Monday 5 February 2018

Mengenal Logo Mozilla Firefox Browser

Tags

Mengenal Logo Mozilla Firefox – Bila kita lihat sekilas, bentuk logo Mozilla Firefox ini terlihat seperti seekor rubah yang sedang memeluk bumi. Namun, logo Mozilla Firefox bukanlah seekor rubah (serigala) melainkan, Panda Merah yang sedang memeluk bumi. Firefox sendiri bila diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu serigala api (rubah api).  Mozilla Firefox tidak menggunakan logo berupa serigala namun, lebih memilih menggunakan panda merah. Logo dan nama terlihat sedikit kurang pas ya, lalu mengapa Mozilla Firefox menggunakan logo berupa panda merah? 

Mozilla Firefox pada awalnya bernama Phoenix, kemudian berganti nama menjadi Firebird. Baru pada tanggal 09 February 2004 Firebird berganti nama menjadi Firefox. Nama Firefox sendiri diambil dari nama panggilan untuk maskot projek tersebut yaitu Panda Merah. Mungkin karena bentuk panda merah yang mirip dengan rubah sehingga dipanggil dengan nama Firefox. Nah, sekarang kita sudah tahu mengapa Firefox menggunakan logo berupa panda merah yang sedang memeluk bumi.




Perubahan nama versi awal Mozilla Firefox tersebut bukan tanpa sebab. Mereka mengganti nama Phoenix karena sudah ada perusahaan dengan nama yang sama yaitu Phoenix Technologies. Karena terkendala masalah kepemilikan nama tersebut, akhirnya Phoenix diganti dengan nama Firebird.

Penggunaan nama Firebird juga tidak berlangsung lama, lagi-lagi terkendala dengan masalah kepemilikan merk dagang. Nama Firebird sama dengan nama sebuah sistem database pada sebuah projek perangkat lunak yaitu Firebird. Oleh karena itu, akhirnya Firebird berganti nama menjadi Firefox. Nama lengkap web browser berbasis open source ini yaitu Mozilla Firefox, kita biasa menyebutnya dengan Firefox.

Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser terbaik dan populer saat ini. Biasanya kita menggunakan web browser untuk berselancar di internet, membuka email, menggunakan media sosial (facebook, twitter, instagram, dll), memutar video, audio streaming dan berbagai keperluan lainnya.

Mozilla Foundation sendiri tidak hanya membuat satu jenis web browser saja. Ada beberapa jenis atau versi dari Firefox yang bisa kita gunakan di berbagai perangkat komputer, laptop sampai smartphone.  Berikut ini beberapa produk Firefox yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation :
  1. Mozilla Firefox browser
  2. Firefox Focus
  3. Firefox Beta
  4. Firefox Nightly
  5. Firefox Developer Edition
  6. Firefox Rocket (Khusus Indonesia)
Masing-masing versi Firefox tersebut memiliki logo yang berbeda-beda. Pada versi terbaru saat ini yaitu Quantum, Firefox sedikit merubah warna pada logo sebelumnya, terlihat sedikit lebih cerah. Berikut ini beberapa logo Mozilla Firefox yang saya ambil dari wikipedia dan Google Play Store.

https://en.wikipedia.org/wiki/Firefox
https://play.google.com/store

Mengenal Logo Mozilla Firefox Browser

Bila kita lihat masing-masing logo tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Setiap versi dari Firefox memiliki warna yang berbeda. Namun, dari semua logo Firefox tersebut tetap menggunakan seekor panda merah sebagai maskot Firefox, perbedaan hanya terdapat pada warna dan motifnya saja.

Penggunaan sebuah logo memang penting dalam sebuah merk dagang. Logo yang menarik akan membantu sebuah produk untuk mendapatkan tempat di mata konsumen. Logo sebuah produk akan mengintepretasikan produk itu sendiri, oleh karena itulah buatlah sebuah logo yang menarik, simpel dan mudah diingat.

Demikian sekilas mengenai logo Mozilla Firefox browser, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon