Wednesday 10 February 2016

Cara Menulis Arab Di Linux Mint Pada Berbagai Teks Editor

Menulis Arab Di Linux Mint - Selamat pagi semua, sobat linux dimanapun anda berada semoga selalu dalam kondisi sehat selalu. Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai "Cara Menulis Huruf Arab Di Linux Mint Pada Berbagai Teks Editor”. Jadi, kita dapat menulis huruf arab dengan menggunakan penyunting teks LibreOffice, Gedit, Pluma atau yang lainnya. Hal Ini berbeda dengan cara menulis Al-Qur’an di LibreOffice, dimana kita memerlukan ekstensi yang bernama Qioo (Qur’an In Open Office).

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia tentu sudah tidak asing lagi dengan bahasa dan huruf Arab (Arabic). Setiap kita baca Al-Qur’an , belajar IQRO atau Juz-Amma semuanya menggunakan bahasa Arab. Kalau kamu sering ngaji pasti sudah sangat akrab dengan salah satu bahasa resmi Dewan Keamanan PBB (United Nation) ini.

Dari segi bentuknya Huruf Arab tidak sama dengan Huruf yang di pakai dalam bahasa Indonesia, begitu pula dalam pengucapannya. Namun sebagai umat islam kita harus bisa membaca AL-Quran yang menggunakan bahasa dan huruf Arab, oleh karena itu kita harus dapat belajar membaca dan menulis Arab dengan banyak - banyak belajar kepada guru - guru kita.

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi untuk menulis huruf arabic, gunakan saja libreoffice dengan sistem operasi linux dan bila ingin menulis Al-Qur’an, kita bisa tambahkan ekstensi Qioo di LibreOffice. Akan saya uraikan dalam artikel lainnya

Pasang Papan Ketik Virtual di Linux Mint


Cara Menulis Arab Di Linux Mint Pada Berbagai Teks Editor

Karena keyboard yang kita pakai tidak memiliki tampilan huruf Arab maka, untuk memudahkan dalam menulis Arab pada Libreoffice Writer atau penyunting teks lainnya, kita bisa menggunakan papan ketik (keyboard) virtual sebagai panduan untuk “nuts” keyboard.

Instal keyboard virtual ini pada sistem Linux Mint yang kita gunakan dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal linux (ctrl-alt-t) :

sudo apt-get install onboard

Setelah proses pemasangan aplikasi onboard pada sistem Linux Mint selesai, akan terlihat menu baru di daftar Menu Linux Mint dengan kategori Akses Universal.

Klik Menu > Akses Universal > Onboard

Menulis Arab Di Linux Mint


Sekarang kita ubah beberapa pengaturan sistem Linux Mint untuk dapat menulis arab di Linux Mint  pada berbagai aplikasi penyunting teks.

Cara Menulis Arab Di Linux Mint Pada Berbagai Teks Editor

A. Tambahkan bahasa Arabic kedalam sistem


Instal Bahasa Arab (Arabic) pada sistem komputer melalui Menu pengaturan Bahasa

Klik pada Menu > Pengaturan Sistem > Bahasa

Selanjutnya tambahkan bahasa Arabic dengan langkah-langkah seperti di bawah ini :
  1. Pada jendela pengaturan bahasa pilih Tambah/Hapuskan Bahasa.
  2. Akan muncul jendela daftar bahasa yang sudah terpasang pada sistem, klik tombol tambah untuk menambahkan bahasa
  3. Pilih bahasa yang akan ditambahkan pada sistem , karena kita akan menulis Huruf Arab pilih Arabic. Disana mungkin terdapat beberapa versi bahasa Arab , pilih salah satu misalnya : Arabic Saudi Arabia
  4. Sampai disini kita sudah menambahkan bahasa Arabic ke dalam sistem.

B. Tambahkan Layout Keyboard Arabic Ke Dalam Sistem Linux Mint


Tutup jendela pengaturan bahasa , sekarang kita menuju ke pengaturan keyboard (papan ketik).

Menu > Pengaturan Sistem > Papan Ketik

Pada jendela papan ketik pilih menu layout,  dimana English(us) menjadi layout standard sistem papan ketik. Tambahkan layout Arabic untuk menampilkan keyboard dalam huruf Arab.

Saat menggunakan beberapa jenis papan ketik, maka applet papan ketik akan otomatis aktif di panel Linux Mint yang bisa kita gunakan untuk memudahkan dalam berganti jenis papan ketik . Kita dapat menambah dan menghapus applet dari panel Linux Mint melalui pengaturan Applet Linux Mint.

Cara lain untuk berganti layout papan ketik yaitu dengan menggunakan tombol shortcut keyboard. Pilih "opsi" pada menu layout papan ketik , lalu pilih "switching to another layout" , silahkan pilih kombinasi tombol papan ketik, misalnya :

alt+Caps lock

Sampai disini kita sudah bisa menulis arab di Linux Mint pada berbagai aplikasi text editor

Memberi Harakat Menulis Arab di Linux Mint


Saat menulis huruf arab, mungkin diperlukan tanda baca dalam bentuk harakat. Untuk melakukan hal itu, kita dapat mengunakan fungsi beberapa tombol papan ketik secara bersamaan, misalnya :

shift+q = fathah
shift+a = kasroh
shift+w = fathah tanwin
shift+s = kasroh tanwin
shift+e = dhommah
shift+r = dhommah tanwin
shift+x = sukun
shift+x = tasydid

Kesimpulan


Demikian cara menulis arab di Linux Mint pada berbagai aplikai penyunting teks, seperti misalnya, LibreOffice, gedit, pluma dan lain-lainnya.  Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua, terutama pengguna sistem operasi komputer Linux Mint. Sekian - Terima Kasih.


EmoticonEmoticon