Friday 25 December 2015

Cara Instal Tema Ikon LibreOffice Di Linux Mint/Ubuntu

Tags

Tema Ikon LibreOffice (libreoffice-style) - Apa kabar pengguna Linux Mint ? semoga dalam keadaan sehat , bahagia dan penuh semangat. Pada postingan kali ini saya akan mengulas kembali mengenai Libreoffice , namun khusus mengenai style (gaya) yang dimiliki Libreoffice.

Pengguna linux Mint , Ubuntu dan turunannya pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Office berbasis open source yang powerfull dan kaya akan fiture ini. Tak hanya di Linux, namun Libreoffice dapat digunakan di Windows maupun Mac OS.

Pengguna sistem operasi Linux Mint dapat menikmati aplikasi ini tanpa perlu instal. Karena, LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran default sistem Linux Mint dengan menggunakan tema ikon Human. Pengguna Libreoffice pada sistem Linux Mint tentu ingin menikmati tampilan atau gaya lain dari ikon LibreOffice. Kita dapat menambahkan tema ikon LibreOffice di sistem Linux Mint dengan cara yang sangat mudah karena, paket aplikasi style ikon LibreOffice sudah tersedia di repository Linux Mint. Jadi, kita tinggal instal saja.

Catatan : Saat kita menginstal Libreoffice secara offline, tema ikon LibreOffice sudah disertakan dalam paket instalasinya jadi, kita tidak perlu instal tema ikon lagi

Cara Instal Libreoffice-Style di Linux Mint/Ubuntu


Sebagai aplikasi yang berbasis open source, Libreoffice tidak mau ketinggalan gaya dengan aplikasi perkantoran lainnya. Sampai saat ini , Libreoffice telah rilis sampai versi 5.0.4 dan akan terus dikembangkan. Salah satu gaya tampilan LibreOffice dapat kita lihat pada ikon-ikon LibreOffice yang terlihat di sepanjang menu toolbars LibreOffice.

Kita dapat menggunakan pengelola perangkat lunak, synaptic atau terminal linux untuk memasang style LibreOffice di sistem Linux Mint. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan terminal linux untuk memasang style LibreOffice di sistem Linux Mint. Sebelum memulai proses instal, lihat terlebih dahulu daftar style LibreOffice dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal (ctrl-alt-t) linux :

sudo apt-get install Libreoffice-style

Terlihat daftar nama style yang dapat kita pasang pada Libreoffice :

  • libreoffice-style-tango 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2
  • libreoffice-style-sifr 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2
  • libreoffice-style-oxygen 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2
  • libreoffice-style-human 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2
  • libreoffice-style-hicontrast 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2
  • libreoffice-style-galaxy 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2
  • libreoffice-style-crystal 1:4.4.3~rc2-0ubuntu1~trusty1
  • libreoffice-style-breeze 1:5.0.3~rc2-0ubuntu1~trusty2

Instal style yang kita inginkan , namun ingat! "yang ~trusty2" saja ya! ketik baris perintah pada terminal linux. Misalnya style :galaxy

sudo apt-get install Libreoffice-style-galaxy

Lakukan hal yang sama untuk memasang style lainnya

Mengganti Style Menu Libreoffice


Setelah memasang semua tema ikon LibreOffice , kita dapat langsung menerapkannya pada Tampilan Menu Libreoffice.

Cara Instal Tema Ikon LibreOffice Di Linux Mint/Ubuntu
  1. Buka salah satu komponen LibreOffice melalui Menu › Perkantoran › LibreOffice. Misalnya LibreOffice Writer
  2. Pada jendela Libreoffice Writer klik Menu "Tools – Option"
  3. Pada jendela Option klik Menu "Libreoffice – View"
  4. Sorot pada bagian "User Interface - Icon size and style"
  5. Klik Menu gulir style untuk memilih jenis style yang akan kita terapkan pada Libreoffice
Bila dalam proses instalasi style tidak terjadi kegagalan , maka style yang sudah kita instal akan terlihat di menu ini. Pilih style yang kita inginkan dan lihat hasilnya.

Kesimpulan


Dengan adanya style tersebut makin membuat kita jadi betah untuk menggunakan Libreofice dalam mengerjakan tugas - tugas perkantoran. Demikian cara menambah dan menggunakan style Libreoffice di Linux Mint semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon