Saturday 18 November 2017

Fiture Baru Linux Mint 18.3 Sylvia

Linux Mint 18.3 Sylvia - Fiture baru Linux Mint 18.3 dengan kode nama “Sylvia” sudah dapat kita nikmati meskipun  masih dalam versi beta. Linux Mint memang selalu mengeluarkan fiture baru pada setiap rilis gulirnya. Seperti dapat kita lihat di blog.linuxmint.org, pada tanggal 14 November 2017 Linux Mint resmi meluncurkan versi beta untuk versi 18.3 Sylvia. Bila anda adalah seorang penguji software, anda dapat ikut berkontribusi untuk mencoba versi beta dari Linux Mint 18.3 ini.


Sebagai pengguna distro Linux Mint, tentu ingin menikmati software dengan kualitas yang baik dan sistem keamanan yang baik pula. Selain itu, desktop yang cantik, modern dan elegan merupakan salah satu nilai plus yang bisa kita ambil dari distro Linux Mint. Banyak yang bilang Linux Mint merupakan distro Linux paling ramah terhadap penggunanya. Itulah tugas para pengembang software dalam membuat inovasi dan improvisasi di bidang perangkat lunak sehingga menghasilkan software dengan kualitas yang baik dan ramah pengguna.

Fiture Baru Linux Mint 18.3 Sylvia
Sumber gambar : www.linuxmint.com

Fiture Baru Linux Mint 18.3 Sylvia

Mari kita lihat apa saja fiture-fiture baru yang terdapat di Linux Mint versi 18.3 dengan kode nama “Sylvia” ini.

1. SOFTWARE MANAGER

Linux Mint 18.3 menggunakan tampilan baru pada software manager (pengelola perangkat lunak) yang digunakan. Perlu anda ketahui bahwa, Linux Mint merupakan salah satu distro Linux pertama yang memperkenalkan software manager di sistem Linux. Mungkin sudah saatnya Linux Mint merubah tampilan software managernya yang sudah cukup berumur tersebut. Software manager di Linux Mint 18.3 terlihat lebih modern, bersih dan apik. Untuk tampilan ini, software manager Linux Mint memang terinspirasi dari Gnome Software (Debian, Ubuntu).

Kita jadi semakin mudah untuk melakukan install aplikasi populer di Linux Mint menggunakan software manager. Tidak hanya itu saja, software manager di Linux Mint 18.3 jauh lebih cepat dan ringan berjalan di sistem Linux Mint. Backend di porting ke AptDaemon dan software manager berjalan dalam mode pengguna. Dengan demikian, kita tidak perlu memasukan kata sandi untuk mengakses dan install aplikasi.

Bila kita memasukan password untuk install dan remove aplikasi, akan muncul otentifikasi dalam waktu yang singkat, jadi kita dapat melakukan install / remove aplikasi lainnya tanpa perlu memasukan password lagi. Software  Manager Linux Mint 18.3 dibawah kap kode yang disederhanakan dan dimodernisasi menggunakan teknik terbaru yang dipakai oleh pengembang Linux Mint.

2. FLATPAK

Kalau yang ini merupakan aplikasi baru yang dibawa pada Linux Mint 18.3 “Sylvia”. Meskipun pada versi sebelumnya kita juga dapat menginstall flatpak, sekarang, flatpak sudah menjadi aplikasi default sistem Linux Mint 18.3 Sylvia dan terintegrasi baik dengan sistem Linux Mint beserta software manager.

Jadi, kita dapat install aplikasi melalui flatpak dengan lebih mudah. Flatpak sendiri memiliki fungsi seperti snap ubuntu, dimana distro Ubuntu menggunakan snappy sebagai aplikasi default sistem. Linux Mint mungkin ingin tampil beda dan membawa flatpak yang diintegrasikan dengan software manager default sistem. Pada Linux Mint 18.3 Sylvia, anda akan lebih mudah install aplikasi flatpak melalui software manager.

Aplikasi di Linux Mint dan aplikasi di flatpak merupakan sesuatu yang berbeda namun disajikan dengan cara yang sama di software manager Linux Mint 18.3 Sylvia. Mungkin saja terdapat aplikasi yang tidak dapat di install di Linux Mint namun, dengan flatpak aplikasi itu dapat dijalankan dengan baik, itulah salah satu keuntungan menggunakan flatpak.

3. BACKUP TOOLS

Aplikasi backup file di Linux Mint 18.3  Sylvia ditulis ulang sehingga menghasilkan tampilan yang lebih baik. Kita dapat dengan mudah dan cepat dalam melakukan backup file dan aplikasi di Linux Mint. Seperti pada software manager, backup tools menggunakan kode program yang lebih kecil dan modern serta mengalihkan Apt Backend ke AptDaemon. Kinerja dan kestabilan aplikasi ini juga ditingkatkan, terutama dalam hal kompresi file dan multi threading.

4. SYSTEM SNAPSHOTS

Salah satu aplikasi baru yang akan menjadi aplikasi default Linux Mint 18.3 Sylvia yaitu TimeShift. Aplikasi ini berfungsi melakukan recovery dan backup file system Linux Mint. TimeShift dapat kita kolaborasikan dengan backup tools sehingga kita tidak akan kehilangan data dan kita dapat melakukan recovering system Linux Mint bila mengalami kegagalan sistem.

Pada Linux Mint 18.3 ini, tim pengembang bekerja sama dengan pengembang timeshift (Tony George) untuk memperbaiki timeshift supaya lebih baik lagi, terutama dalam hal localization, HiDPI, dukungan, tampilan dan nuansa, jendela aplikasi serta direktori yang terenkripsi. Dengan demikian, pengguna timeshift akan lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi ini.

5. SYSTEM REPORTS

Salah satu fiture baru di Linux Mint 18.3 yaitu adanya aplikasi System Reports. Aplikasi ini berfungsi untuk menghasilkan laporan mengenai crash yang terjadi di dalam sistem Linux Mint. Kesalahan sistem akan ditampilkan dalam sebuah informasi yang relevan dan spesifik sehingga memudahkan kita dalam menganalisa setiap kesalahan dalam sebuah sistem komputer. Hal ini sangat membantu pengembang perangkat lunak dan pengguna Linux Mint dalam menangani crash yang terjadi di sistem komputer.

Tidak hanya menampilkan crash pada sistem saja, aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi mengenai software dan hardware komputer secara lebih detail dan spesifik, jauh lebih baik dari aplikasi “system Information” pada Linux Mint versi sebelumny.

6. CINNAMON 3.6

Pada Linux Mint 18.3 Sylvia, menggunakan Cinnamon versi 3.6 dengan keunggulan sebagai berikut :

  • Support Gnome Online Accounts:  Dengan fiture ini, kita dapat mengakses Google Drive dan Media Penyimpanan Pribadi yang kita miliki melalui file manager Nemo. Bila kita menggunakan akun Google (Gmail) maka, secara otomatis, Nemo akan menambahkan akses ke Gmail di sidebar Nemo file manager.
  • Libinput Support : Aplikasi ini dipakai untuk penggunaan touchpads. Dimana pada Cinnamon 3.6, tidak hanya support synaptics touchpads saja, melainkan support juga software libinput.
  • Spices : Model dan konfigurasi pada Spices Cinnamon mengalami perubahan di Linux Mint 18.3 Sylvia. Secara umum, kita menjadi lebih mudah untuk menginstall applet, desklet, extensions dan tema Cinnamon.
  • Nemo Extensions : Pada Linux Mint 18.3 Sylvia, ditambahkan tombol “Configure” di pengaturan “Nemo extensions”. Hal ini tentu akan memudahkan kita dalam melakukan konfigurasi pada extensions tanpa melalui menu utama Nemo.
  • Fiture baru lainnya di Cinnamon 3.6 :
  • Mendukung HybridSleep
  • Dapat menampilkan workspace lainnya di window list
  • Klik tengah pada mouse memicu sinyal indikator pada “secondaryactive”
  • Tombol jaringan wireless pada applet jaringan
  • Peningkatan  localization pada Nemo extensions, cinnamon-session dan cinnamon-settings-daemon
  • Peningkatan kestabilan pada Nemo extensions api dan peningkatan peforma (5 kali lebih cepat) pada nemo-media-columns
  • Support animasi Gifs pada preview Nemo
  • Applet dapat terlihat pada Edit-Mode sehingga mudah untuk di customisasi
  • Peningkatan pada Icon Systray (scalable)
  • Cinnamon entry field (misalnya, kolom pencarian aplikasi di menu Cinnamon) sekarang sudah mendukung copy paste menggunakan tombol tengah mouse
  • Terjemah ditambahkan pada banyak applet.
  • Perbaikan pada bug dan peningkatan peforma lainnya

7. HiDPI

Dukungan pada HiDPI menjadi lebih baik pada setiap rilis terbaru Linux Mint, termasuk pada Linux Mint 18.3 Sylvia ini. Software manager dan software source yang telah diporting ke GTK+3, sekarang sudah support HiDPI dan secara otomatis sudah aktif.

8. WINDOW PROGRESS

Window Progress sekarang sudah didukung di Cinnamon 3.6, progress akan terlihat di panel window list saat aplikasi tersebut aktif. Pada Linux Mint 18.3 Sylvia, window-progress didukung oleh aplikasi berikut ini : Nemo, Backup tools, Timeshift, Software manager, Driver manager, USB Stick formatter, USB Image writer dan setiap aplikasi yang memanfaatkan dialog synaptic

9. XED

Terdapat tambahan fiture pada Xed (text editor) yaitu sebuah mini map yang membuat aplikasi ini menjadi semakin canggih dan terlihat modern.

10. PDF READER DAN XREADER

Beberapa perubahan dilakukan pada aplikasi ini. Tombol history diganti dengan tombol navigasi khusus, namun kita masih dapat menggunakan history lewat menubar. Ditambahkan juga tombol reset zoom  menemani dua tombol zoom lainnya. Pada Linux Mint 18.3 Sylvia, aplikasi reader sudah support untuk dapat mendeteksi DPI sehingga dapat menyesuaikan dengan layar monitor dan ukuran kertas yang digunakan pada real life ketika menggunakan zoom 100%.

11. XPLAYER

Peningkatan pada fullscreen window, sekarang terlihat lebih bersih dan konsisten dengan mode window player.

12. LOGIN SCREEN

Ditambahkan pilihan untuk otomatis log in sehingga kita dapat melakukan log in tanpa perlu memasukan password. Terdapat fiture untuk menyembunyikan pengguna dan menambahkan pengguna secara manual untuk pemakai LDAP.  Pada beberapa elemen antarmuka pengguna, seperti misalnya panel indikator akan menampilkan tooltips dan kita dapat mengaktifkan/nonaktifkan fiture ini melalui tombol preferences. Ditambahkan juga dukungan untuk Numlockx yang berfungsi menonaktifkan tombol numlock saat start up komputer.

13. LANGUAGE

Peningkatan yang lebih baik pada spell checking dan synonyms dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Portugis, Prancis. Rusia dan Italia.

14. REDSHIFT

Redshift merupakan salah satu aplikasi baru yang ditambahkan secara default di Linux Mint 18.3 Sylvia. Aplikasi ini berfungsi untuk menyesuaikan suhu warna layar monitor pada malam hari sehingga mengurangi dampak negatif pada mata.

15. WHATSAPP

Salah satu hal baru pada Linux Mint 18.3 Sylvia yaitu ditambahkannya aplikasi chat Whatsapp di software manager Linux Mint. Hal ini akan memudahkan kita saat hendak menggunakan Whatsapp di desktop komputer/laptop untuk melakukan chat pada sesama pengguna Whatsapp.

16. SKYPE DAN GOOGLE EARTH

Aplikasi lain yang bisa kita install dengan mudah di sistem Linux Mint 18.3 Sylvia yaitu Skype dan Google Earth.

17. ARTWORK

Seperti biasanya, setiap rilis terbaru dari Linux Mint akan menambahkan background/wallpaper baru.

18. LAINNYA

Beberapa perubahan lainnya pada Linux Mint 18.3 Sylvia yaitu :
  • Upload manager dan domain blocker dihilangkan sebagai aplikasi default Linux Mint.
  • PIA Manager (set up tool untuk PIA VPN Connection) sekarang berjalan pada user mode dan tidak lagi membutuhkan password root untuk menjalankannya. 
  • Linux Mint 18.3 Sylvia menggunakan linux-firmware  1.157.13 dengan versi kernel 4.10.0-38. Pengguna Linux Mint 18.3 akan mendapatkan update system keamanan sampai 2021 (LTS)
  • Masih menggunakan basic system Ubuntu 16.04

Bagi pengguna distro Linux Mint 18.2 Sonya dapat melakukan upgrade ke versi 18.3 Sylvia setelah versi stable dan cara upgrade di rilis oleh Linux Mint.

Ref : https://www.linuxmint.com/rel_sylvia_cinnamon.php


EmoticonEmoticon