Monday 13 November 2017

Cara Menggunakan User Agent Switcher Google Chrome / Chromium Browser

Tags

User Agent Chrome - Pengguna komputer desktop mungkin perlu menginstall extensions yang bernama user agent switcher. Extensions/add-ons ini berfungsi untuk merubah user agent pada web browser chrome sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan demikian kita dapat melihat tampilan web browser seperti pada ponsel atau smartphone.

Pengertian User Agent
Mendengar kata User Agent mungkin masih sedikit asing, bila anda belum pernah menggunakannya. User Agent merupakan sebuah script program yang dikirim oleh web browser ke web server yang dituju (setiap situs yang kita kunjungi). Dengan demikian web server akan mengetahui web browser dan sistem operasi komputer yang kita gunakan sehingga konten dari halama situs web yang kita kunjungi dapat disesuiakan dengan jenis sistem operasi komputer yang dipakai. Dengan demikian tampilan dari halaman situs web terlihat sesuai dengan user agent yang digunakan.




Cara Menggunakan User Agent Switcher Google Chrome / Chromium Browser

User Agent dapat kita ubah sesuai dengan keinginan, tentu dengan menggunakan pengaturan khusus pada web browse atau menggunakan add-ons/extensions khusus. Ada beberapa cara untuk mengganti user agent switcher pada sebuah web browser, pada postingan kali ini saya hanya akan menguraikan sedikit mengenai cara mengganti user agent menggunakan extensions yang bernama User-Agent Switcher For Google Chrome, cara ini merupakan cara paling mudah dalam mengganti user agent di Chrome.

Penggunaan add-ons/extensions user agent switcher ini cukup mudah, semua tersaji dalam tampilan grafis yang baik. Selain itu, list atau daftar user agent yang terdapat di extensions ini juga cukup lengkap, mulai dari user agent untuk desktop sampai ponsel android, iOS dan Windows Phone.

Cara Menggunakan User Agent Switcher Google Chrome / Chromium Browser

  1. Jalankan web browser chrome atau chromium
  2. Buka chrome web store , ketik pada addres bar : chrome://apps/ lalu pilih Web Store.  Ketik pada kolom pencarian extensions User-Agent Switcher For Google Chrome. Lihat pada hasil pencarian, pilih extensions dengan nama User-Agent Switcher For Google Chrome lalu klik pada tombol + TAMBAHKAN KE CHROME , pada pesan yang muncul pilih tombol Add Extensions
  3. Setelah itu akan terlihat ikon user-agent switcher for chrome di toolbar Chrome / Chromium. Silahkan klik pada tombol tersebut maka akan terlihat list user agent yang bisa kita pakai di google chrome atau chromium web browser.
Kita dapat melihat daftar user agent yang terbagi dalam beberapa grup, berkut ini list user agent yang terdapat di extensions User-Agent Switcher For Chrome :
  1. Android : Nexus 7 (Tablet), Samsung Galaxy S3 (Handset) dan Samsung Galaxy Tab (Tablet)
  2. Firefox :  Firefox on Android Mobile, Firefox on Android Tablet, Firefox on Mac, Firefox on Ubuntu, Firefox on Windows
  3. Google Chrome : Chrome on Android Mobile, Chrome on Android Tablet, Chrome on Mac, Chrome on Ubuntu, Chrome on Windows dan Chrome on iPhone
  4. Internet Explorer :  Internet Explorer 11,  Internet Explorer 10, Internet Explorer 6, Internet Explorer 7, Internet Explorer 8, Internet Explorer 9
  5. Edge : Edge 12, Edge 13
  6. Opera : Opera on Mac, Opera on Windows
  7. Safari : Safari on Mac, Safari on Windows, Safari on iPad, Safari on iPhone
  8. Spider / Bot : BingBot (Bing's spider), Googlebot (Google's spider), Slurp! (Yahoo's spider)
  9. Windows Phone : Windows Phone 7, Windows Phone 7.5, Windows Phone 8
  10. iOS :  iPad, iPhone, iPod
  11. Other :  BlackBerry - Playbook 2.1, MeeGo - Nokia N9
Kita dapat melakukan editing terhadap list user agent yang terdapat pada masing-masing grup melalui menu Option User-Agent Switcher For Google Chrome. Selain itu, kita juga dapat melihat detail informasi mengenai user agent yang sedang kita pakai dengan klik pada tombol Show User-Agent. Kita dapat melihat informasi mengenai “nama user agent, ip addres, browser yang kita gunakan, hostname, engine, sistem operasi komputer dan beberapa informasi lainnya yang mungkin saja kita perlukan”.

Menggunakan User Agent yang berbeda akan membuat kita dapat melihat beberapa versi dari sebuah web browser. Bagi pengguna komputer desktop tentu saja hal ini sangat membantu saat ingin melihat tampilan sebuah web site dalam mode mobile phone atau ponsel. Biasanya web site akan memiliki tampilan yang berbeda antara tampilan desktop dan tampilan mobile, hal ini memang diperlukan untuk memudahkan pengunjung web site tersebut saat menggunakan ponsel untuk mengakses situs web.

Extensions User-Agent Switcher tidak hanya tersedia di Google Chrome saja, kita dapat menemukan extensions ini pada Mozilla Firefox dan Opera browser. Selain menggunakan add-ons/extensions, kita juga dapat mengganti user agent melalui menu konfigurasi pada web browser.

Kesimpulan

Mengganti user agent pada sebuah web browser tentu akan menambah pengalaman dan pengetahuan kita dalam menggunakan peramban situs web. Selain itu, kita juga dapat melihat tampilan yang berbeda dari biasanya saat kita menggunakan web browser pada komputer desktop. Demikian cara menggunakan User-Agent Switcher Di Google Chrome. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon