Thursday 1 February 2018

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula

Tags

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula – Bagi anda yang suka atau gemar browsing,  tentu tidak akan lepas dari yang namanya aplikasi web browsing. Banyak tersedia aplikasi web browsing yang bisa kita gunakan secara gratis, salah satu yang terbaik dan populer adalah Google Chrome.

Kita dapat menggunakan Google Chrome di berbagai perangkat komputer, mulai dari komputer desktop, laptop atau smartphone android dan iOS.  Chrome merupakan peramban situs web yang cepat dan ringan. Tidak hanya itu saja, Google Chrome juga kaya akan fitur, aplikasi dan tema yang menarik.

Bila anda sedang mencari aplikasi web browser yang cocok untuk aktivitas browsing, buka email, transaksi online, atau keperluan lainnya, anda perlu mencoba Google Chrome, mungkin anda akan menyukai web browser yang dikembangkan oleh Google ini.

Cara menggunakan Google Chrome hampir sama dengan web browser lainnya, seperti misalnya : Mozilla Firefox atau Opera Browser.  Pengguna sistem operasi Windows mungkin akan lebih suka memakai Edge sebagai aplikasi web browser default system, begitu juga dengan Mac OS yang memiliki Safari sebagai aplikasi web browser default system.

Dengan banyaknya aplikasi web browser saat ini membuat pengguna internet memiliki banyak pilihan dalam menggunakan web browser sesuai dengan yang mereka inginkan.

Mencoba banyak web browser akan semakin menambah pengalaman kita  dalam menggunakan aplikasi web browser. Dari sekian banyak web browser tersebut, salah satunya mungkin adalah web browser yang menjadi favorit anda.

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula


Kali ini saya akan berbagi mengenai cara menggunakan web browser Google Chrome untuk pemula. Bagi yang sudah mahir, silahkan share pengalaman anda dalam menggunakan web brower Chrome di blog atau media lainnya.

1. Install Google Chrome

Bila ingin menggunakan Google Chrome tentu kita harus menginstallnya di sistem operasi komputer yang kita pakai, baik itu di smartphone maupun komputer desktop dan laptop. Cara install Google Chrome cukup mudah, anda tidak akan kesulitan dalam melakukannya. Pengembang Google Chrome sudah mengemas paket aplikasi Google Chrome dengan baik untuk mudah di install di berbagai perangkat komputer dan ponsel android atau iOS.

Pengguna android dan ios dapat install Google Chrome melalui google play store dan app store masing-masing device. Sedangkan bagi pengguna komputer desktop atau laptop dapat download file installer Google Chrome yang kemudian dapat kita gunakan untuk proses install Google Chrome.



2. Menjalankan Google Chrome

Sama seperti aplikasi lainnya, Google Chrome dapat kita jalankan atau buka melalui Menu atau tombol Shortcut di desktop komputer. Pada sistem android dan ios (smartphone) kita dapat melihat ikon (shortcut) Google Chrome di beranda ponsel.

Khusus untuk pengguna distro Linux Ubuntu, Mint atau Debian dapat menjalankan Google Chrome melalui terminal Linux dengan mengetikan perintah teks google-chrome

Menggunakan Google Chrome di komputer desktop/laptop dan smartphone tentu berbeda. Tidak hanya dari sisi tampilannya saja namun, fitur yang tersedia juga berbeda.

3. Sign In Di Google Chrome

Setelah berhasil menjalankan Google Chrome, kita dapat langsung menggunakan web browser ini untuk mengunjungi berbagai situs web. Namun, menggunakan Google Chrome akan lebih baik bila kita masuk (sign in) menggunakan akun Gmail yang kita miliki. Dengan melakukan sign in di Google Chrome, kita dapat menikmati semua fitur yang terdapat di Google Chrome, termasuk dalam menambahkan ekstensi, tema dan app.

Berikut ini cara sign in di Google Chrome web browser :

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula, Sign in, masuk di Chrome
Sign In Di Google Chrome

  • Klik pada tombol Sign In pada halaman awal Google Chrome (pertama kali menjalankan Chrome) atau klik pada tombol avatar di bilah atas Chrome lalu pilih Sign in to chrome.
  • Lalu kita akan diminta memasukan alamat email (Gmail) yang kita miliki, setelah itu masukan password email.
  • Google Chrome akan meminta persetujuan anda untuk keperluan sinkronasi dan service Google, klik tombol OK, GOT IT
  • Sekarang anda sudah berhasil sign in di Google Chrome.

Kita dapat melakukan sinkronasi (sync) Google Chrome pada berbagai perangkat berbeda termasuk di smartphone. Dengan melakukan sinkronasi, kita dapat menggunakan pengaturan yang sama pada Google Chrome, termasuk tema dan extensions di semua perangkat komputer dan ponsel pintar.

4. Setting Bahasa Google Chrome

Selanjutnya, kita masuk pada pengaturan bahasa di Google Chrome. Supaya lebih nyaman dalam menggunakan Google Chrome, sebaiknya gunakan bahasa yang kita kuasai. Secara default Google Chrome menggunakan bahasa Inggris (English) sebagai bahasa yang digunakan pada halaman chrome dan antarmuka pengaturan chrome.

Kita dapat mengganti bahasa tersebut ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa yang lain sesuai keinginan kita masing-masing. Saya sudah menguraikan mengenai cara mengganti bahasa di Google Chrome dalam artikel lain.

Dengan mengganti bahasa sesuai dengan bahasa yang kita pahami maka, kita dapat menggunakan Google Chrome dengan lebih baik.



5. Setting Download

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna internet yaitu download file. Kita dapat melakukan download berbagai jenis file menggunakan web browser Chrome. File-file yang kita download akan tersimpan di media penyimpanan komputer di folder downloads (default Google Chrome).

Terkadang kita tidak ingin menggunakan folder downloads untuk menyimpan file-file yang kita unduh. Apalagi bila kita sering mendownload file-file dalam jenis dan format yang berbeda. Kita dapat merubah pengaturan default untuk downloads dengan cara sebagai berikut :

Ganti lokasi tempat menyimpan file download di Google Chrome :

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula, ganti lokasi folder, file hasil download di chrome
Ganti Lokasi Download Di Chrome

  • Klik pada tombol Menu → Settings untuk masuk ke menu pengaturan Google Chrome. Atau ketik chrome://settings di address bar Google Chrome.
  • Lalu scroll ke bawah sampai pada Menu Advanced, silahkan klik pada menu tersebut untuk melihat pengaturan lebih lanjut Google Chrome.
  • Scroll ke bawah sampai pada bagian pengaturan downloads, ada dua (2) pengaturan downloads yang bisa kita gunakan yaitu :
    (1) lokasi tempat menyimpan file downloads
    (2) tanya setiap saat sebelum menyimpan file yang didownload.
  • Bila kita mengaktifkan opsi yang kedua maka, setiap kali kita melakukan download file, kita akan diminta untuk menentukan lokasi tempat menyimpan file hasil download. Pengaturan ini dapat kita pakai bila kita sering mendownload file dengan jenis yang berbeda.
  • Bila kita menonaktifkan opsi yang kedua (“Ask where to save each file before downloading”) berarti kita memilih opsi yang pertama, dengan demikian file hasil download akan disimpan di folder Downloads atau kita dapat mengganti lokasi tempat menyimpan file hasil download dengan klik pada tombol Change di menu downloads location.

Menggunakan Google Chrome untuk mendownload file dapat kita lakukan tanpa perlu add-ons/ekstensi tambahan. Selain itu, kita juga dapat menjalankan atau membuka file hasil download dengan Chrome, bila file tersebut sudah di dukung oleh Chrome, seperti misalnya : audio, video, dokumen office, pdf dll.

6. Menjadikan Google Chrome Sebagai Aplikasi Default Browser

Membuka berbagai situs web dengan menggunakan Google Chrome tentu dapat kita lakukan dengan baik. Namun, Google Chrome tidak hanya berfungsi sebagai web browser saja, kita juga dapat membuka berbagai dokumen dan file di Google Chrome.

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula, Membuat Google Chrome Sebagai Aplikasi Default browser
Menjadikan Chrome Sebagai Aplikasi Default Browser


Mungkin di dalam sistem operasi komputer yang kita pakai, terdapat beberapa aplikasi web browser, tidak hanya Google Chrome saja.  Bila demikian, kita dapat menjadikan salah satu dari web browser tersebut sebagai aplikasi default browser.

Silahkan jalankan web browser Google Chrome, bila sebelumnya Chrome bukan merupakan aplikasi default browser yang kita pakai maka, akan muncul pesan bahwa “Google Chrome isn’t your default browser Set as default .  Silahkan klik pada tombol Set as default untuk menjadikan Google Chrome sebagai aplikasi default browser pada sistem operasi komputer yang anda pakai.

Selain menggunakan cara seperti di atas, kita juga dapat melakukan pengaturan default browser melalui jendela pengaturan Google Chrome. Klik pada Menu → Settings lalu pada jendela pengaturan Chrome, scroll ke bawah sampai pada bagian Default browser, silahkan klik pada tombol MAKE DEFAULT untuk menjadikan Google Chrome sebagai aplikasi default browser.

Dengan menjadikan Google Chrome sebagai aplikasi default browser maka, Google Chrome akan menangani setiap aplikasi atau dokumen yang memerlukan browser untuk menjalankannya.

7. Mengatur Halaman Awal Google Chrome

Ketika kita pertama kali menjalankan Google Chrome, kita akan melihat halaman awal yaitu  berupa tampilan tab baru Chrome. Kita dapat mengganti tampilan awal dari Google Chrome tersebut melalui jendela pengaturan Chrome.

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula, Mengatur Halaman Awal Google Chrome, start up
Mengatur Halaman Awal Google Chrome


Silahkan buka jendela pengaturan Chrome dengan cara klik pada Menu → Settings lalu scroll ke bawah sampai pada pengaturan “on start up”. Kita akan melihat tiga model pengaturan untuk halaman awal Google Chrome yaitu :

  • Open the New tab Page : Tab baru Chrome yang berupa halaman kosong Google Chrome
  • Continue where you left off : Buka halaman yang terakhir terbuka, ketika kita menutup jendela Google Chrome, halaman yang masih terbuka akan dijalankan kembali sebagai halaman awal Chrome (on start up)
  • Open a specific page or set of pages : Buka halaman website tertentu sesuai keinginan kita masing-masing.

Silahkan pilih salah satu opsi tersebut, bila kita memilih untuk menjalankan website tertentu pada halaman awal Google Chrome (opsi ke-3) maka, pilih “Add new page” lalu masukan url alamat situs web pada kolom yang tersedia atau buka halaman situs web yang akan kita jadikan halaman awal Google Chrome lalu pilih “use current page”.

8. Mengganti Tema Google Chrome

Mungkin kita bosan dengan hanya menggunakan tema default Google Chrome. Kita dapat mengganti tema Chrome dengan cara menambahkan tema baru yang tersedia di chrome web store. Silahkan pilih tema sesuai keinginan lalu klik pada tombol + Add to chrome untuk menambahkan tema tersebut ke Google Chrome. Mengenai cara ganti tema di Google Chrome sudah saya uraikan pada artikel lainnya. 



9. Menambah Extensions Google Chrome

Ekstensions atau add-ons merupakan salah satu elemen yang terdapat di web browser Google Chrome. Kita akan banyak menemukan extensions menarik di  chrome web store , ada yang gratis ada juga yang berbayar. Namun, sebagian besar ekstensi tersebut tersedia secara gratis.

Silahkan buka halaman chrome web store dengan cara klik pada tombol Show Apps di sebelah kiri atas toolbar chrome atau ketik chrome://apps di address bar Chrome lalu pilih web store. Untuk dapat menambahkan ekstensi Google Chrome, kita harus sign in menggunakan akun gmail yang kita miliki.

Banyak ekstensi di yang bisa kita tambahkan untuk memudahkan kita dalam menggunakan berbagai elemen d Chrome. Misalnya: Tema, Screenshot, Penampil Dokumen, Edit dokumen office, Aplikasi catatan, Kamus, Pengelola Email dan lain-lainnya.

Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula, Mengatur Extensions Di Google Chrome
Mengatur Extensions Di Google Chrome


Setelah menambahkan ekstensi di Google Chrome, kita dapat melihat daftar ekstensi yang sudah kita tambahkan melalui Menu pengaturan ekstensi, silahkan klik pada Menu → More Tools → Extensions

10. Menggunakan Pusat Bantuan Google Chrome

Bagi yang ingin belajar menggunakan Google Chrome dengan baik, silahkan buka halaman pusat bantuan Google Chrome. Pengembang Chrome menyertakan halaman pusat bantuan (help center) untuk memudahkan pengguna Chrome dalam menemukan bantuan saat mendapati kesulitan ketika menggunakan Chrome.

Silahkan klik pada tombol Menu > Help > Help Center

Menu bantuan dari Chrome ini terbilang cukup lengkap dan sangat membantu bagi para pengguna baru Google Chrome, termasuk saya ini. Sebenarnya masih banyak menu pengaturan lain yang terdapat di Google Chrome, mungkin pada kesempatan lain akan saya ulas kembali. Mudah-mudahan 10 hal tersebut dapat membantu pengguna baru Google Chrome atau bagi yang sebelumnya belum pernah menggunakan Google Chrome.

Menggunakan Google Chrome untuk melakukan aktivitas browsing atau yang lainnya dapat kita lakukan dengan baik bila kita tahu dan memahami setiap fitur dan pengaturan yang ada di Google Chrome. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini menggunakan sistem dasar yang sama Chromium jadi, apa yang kita lakukan di Google Chrome dapat juga di lakukan di Chromium web browser.

Demikian mengenai Cara Menggunakan Google Chrome Untuk Pemula, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon