nama yang sama ./themes

Cara Menerapkan Tema Di Linux Mint Cinnamon


Setelah sukses menambahkan tema Linux Mint Cinnamon secara manual, kita dapat langsung menerapkan tema tersebut menjadi tema aktif desktop Cinnamon dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka Menu - Preferences - Themes untuk menggunakan tema yang baru kita installl
  2. Klik pada pengaturan untuk tema Cinnamon
  3. Pilih tema Cinnamon yang baru kita tambahkan
Daftar Situs web penyedia tema linux mint, antara lain :

gnome-look.org
linuxmint-art.org
Cinnamon-spices.linuxmint.com
noobslab.com

Kesimpulan


Beragam tema yang tersedia untuk Linux Mint Cinnamon akan membuat tampilan desktop Cinnamon menjadi semakin cantik, menarik dan elegan. Yang pasti kita akan semakin betah berlama-lama di depan komputer dalam aktivitas sehari-hari.Salam Linux.


EmoticonEmoticon