Friday 10 March 2017

Mengenal LibreCad, Aplikasi Desain CAD 2D Gratis Dan Open Source

Tags

Mengenal LibreCad, Aplikasi Desain CAD 2D Gratis Dan Open Source -  Ingin menggunakan aplikasi Desain Cad gratis, banyak pilihan yang tersedia bagi pengguna sistem Linux, Windows maupuan Mac OS. Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu aplikasi desain Cad gratis yang cukup populer yaitu LibreCad.

Mungkin ketika kita mendengar kata LibreCad sedikit mengingatkan kita akan aplikasi perkantoran gratis yang bernama LibreOffice. Meskipun sama-sama memiliki nama Libre--, namun keduanya bukan merupakan satu produksi. LibreCad bukan bagian dari LibreOffice.

Persamaan antara LibreOffice dan LibreCad adalah sama-sama gratis dan open source (sumber terbuka)

Mengenal LibreCad, Aplikasi Desain CAD 2D Gratis Dan Open Source


LibreCad merupakan percabangan dari QCad yang dikembangkan sekitar tahun 2010-an. Qcad sendiri adalah aplikasi Cad 2D yang menyediaka versi gratis dan berbayar. Awalnya LibreCad bernama CADuntu namun, nama tersebut kurang sesuai dan akhirnya diganti dengan LibreCad. Pada awalnya LibreCad dibuat untuk membangun kemampuan pada sisi CAM menggunakan “matchmate cnc router”.

Kita dapat memanfaatkan komunitas dan forum dari LibreCad untuk saat mengalami kesulitas atau mendapatkan masalah ketika menggunakan LibreCad. Selain itu, bila kita cukup kompeten dapat ikut serta berpartisipasi mengembangkan LibreCad melalui komunitas yang ada. Silahkan kunjungin situs LibreCad pada alamat di bawah ini :

http://librecad.org/cms/home.html

Fiture-Fiture Utama LibreCad


Meskipun LibreCad merupakan aplikasi yang bersifat gratis namun, fiture-fiture yang dimiliki LibreCad terbilang cukup banyak dan banyak pengguna LibreCad yang puas menggunakan aplikasi ini :
  1. Gratis : Kita tidak perlu memikirkan biaya lisensi karena LibreCad gratis untuk digunakan
  2. Mendukung banyak bahasa termasuk Bahasa Indonesia
  3. Menggunakan “public license” GPLv2 , dimana kita dapat menggunakan, merubah dan menyalin secara bebas dengan dukungan pengembang dari komunitas LibreCad aktif di seluruh dunia
  4. Merupakan aplikasi berbasi open source (sumber terbuka) , dimana kita bisa ikut berkontribusi di dalamnya

Cara Instal LibreCad


Aplikasi ini bersifat multiplaform yang dapat di instal pada sistem operasi Linux, Windows maupun Mac OS. Pengguna distro Linux populer biasanya menyertakan LibreCad pada repository-nya. Instal LibreCad di sistem Windows dan Mac OS dapat dilakukan dengan cukup mudah, kita tinggal download file installer lalu  eksekusi berkas file dan ikuti saja proses instal LibreCad sesuai dengan petunjuk yang ada.

Sementara untuk sistem Linux dapat instal langsung dengan menggunakan paket aplikasi LibreCad yang tersedia di repository Linux. Terutama untuk pengguna Linux Mint dan Ubuntu, silahkan ketik baris perintah di bawah ini pada terminal linux :

sudo apt-get install librecad

Namun, LibreCad yang terdapat di repository Linux Mint / Ubuntu menggunakan versi yang lebih tua dan pembaruan aplikasi baru akan dilakukan pada rilis terbaru mint/ubuntu setiap 6 bulan sekali. Bila ingin menginstal versi terbaru dari LibreCad, kita dapat menambahkan ppa (personal package archive) untuk versi stable (stabil) dan daily (harian/tidak-stabil).

1. Versi Stable

Masih dalam terminal Linux, tambahkan ppa di bawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:librecad-dev/librecad-stable

Lalu update repository :

sudo apt-get update

Setelah itu instal LibreCad :

sudo apt-get install librecad

2. Versi Daily / UNStable

Tambahkan ppa ke dalam sistem Linux :

sudo add-apt-repository ppa:librecad-dev/librecad-daily

Update repository :

sudo apt-get update

Setelah itu instal LibreCad :

sudo apt-get install librecad

Instal LibreCad Di Linux Debian


Pengguna Linux Debian, kita dapat instal LibreCad yang terdapat di repository dengan mengetikan perintah :

sudo apt-get install librecad

Bila kita ingin menggunakan LibreCad versi unstable di Linux Debian, kita dapat download paket .deb untuk LibreCad “unstable version” pada alamat situs :

https://packages.debian.org/search?keywords=librecad

Lalu instal secara manual dengan mengetikan perintah :

sudo dpkg -i nama_file.deb

Atau

Klik dua kali file .deb untuk instal LibreCad menggunakan pemasang paket .deb (GDebi). Setelah itu ikuti saja setiap instruksi dalam proses pemasangan LibreCad

Baca juga cara instal dan uninstal aplikasi di Linux Mint

Setelah proses instalasi LibreCad selesai, kita dapat menjalankan aplikasi ini dengan mengetikan perintah librecad pada terminal Linux atau melalui Menu > Aplikasi . Demikian gambaran singkat dan cara instal LibreCad di sistem Linux, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon