Saturday 11 November 2017

Cara Install Chromium Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Tags

Chromium web browser merupakan peramban situs web berbasis open source yang identik dengan google chrome. Chromium dan chrome menggunakan basic yang sama, dimana chrome mengambil dasar sistem yang dikembangkan oleh Chromium project. Kita dapat install Chromium di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian dalam bebeberapa cara. Kali ini saya akan berbagi mengenai cara install Chromium di Linux menggunakan 2 cara yaitu pertama memakai paket aplikasi Chromium yang terdapat di repository system dan yang kedua melalui Snap Ubuntu.

Sebagian pengguna Linux mungkin akan lebih memilih menggunakan Chromium daripada google chrome karena, aplikasi ini terintegrasi dengan baik pada sistem Linux. Sementara bagi pengguna sistem operasi komputer lain (windows, mac os)  mungkin akan lebih senang menggunakan google chrome.

Cara Install Chromium Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install Chromium Web Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Pengguna distro Linux dapat install aplikasi Chromium web browser dengan cukup mudah. Hampir setiap distro Linux menyertakan aplikasi ini pada repository system yang mereka gunakan. Bila anda ingin menggunakan paket aplikasi yang independent, tidak tergantung pada paket aplikasi lainnya (dependency), anda dapat menggunakan aplikasi yang terdapat di Snap Ubuntu (Snappy).

A. Install Chromium Melalui Repository System

Cara klasik untuk install aplikasi di sistem Linux yaitu menggunakan paket aplikasi yang terdapat di repository sistem. Bagi pengguna sistem Linux pastinya sudah terbiasa untuk install aplikasi menggunakan cara seperti ini. Kita dapat menggunakan perintah teks apt install atau apt-get install di terminal Linux atau bagi pengguna baru sistem Linux mungkin akan lebih mudah untuk install aplikasi menggunakan software manager yang menggunakan perintah berbasis grafis.


Misalnya, saya akan install Chromium menggunakan perintah teks. Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

Mint, Ubuntu
sudo apt install chromium-browser

Pada Linux Debian :
sudo apt install chromium

Install juga paket bahasa untuk Chromium browser
sudo apt install chromium-l10n

B. Install Chromium Menggunakan Snap Ubuntu

Install aplikasi menggunakan Snap Ubuntu merupakan cara lain untuk menggunakan aplikasi di sistem Linux. Sekarang Snappy sudah mendukung banyak aplikasi dan dapat digunakan di banyak distro Linux populer. Bagi anda yang belum pernah menggunakan Snap Ubuntu, silahkan baca artikel saya mengenai cara menggunakan aplikasi di Snap Ubuntu.


Aplikasi yang terdapat di Snappy ini merupakan tipe aplikasi independent, tidak tergantung pada dependency jadi, hanya ada satu paket file yang akan kita download saat melakukan proses instalasi melalui Snap Ubuntu ini.  Yang lebih menariknya lagi, Snap Ubuntu dapat di install di berbagai sistem Linux yang sudah mendukung Snappy. Banyak yang mengatakan ini adalah model aplikasi masa depan Linux. Bila anda menyukai cara ini, silahkan ketik perintah teks di bawah ini untuk install Chromium di sistem Linux melalui Snap Ubuntu.

Install Snap Ubuntu
sudo apt install snapd

Install Snap core
sudo snap install core

Install Chromium
sudo snap install chromium

Aplikasi yang di install melalui Snap Ubuntu akan menempati menu aplikasi seperti aplikasi yang diinstall melalui repository sistem, jadi yang berbeda hanya proses instalasinya saja.

Selain Chromium web browser kita dapat menggunakan banyak aplikasi web browser yang berbasis open source atau yang bukan open source, seperti misalnya mozilla firefox, gnome web, midori, qonkueror, arora dan masih banyak lagi. Kita juga dapat install google chrome dan opera browser di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian menggunakan file .deb yang kita download dari masing-masing situs web.


Chromium browser dapat kita jadikan sebagai alternatif untuk Mozilla Firefox di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Banyak yang suka menggunakan Chromium/Chrome karena browser ini terkenal ringan, cepat dan kaya akan fiture.

Kesimpulan

Peramban internet merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Fungsi aplikasi ini yaitu untuk mengakses sejumlah alamat situs web yang bisa kita gunakan dalam berbagai keperluan. Demikian cara install Chromium di Linux Mint, Ubuntu dan Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon