Tuesday 28 November 2017

Cara Install WaveBox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian (Mail + File, Cloud Client)

Cara Install WaveBox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian - Bila anda memiliki banyak akun email dan semuanya sering anda pakai, sebaiknya gunakan aplikasi mail client untuk mempermudah pekerjaan anda dalam mengelola setiap email yang anda miliki. Aplikasi Wavebox dapat melakukan hal itu dengan baik bahkan, tidak sekedar mail client saja, wavebox dapat digunakan juga untuk mengelola media penyimpanan awan (cloud). Pada postingan kali ini saya akan menguraikan mengenai cara install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

Dengan menggunakan wavebox, kita tidak perlu log in melalui web browser untuk mengelola email dan file yang terdapat di media penyimpanan awan yang kita miliki. Namun, cukup gunakan aplikasi ini melalui sistem operasi komputer yang kita pakai. Proses install dan penggunaan wavebox tidak terlalu sulit, semuanya tersaji dalam tampilan grafis yang baik. Wavebox merupakan aplikasi mail client yang bisa kita andalkan untuk mengelola setiap email dan file yang terdapat di media penyimpanan awan (cloud) yang kita miliki.

Cara Install WaveBox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian (Mail + File, Cloud Client)

Cara Install WaveBox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Ada beberapa cara untuk install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Kita dapat menggunakan salah satu cara yang terbaik, mudah dan sesuai dengan keinginan kita masing-masing. Silahkan simak ulasan mengenai cara install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian di bawah ini :


1. Install Wavebox Melalui Snap Ubuntu

Snap ubuntu merupakan cara lain dalam menginstall aplikasi di sistem Linux. Meskipun masih termasuk sistem yang baru, banyak dari mereka yang menggunakan sistem Linux menyukai install aplikasi menggunakan cara seperti ini. Paket aplikasi yang terdapat di snap Ubuntu lebih independen dan model paket aplikasi seperti ini mirip seperti model paket aplikasi di sistem Windows. Banyak yang bilang model paket aplikasi seperti ini merupakan paket aplikasi masa depan sistem Linux. Hanya saja, belum semua distro Linux mendukung snap Ubuntu dan aplikasi yang tersedia juga belum terlalu banyak.  Berikut ini cara install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian melalui snap Ubuntu.

Install snap :
sudo apt install snapd

Install snap core:
sudo snap install core

Install wavebox :
sudo snap install wavebox

Setelah proses install wavebox selesai, kita dapat menjalankan aplikasi ini melalui menu ⇾ internet ⇾ wavebox


2. Install Wavebox Menggunakan File DEB

Selain melalui snap Ubuntu, kita juga dapat install wavebox menggunakan file .deb hasil download. Cara ini dapat kita gunakan pada distribusi Linux Mint, Ubuntu, Debian dan distro Linux lainnya yang berbasis Ubuntu dan Debian. Silahkan kunjungi alamat situs web berikut ini : https://wavebox.io/download/ untuk mendownload file installer wavebox. Kita akan menjumpai beberapa jenis paket file installer, antara laian : .deb, snap dan .tar.gz, pilih yang .deb biar lebih mudah installnya.

Setelah selesai mendownload file installer wavebox, kita dapat melakukan install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian menggunakan aplikasi penginstall paket deb default sistem (GDebi) atau bisa juga menggunakan perintah teks dpkg -i nama_file.deb melalui terminal Linux. Berikut ini cara install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian menggunakan file .deb hasil download.

Pertama :
Buka lokasi tempat menyimpan file wavebox.deb hasil download, klik kanan, pilih buka di terminal (open in terminal)

Lalu :

Pada terminal Linux ketik perintah teks di bawah ini :
sudo dpkg -i wavebox.deb 

Install dependency :

Bila mendapati masalah pada dependency, ketik perintah teks di bawah ini :
sudo apt-get install -f

3. Melalui Repository Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Cara lain untuk install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian yaitu melalui paket aplikasi yang tersedia di repository sistem Linux. Sayangnya paket aplikasi wavebox belum tersedia secara default di repository Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Kita dapat menambahkan wavebox di repository dengan cara seperti ini. Berikut ini selengkapnya cara install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian melalui repository.

Pertama :
sudo wget -qO - https://wavebox.io/dl/client/repo/archive.key | sudo apt-key add -

lalu ketik :
echo "deb https://wavebox.io/dl/client/repo/ ia32/" | sudo tee --append /etc/apt/sources.list.d/repo.list

update repository :
sudo apt update

install wavebox :
sudo apt install wavebox

Setelah proses install wavebox selesai, kita dapat menjalankan aplikasi ini melalui menu ⇾ internet ⇾ wavebox

Wavebox merupakan aplikasi untuk mengelola akun media penyimpanan awan yang kita miliki dengan fitur yang cukup lengkap. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi komputer Linux , Windows dan Mac OS. Menggunakan wavebox akan menambah pengalaman kita dalam mengelola email dan media penyimpanan awan.

Demikian cara install wavebox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon