Saturday 11 March 2017

Cara Memuat Ulang (refresh) Cinnamon Saat Mengalami Crash

Cara Memuat Ulang (refresh) Cinnamon Saat Mengalami Crash – Pengguna Linux Mint Cinnamon mungkin pernah mengalami “Crash” pada desktop Cinnamon yang digunakan. Bila kita mengalami hal tersebut, kita dapat memperbaiki Cinnamon yang mengalami “crash” dengan cara me-restart (muat ulang) Cinnamon melalui pengaturan yang sudah disediakan di sistem Cinnamon.

Memang pada awal rilis, desktop Cinnamon sering mengalami masalah. Namun,seiring berkembangnya waktu, Cinnamon terus mengalami perbaikan dan saat ini sudah mencapai versi 3.2.7 dan jauh lebih stabil dibandingkan versi pertama.

Cinnamon merupakan lingkungan desktop yang dikembangkan oleh tim pengembang Linux Mint sebagai desktop khas dari distro Linux Mint. Hanya saja, dibandingkan lingkunan desktop lainnya, Cinnamon cukup berat di jalankan di komputer, terutama komputer dengan spesifikasi hardware minim (pas-pasan). Cinnamon cocok digunakan pada komputer desktop dengan spesifikasi hardware yang cukup bagus.

Pengguna distro Linux memilih Cinnamon karena tampilan desktopnya yang modern dan elegan. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu lingkungan desktop paling enak dilihat namun, tetap membawa tampilan menu klasik yang mudah untuk digunakan.

Cara Memuat Ulang (refresh) Cinnamon Saat Mengalami Crash

Cara Merefresh (Memuat Ulang) Linux Mint Cinnamon


Bila kita mengalami masalah dengan desktop Cinnamon, tidak perlu khawatir, karena Cinnamon dilengkapi dengan fungsi “refresh” atau “muat ulang” sehingga Cinnamon dapat kembali berjalan dengan baik.

1. Melalui Panel


Ketika Cinnamon mengalami masalah namun, panel Cinnamon masih dapat di akses (berfungsi), kita dapat “menjalankan ulang Cinnamon” melalui panel.

Klik Kanan Panel > Atasi Masalah > Jalankan Ulang Cinnamon

Tunggu beberapa saat sampai Cinnamon dimuat ulang (hanya beberapa detik saja)

2. Melalui Command Menu


Bila Cinnamon mengalami masalah dan kita tidak dapat mengakses panel, kita dapat menggunakan “Command Menu” untuk menjalankan ulang Cinnamon.

Tekan tombol Alt-F2 pada keyboard lalu ketik r dan enter

Selain menjalankan ulang Cinnamon “Command Menu” juga dapat menjalankan perintah teks lainnya termasuk untuk menjalankan aplikasi yang terinstal di sistem Linux Mint Cinnamon.

Restart MDM (Mint Display Manager)


Selain me-restart Cinnamon, kita juga dapat me-restart mdm (mint display manager) ketika Linux Mint Cinnamon mengalami masalah. Bila kita tidak dapat menjalankan ulang Cinnamon ketika mengalami “crash”, kita dapat mencoba me-restart mdm yang merupakan “display manager” untuk sistem Linux Mint.

Masuk ke mode command tty1 dengan menekan tombol Ctrl-Alt-F1 lalu login dengan “user account” yang kita miliki (ketik nama user account > masukan password). Setelah itu ketik perintah berikut ini :

sudo mdm stop

lalu, ketik :

sudo mdm start

atau :

sudo service mdm restart

Ketika mdm kembali berfungsi kita akan dibawa ke jendela login Linux Mint Cinnamon (dalam tampilan grafis). Silahkan masukan user account dan password untuk kembali login ke desktop Cinnamon. Demikian cara memuat ulang Cinnamon desktop saat mengalami “Crash”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon