Saturday 17 March 2018

Cara Merubah Tampilan Windows List Cinnamon Menjadi Rapi Dan Modern Dengan Applet Icing task Manager

Tags

Cara Merubah Tampilan Windows List Cinnamon  – Pengguna distro Linux Mint Cinnamon dapat mengganti tampilan window list default Cinnamon dengan Icing Task Manager yang lebih rapi dan modern sehingga membuat anda lebih mudah dalam mengatur setiap jendela aplikasi yang sedang berjalan atau terbuka. Window list dan Icing Task Manager merupakan applet Cinnamon yang dapat anda pakai untuk mempermudah anda dalam menggunakan lingkungan desktop Cinnamon, baik itu di Linux Mint maupun pada distro Linux lainnya.

Mengapa kita perlu mengganti window list dengan icing task manager ? Sebenarnya bila kita sudah nyaman dalam menggunakan applet window list, kita tidak perlu menggantinya dengan icing task manager. Bagi anda pengguna baru distro Linux Mint Cinnamon, sedikit gambaran mengenai window list yaitu : “merupakan applet yang akan menampilkan daftar aplikasi yang terbuka di Panel Cinnamon.”


Melalui applet window list inilah, kita dapat melihat semua daftar aplikasi yang sedang berjalan (terbuka) di Panel Cinnamon, biasanya applet ini sudah dalam kondisi aktif secara default system. Hanya saja, tampilan applet window list kurang begitu menarik dan terkesan jadul seperti window list-nya xp. Window list Cinnamon ini hanya menampilkan satu jendela aplikasi dalam satu kolom meskipun kita membuka banyak jendela aplikasi yang sama. Hal ini akan menyulitkan kita saat membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak.

Untuk itulah, kiranya kita perlu mengganti window list dengan icing task manager dengan tampilan dan peforma yang lebih baik, rapi dan modern. Icing task manager ini seperti tampilan window list pada sistem operasi komputer windows 7 ke atas. Anda akan puas dengan peforma yang terdapat di applets icing task manager.

Tidak hanya itu saja, icing task manager juga dapat kita atur (setting) sesuai keinginan kita masing – masing, untuk tampilan dan peformanya. Applet icing task manager ini merupakan applet yang cukup banyak digemari oleh para pengguna Linux Mint Cinnamon dan kita dapat mendapatkannya dengan cukup mudah dengan cara download applet icing task manager melalui alamat website : https://cinnamon-spices.linuxmint.com/applets atau bisa juga langsung download melalui jendela pengaturan applets Cinnamon Desktop.

Merubah Tampilan Window List Cinnamon Menjadi Rapi Dan Modern Dengan Applet Icing task Manager


Selain sebagai aksesoris, applets di Linux Mint Cinnamon memang cukup banyak membantu pengguna Linux Mint Cinnamon untuk mempermudah mereka dalam memakai sistem operasi komputer berbasis Linux dengan lingkungan desktop Cinnamon. Berikut ini Cara Merubah Tampilan Window List Cinnamon Menjadi Lebih Modern :

Install Applet Icing Task Manager


Kita dapat menginstall applets langsung melalui jendela pengaturan applets Linux Mint Cinnamon dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Cara Merubah Tampilan Windows List Cinnamon Menjadi Rapi Dan Modern Dengan Applet Icing task Manager

  1. Buka pengaturan applets Linux Mint Cinnamon, klik pada Menu > Preferences > Applets
  2. Pada jendela pengaturan applet pilih tombol menu Download
  3. Pada pesan yang muncul untuk memperbarui cache, pilih “Yes”
  4. Setelah proses update applet selesai, pilih applet yang akan ditambahkan, dalam hal ini pilih Icing Task Manager lalu klik tombol Install.
  5. Setelah selesai menginstall applet icing task manager, klik pada tombol menu Manage
  6. Lalu tambahkan applet ke panel dengan cara : Pilih applet Icing task manager lalu klik pada tombol “(+)”

Menghapus Applet Window List


Karena sebelumnya applet Window list masih dalam kondisi aktif, silahkan hapus atau nonaktifkan applet window list dari Panel Cinnamon.

Cara Merubah Tampilan Windows List Cinnamon Menjadi Rapi Dan Modern Dengan Applet Icing task Manager

  1. Masih dalam jendela pengaturan applet Linux Mint Cinnamon, klik pada tombol menu Manage
  2. Lalu pilih applets window list dan klik pada tombol hapus/tanda minus “(-).”

Settings Applet Icing Task Manager


Bila anda ingin melakukan pengaturan (setting) pada applet Icing task manager, anda dapat melakukannya untuk mendapatkan tampilan dan peforma sesuai keinginan anda masing-masing.  Untuk membuka pengaturan Icing Task Manager, lakukan dengan cara sebagai berikut :

Klik kanan pada applet Icing task manager lalu pilih menu Preferences > Configure

Cara Merubah Tampilan Windows List Cinnamon Menjadi Rapi Dan Modern Dengan Applet Icing task Manager

Terdapat beberapa menu untuk pengaturan Icing task manager, diantaranya yaitu :

  1. General (umum)
  2. Panel
  3. Thumbnail
  4. Context Menu
  5. Theming

Sekarang Cinnamon Desktop yang anda pakai sudah menggunakan Icing task manager sebagai pengganti applet window list. Dengan menggunakan Icing task manager, tampilan window list menjadi terlihat lebih rapi dan modern.

Applets Icing Task Manager ini dapat berjalan dengan baik pada Linux Mint Cinnamon versi 18, dengan versi Cinnamon terbaru saat ini yaitu 3.6.7

Demikian Cara Merubah Window List Cinnamon Menjadi Rapi Dan Modern, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon