Tuesday 5 December 2017

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian – Salah satu element pada desktop Linux yaitu Launcher Aplikasi. Fungsi dari launcher ini yaitu untuk menjalankan aplikasi sesuai dengan perintah yang kita tanamkan pada launcher tersebut. Cara membuat launcher aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian cukup mudah dan anda pasti tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan hal itu.

Launcher aplikasi dapat kita temui di Menu, Panel dan Desktop Komputer. Dari sinilah kita biasanya mengeklik tombol launcher untuk menjalankan aplikasi di sistem Linux Mint, Ubuntu, Debian atau distro Linux lainnya. Pembuatan launcher aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah kita saat ingin menjalankan aplikasi tanpa perlu mengetikan perintah teks di terminal, cukup sekali klik dan saat itu juga jendela aplikasi yang anda inginkan akan terbuka. Selain itu, pembuatan tombol launcher aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian ini juga bertujuan untuk melengkapi tombol shortcut atau launcher aplikasi yang belum ada di Menu, Panel atau Desktop Komputer.



Fungsi tombol launcher ini sama seperti shortcut aplikasi yang akan menjalankan aplikasi saat kita melakukan aktivitas klik pada tombol tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan menguraikan mengenai cara membuat launcher aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian pada Menu, Panel dan Desktop komputer. Lingkungan desktop yang akan saya pakai yaitu Cinnamon dan Mate.

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Sekarang mari kita lihat pada Menu, Panel dan Desktop komputer sisem Linux yang kita pakai. Kita akan menemui banyak launcher aplikasi di Menu Komputer. Tidak seperti pada Panel atau Desktop Komputer yang mungkin hanya ada beberapa launcher aplikasi saja.

Memang fungsi utama Menu Komputer adalah untuk mengakses tombol launcher aplikasi di sebuah desktop environment pada sistem operasi komputer. Sementara Desktop dan Panel bisa menjadi akses cepat untuk melakukan itu tanpa perlu melalui Menu Komputer. Maka dari itulah, kita perlu menambahkan launcher aplikasi di Menu, Panel dan Desktop Komputer untuk memudahkan kita dalam menggunakan sistem komputer Linux Mint, Ubuntu atau Debian.

Cara Membuat Launcher Aplikasi Di Mate Desktop

Mate merupakan salah satu lingkungan desktop yang dimiliki oleh Linux dengan mengusung tema klasik menu yang intuitif dengan tampilan yang sangat menarik. Banyak distro Linux yang membawa Mate sebagai salah satu desktop environment termasuk pada distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Berikut ini cara membuat launcher aplikasi di Mate Desktop :

A. Menu Mate
Kita dapat menghapus dan menambahkan tombol launcher aplikasi di menu mate desktop melalui pengaturan menu : Menu ⇾ Preferences ⇾ Main Menu. Melalui jendela inilah kita dapat menambahkan launcher aplikasi di menu mate desktop.

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

  1. Pertama, pilih kategori menu lalu klik tombol New Item, setelah itu akan muncul jendela Create Launcher
  2. Lalu isi pada setiap kolom yang terdapat di jendela Create Launcher dengan cara sebagai berikut : Misalnya launcher untuk LibreOffice :
  • Type = Application
  • Name = LibreOffice
  • Command = libreoffice
  • Comment = Ini adalah launcher LibreOffice.
  1. Setelah itu, klik pada tombol untuk memilih logo (kotak persegi sebelah kiri) lalu lihat pada direktori usr/share/icons/Mint-X/apps/48/ untuk memilih ikon LibreOffice. Setelah selesai, klik pada tombol OK
Bila anda kesulitan mencari perintah launcher aplikasi (command = libreoffice), silahkan lihat dan cari perintah launcher aplikasi pada direktori /usr/bin/

B. Panel Komputer
Anda pasti sering menggunakan Panel Komputer untuk menempatkan sebuah launcher aplikasi. Memang kita dapat dengan cepat dan mudah untuk menjalankan aplikasi melalui Panel Komputer dan karena itulah, sebaiknya tambahkan beberapa launcher aplikasi di Panel Mate Desktop untuk mempermudah kita saat ingin menjalankan aplikasi tanpa perlu melalui Menu atau Terminal Linux.

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

  1. Pertama klik kanan Panel lalu pilih Add to Panel
  2. Kemudian pada jendela Add to Panel pilih item “Application Launcher” lalu klik tombol Forward. Setelah itu pilih “salah satu aplikasi” yang akan kita buat launcher di panel Linux Mint, Ubuntu atau Debian. Selanjutnya, klik tombol Add untuk menerapkannya. Atau anda juga dapat membuat “Custom Launcher” dengan memilih tombol Custom Application Launcher, klik Add dan setelah itu isi setiap kolom pada jendela create launcher, caranya sama seperti di atas
C. Desktop Komputer
Salah satu tempat favorit yang sering dipakai untuk membuat launcher aplikasi yaitu Desktop Komputer. Cara membuat launcher aplikasi di Desktop Komputer sama seperti pada Menu Komputer. Pertama klik kanan pada Desktop Komputer lalu pilih Create Launcher , setelah itu isi kolom yang terdapat pada jendela Create Launcher (sama seperti diatas).

II. Cinnamon Desktop

Bila anda adalah pengguna distro Linux Mint, tentu sudah kenal baik dengan lingkungan desktop default Linux Mint yaitu Cinnamon. Tim pengembang Linux Mint memang sangat kreatif dalam membuat lingkungan desktop Cinnamon ini. Selain tampilannya yang sangat menarik, modern dan elegan, Cinnamon juga kaya akan tema dan anda akan sangat menikmati desktop Cinnamon saat menggunakannya. Cara membuat launcher aplikasi di Cinnamon hampir sama seperti pada Mate.

A. Menu Cinnamon
Cara membuat launcher di Cinnamon Desktop memang hampir sama dengan di Mate Desktop, yang berbeda hanya cara mengakses Main Menu. Pada Menu Cinnamon desktop kita dapat membuat tombol launcher aplikasi dengan cara sebagai berikut :

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian
  1. Pertama, klik kanan Menu Cinnamon lalu pilih Configure.
  2. Setelah itu pada jendela configure Menu pilih tab Menu  ⇾ Layout & Content ⇾ Open the menu editor. Setelah itu akan mucul jendela Main Menu seperti pada Mate Desktop. Silahkan gunakan cara yang sama seperti pada mate desktop untuk membuat launcher aplikasi di menu Cinnamon.
B. Panel Cinnamon
Pada Desktop Cinnamon kita akan menjumpai yang namanya applets yang merupakan salah satu element Cinnamon yang terdapat di panel komputer. Applets yang akan kita gunakan untuk membuat launcher aplikasi di Panel Cinnamon adalah applets yang bernama Panel Launcher. Berikut ini Cara membuat launcher aplikasi di Panel Cinnamon :

Cara Membuat Launcher Aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

  1. Pertama, tambahkan applets launcher aplikasi di panel Cinnamon, caranya adalah sebagai berikut : Klik kanan panel ⇾ Add applets to the panel ⇾ Pilih panel launcher ⇾Klik tombol Add to panel. Secara default terdapat tiga (3) buah launcher yang disertakan pada applets panel launcher Cinnamon yaitu terminal, nemo dan firefox. Biasanya applets ini sudah dalam kondisi aktif, bila demikian maka, kita tidak perlu lagi menambahkannya ke panel Cinnamon Desktop.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada panel launcher lalu pilih tombol Add, setelah itu akan muncul jendela launcher properties (hampir sama dengan jendela Create Launcher Mate Desktop). Silahkan isi pada setiap kolom di launcher properties cinnamon desktop dengan cara sebagai berikut : Misalnya kita akan membuat launcher untuk aplikasi LibreOffice
  • Name : LibreOffice
  • Command : libreoffice
  • Comment : Ini adalah launcher LibreOffice
  • Launch in terminal (centang untuk menjalankan aplikasi lewat terminal atau abaikan saja juga tidak masalah)
  • Pilih sebuah ikon yang sesuai melalui tombol ikon di launcher properties Cinnamon. Setelah selesai klik pada tombol OK.
  1. Bila muncul pesan seperti ini “Would you like to add this launcher to the menu also? It will be placed in the other category initially.” Pilih No maka, launcher aplikasi hanya akan ditambahkan di panel Cinnamon, sementara bila kita memilih Yes maka, launcher aplikasi akan ditambahkan juga di Menu Cinnamon pada kategori “Other”
C. Desktop Komputer
Cara membuat launcher aplikasi di Desktop Komputer Cinnamon hampir sama seperti pada desktop Mate, lakukan dengan cara seperti di bawah ini :
  1. Pertama klik kanan pada desktop Komputer Cinnamon lalu pilih tombol Create a new launcher here
  2. Setelah itu akan muncul jendela launcher properties, silahkan isi pada setiap kolom  pada launcher properties Cinnamon Desktop.

Cara Menghapus Launcher Aplikasi Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Terlalu banyak launcher aplikasi pada Menu, Panel dan Desktop Komputer akan membuat tempat tersebut terlihat sesak dan hal ini membuat kita menjadi kurang nyaman saat menggunakan komputer. Sebaiknya gunakan tombol Launcher Aplikasi pada Menu, Panel dan Desktop Komputer secukupnya saja, sesuai dengan yang kita perlukan, terutama pada Panel dan Desktop Komputer. Bila perlu, hapus launcher aplikasi yang sudah tidak terpakai atau jarang kita gunakan untuk merapikan tampilan Menu, Panel dan Desktop Komputer. Cara menghapus tombol launcher aplikasi adalah sebagai berikut :
  1. Menu Mate : Untuk menghapus tombol shortcut atau launcher aplikasi di Menu Mate desktop dapat kita lakukan melalui jendela Main Menu. Silahkan pilih launcher aplikasi yang akan kita hapus lalu klik pada tombol Delete
  2. Panel Linux : Untuk menghapus tombol launcher aplikasi di Panel Linux, dapat kita lakukan dengan cara, klik kanan pada tombol launcher lalu pilih Remove from panel
  3. Desktop Komputer : Pada desktop komputer, kita dapat menghapus tombol launcher aplikasi dengan cara sebagai berikut, klik kanan pada tombol launcher lalu pilih Delete
Sampai disini anda sudah dapat membuat launcher aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian pada lingkungan desktop Mate dan Cinnamon. Bagi pengguna lingkungan desktop yang lain seperti misalnya Gnome, Xfce, KDE atau Solus dapat menyesuaikan.

Cara membuat launcher aplikasi sebenarnya hampir sama untuk semua desktop environment di sistem Linux.  Seperti yang dapat anda lihat pada desktop Mate dan Cinnamon.

Kesimpulan

Supaya menu, panel dan desktop komputer terlihat lebih rapi dan menarik, sebaiknya atur tombol launcher aplikasi pada masing-masing element tersebut. Tambahkan launcher aplikasi yang sekiranya perlu ditambahkan dan hapus launcher aplikasi bila memang sudah tidak kita perlukan. Demikian cara membuat launcher aplikasi di Linux Mint, Ubuntu dan Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon