Tuesday 20 March 2018

Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Linux Mint Cinnamon Untuk Mengambil Warna Di Area Desktop Komputer

Tags

Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Linux Mint Cinnamon Untuk Mengambil Warna Di Area Desktop Komputer - Pengguna distro Linux Mint Cinnamon atau distro Linux lain dengan lingkungan desktop Cinnamon dapat menambahkan applet color picker atau pengambil warna ke Panel Cinnamon. Bagi anda yang gemar, hobi atau bekerja dalam dunia desain grafis yang sering menggunakan berbagai varian warna dapat menggunakan applet pemilih warna Cinnamon ini untuk mempermudah anda dalam mengambil warna yang terdapat di desktop komputer.

Lingkungan desktop Cinnamon memang memiliki cukup banyak applets yang bisa kita pakai untuk mempermudah kita dalam menggunakan sistem operasi komputer berbasis Linux dengan Cinnamon sebagai lingkungan desktop-nya . Kita bisa mendapatkan berbagai applet tersebut melalui situs web : https://cinnamon-spices.linuxmint.com/  atau bisa juga langsung download melalui jendela pengaturan applet Linux Mint Cinnamon.


Color Picker merupakan jenis applet yang simpel dan mudah untuk digunakan. Kita tinggal klik pada applet Color Picker tersebut lalu pilih area desktop komputer yang akan kita ambil warnanya maka seketika itu juga kode warna akan disalin pada clipboard dan kita tinggal melakukan Tempel (paste) pada aplikasi penyunting teks atau aplikasi perkantoran.

Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Linux Mint Cinnamon Untuk Mengambil Warna Di Area Desktop Komputer


Bila anda merupakan pengguna baru distro Linux Mint Cinnamon maka, anda perlu banyak melakukan eksplore desktop Cinnamon untuk melihat berbagai sisi yang terdapat di Cinnamon, termasuk pada elemen appletnya.

Cinnamon menyediakan applet default system dengan komposisi yang cukup lengkap. Namun, bila anda ingin mendapatkan peforma dan fitur yang lebih, anda dapat menambahkan beberapa applet ke dalam desktop Cinnamon yang disediakan oleh Cinnamon Spices.

Distro Linux Mint Cinnamon terintegrasi baik dengan website Cinnamon Spices sehingga anda tidak akan kesulitan dalam menambahkan berbagai aksesoris yang dimiliki oleh Cinnamon Desktop environment, diantaranya yaitu : Tema, Applet, Desklet dan Ekstensi.

Berikut ini Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Cinnamon (Linux Mint) :

Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Linux Mint Cinnamon Untuk Mengambil Warna Di Area Desktop Komputer

  1. Buka jendela pengaturan Applet Cinnamon, klik Menu > Preferences > Applets
  2. Pada jendela pengaturan Applets, klik tombol menu Download
  3. Pada pesan yang muncul, untuk memperbarui cache pilih “Yes”
  4. Setelah selesai melakukan update cache applets, pilih Applet Color Picker lalu klik pada tombol Install
  5. Setelah proses install selesai, tambahkan Applet Color Picker ke Panel Cinnamon dengan cara : Klik pada tombol menu Manage, lalu pilih Applet Color Picker dan terakhir klik pada tombol “(+)”

Setelah berhasil menambahkan applet Color Picker ke Panel Cinnamon, anda tidak dapat langsung menggunakannya, bila anda klik pada applet Color Picker di Panel Cinnamon akan muncul pesan untuk menginstall paket aplikasi tambahan yang merupakan dependencies dari applet Color Picker.

Silahkan install dua paket aplikasi ini yaitu :  xsel dan python-numpy, buka terminal Linux Mint Cinnamon lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install xsel python-numpy

Setelah selesai install dua paket aplikasi tersebut, anda dapat menggunakan applet Colot Picker untuk mengambil warna yang terdapat di desktop komputer. Cukup Klik pada ikon Color Picker di Panel Cinnamon, lalu klik pada bagian desktop komputer yang akan kita ambil warnanya maka, secara otomatis kode warna akan disalin di clipboard dan kita tinggal tempel (paste) ke aplikasi penyunting teks atau media lainnya.

Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Linux Mint Cinnamon Untuk Mengambil Warna Di Area Desktop Komputer

Demikian mengenai Cara Menggunakan Applet Color Picker Di Linux Mint Cinnamon Untuk Mengambil Warna Di Area Desktop Komputer. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon