Sunday 12 March 2017

Cara Merubah Teks Menjadi Huruf Besar Atau Kecil Semua Di LibreOffice Writer

Tags

LibreOffice Writer – Salah satu fiture LibreOffice Writer yang cukup sering digunakan saat membuat dokumen yaitu “Change Case” atau dalam Bahasa Indonesia disebut “Ganti Kapitalisasi”. Penggunaan Change Case berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengganti kapitalisasi pada teks yang akan kita ubah. Jadi, kita tidak perlu secara manual merubah kapitasisai teks.

Pengaturan Change Case LibreOffice Writer antara lain :

  • Kapital kalimat (Sentence Case)
  • Huruf kecil (Lower Case)
  • Huruf besar (Upper Case)
  • Kapitalisasi setiap saat (Capitalize Every Word)
  • Kebalikan kapitas (tOggle cASE)
  • Setengah lebar (Half width)
  • Lebar penuh (Full width)
  • Hiragana dan Katagana

Dari beberapa pengaturan Change Case di atas yang paling sering digunakan adalah pengaturan Kapitas “Huruf Besar” dan “Huruf Kecil”.  Penggunaanya cukup mudah bahkan kita dapat menggunakan tombol shortcut keyboard untuk merubah teks yang kita pilih menjadi huruf besar dan huruf kecil semua.

Cara Merubah Teks Menjadi Huruf Besar Atau Kecil Semua Di LibreOffice Writer

Merubah Teks Menjadi Huruf Besar Semua Di LibreOffice Writer


Ketika kita menulis sebuah kalimat pada dokumen LibreOffice Writer, mungkin ada beberapa kalimat atau kata yang semestinya menggunakan huruf besar semua. Sementara kita menuliskannya dalam huruf kecil atau huruf kecil dan besar. Misalnya :

“ini teks dengan huruf kecil semua” atau “Ini Teks Dengan Huruf KECil dan beSAR”

Sebenarnya kita dapat merubah teks tersebut secara manual dengan menghapus teks dan menggantinya dengan kapitalisasi huruf yang diinginkan. Namun, ada cara yang lebih mudah dan fiture ini sudah disediakan dalam LibreOffice Writer. Kita tinggal menggunakannya saja tanpa merubah format apapun.
  1. Seleksi atau pilih teks yang akan kita ubah Kapitalisasinya
  2. Klik pada Menu Format > Text > Change Case > UPPERCASE atau bisa juga menggunakan tombol shortcut keyboard “Alt-Shift-U”

Merubah Teks Menjadi Huruf Kecil Semua Di LibreOffice Writer


Sementara kebalikan dari “UPPERCASE” adalah "lowercase" yaitu merubah teks menjadi huruf kecil semua.
  1. Seleksi atau pilih teks yang akan kita ubah Kapitalisasinya
  2. Klik pada Menu Format > Text > Change Case > lowercase atau bisa juga menggunakan tombol shortcut keyboard “Alt-Shift-L”

Penggunaan “lowercase” dan “UPPERCASE”


Ketika kita menulis sebuah dokumen, sebagian besar teks berupa huruf kecil, sementara untuk huruf besar biasanya terdapat pada awal kalimat. Sementara itu penggunaan huruf besar semuanya biasanya hanya pada kata / teks tertentu yang ditonjolkan (mendapat perhatian khusus) dibandingkan dengan teks lainnya. Penggunaan huruf kecil semua memang sudah tentu terdapat pada kalimat dan bukan kata yang terdapat pada awal kalimat.

Kita menggunakan fungsi “lowercase” ketika mendapati kata yang salah dalam penerapan kapitalisasi. Bisa karena salah pencet tombol “CapsLock” atau hal lainnya yang menyebabkan huruf dalam kata tersebut berupa “Huruf Besar”.

Penggunaan “Huruf Besar Semua” memang biasanya ditujukan pada teks / kata  “khusus” yang memang diberi atribut berupa huruf besar. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembaca dokumen dalam memahami isi atau fokus dokumen tersebut. Misalnya, dokumen dengan judul “INI HURUF BESAR SEMUA” maka, secara fokus kata “HURUF BESAR SEMUA’’ akan menjadi fokus pembaca dokumen.

Kesimpulan


Dengan menggunakan fungsi “Huruf Besar Semua” dan “Huruf Kecil Semua” yang terdapat di LibreOffice Writer, kita dapat memaksimalkan dokumen / artikel yang kita buat supaya pembaca artikel dapat memahami apa yang akan kita sampaikan pada setiap artikel yang kita tulis. Hanya saja untuk penggunaan “Huruf Besar Semua” memang penggunaanya cukup seperlunya saja, Jangan terlalu berlebihan karena dapat mengurangi kualitas artikel dan dapat membuat artikel menjadi tidak nyaman dibaca akibat terlalu banyak huruf besar semua dalam artikel tersebut. Demikian cara penggunaan Change Case (Ganti Kapitalisasi) untuk merubah huruf besar dan kecil semua pada sebuah teks di LibreOffice Writer. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon