Monday 20 November 2017

Cara Install LibreOffice Versi Terbaru Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (ONLINE)

Tags

Cara Install LibreOffice Di Linux Mint, Ubuntu, Debian - Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian dapat melakukan install LibreOffice versi terbaru (LibreOffice Fresh) dengan dua cara yaitu menggunakan file DEB yang didownload di situs web libreoffice.org (OFFLINE) atau dengan menambahkan ppa:libreoffice (ONLINE) ke dalam sistem Linux Mint, Ubuntu yang anda gunakan. Sementara untuk distro Linux Debian, karena kita tidak dapat menambahkan ppa:libreoffice ke dalam sistem Debian maka, kita dapat menggunakan paket LibreOffice yang terdapat di backport repository Debian untuk install LibreOffice versi terbaru di Linux Debian.

Mengenai tata cara untuk install LibreOffice menggunakan file DEB (Manual) di Linux Mint, Ubuntu dan Debian sudah saya uraikan pada artikel sebelumnya. Pada postingan kali ini saya hanya akan menguraikan mengenai cara install LibreOffice versi terbaru secara ONLINE. Pastinya komputer harus terkoneksi internet dan sebaiknya gunakan koneksi internet yang stabil dengan kecepatan yang bagus.


Cara Install LibreOffice Versi Terbaru Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (ONLINE)

Cara Install LibreOffice Versi Terbaru Di Linux Mint dan Ubuntu

Linux Mint merupakan distro Linux yang menggunakan base system Ubuntu dan Debian. Secara umum Linux Mint yang banyak dipakai adalah yang berbasis Ubuntu, sedangkan yang berbasis Debian kita menyebutnya dengan LMDE (Linux Mint Debian Edition). Karena menggunakan base system yang sama, kita dapat install LibreOffice di Linux Mint dan Ubuntu dengan menggunakan cara yang sama pula.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya hanya akan menguraikan mengenai cara install LibreOffice versi terbaru di Linux Mint dan Ubuntu secara online dengan menambahkan ppa:libreoffice ke dalam sistem Linux yang kita pakai. Sementara untuk install LibreOffice di Linux Mint, Ubuntu dan Debian dengan menggunakan file DEB sudah saya uraikan dalam artikel lainnya.

Melakukan install LibreOffice di Linux Mint, Ubuntu dan Debian secara manual menggunakan file DEB merupakan paket aplikasi yang berbeda dengan LibreOffice yang terdapat di repository sistem Linux. Oleh karena itu, kita perlu menghapus LibreOffice default sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian sebelum melakukan install LibreOffice. Berbeda bila kita install LibreOffice versi terbaru menggunakan ppa:libreoffice, kita tidak perlu menghapus LibreOffice default sistem Linux Mint dan Ubuntu. Yang kita perlukan adalah melakukan upgrade LibreOffice ke versi terbaru setelah menambahkan ppa:libreoffice ke dalam sistem Linux Mint dan Ubuntu.

Mengenai cara install LibreOffice di Linux Mint dan Ubuntu sama seperti install aplikasi lain yang terdapat di repository sistem Linux Mint dan Ubuntu. Sementara untuk menambahkan ppa:libreoffice ke dalam sistem Linux Mint dan Ubuntu dapat melalui terminal Linux atau aplikasi penambah ppa yang menggunakan perintah berbasis grafis.

1. Menambahkan PPA:LibreOffice

Ada dua cara untuk menambahkan ppa (personal packaging archive) di dalam sistem Linux yaitu melalui terminal atau menggunakan aplikasi penambah ppa dalam bentuk perintah grafis, bisa menggunakan aplikasi Y PPA Manager atau aplikasi software source default system.


Kali ini saya akan menggunakan terminal Linux untuk menambahkan ppa:libreoffice ke dalam sistem Linux Mint dan Ubuntu. Silahkan jalankan terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa

Setelah itu tekan tombol Enter ⇾ Masukan password ⇾ Tekan Enter lagi dan proses penambahan ppa:libreoffice akan berjalan dalam waktu yang relatif singkat. Selanjutnya lakukan update repository sistem Linux setelah kita menambahkan ppa:libreoffice di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan update paket aplikasi yang terdapat di sumber perangkat lunak sistem Linux Mint dan Ubuntu. Ketik pada terminal perintah teks di bawah ini :

sudo apt update

atau
sudo apt-get update

2. Install LibreOffice Di Linux Mint dan Ubuntu

Setelah proses penambahan ppa:libreoffice di sistem Linux Mint dan Ubuntu selesai, selanjutnya kita dapat melakukan install LibreOffice versi terbaru menggunakan paket LibreOffice yang terdapat di ppa:libreoffice yang baru saja kita tambahkan. Ada dua cara untuk install aplikasi LibreOffice di sistem Linux Mint dan Ubuntu yaitu melalui terminal atau melalui aplikasi Software Manager default sistem Linux Mint dan Ubuntu.

Kali ini saya akan menggunakan terminal Linux untuk install aplikasi LibreOffice versi terbaru di sistem operasi komputer Linux Mint dan Ubuntu. Silahkan jalankan terminal lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install libreoffice

atau
sudo apt-get install libreoffice

Tekan tombol Enter dan setelah itu mungkin akan muncul pesan pemberitahuan bahwa paket aplikasi LibreOffice akan di install di sistem Linux, ketik saja y lalu tekan Enter dan  proses instalasi LibreOffice akan berjalan sampai selesai.

Cara Install LibreOffice Versi Terbaru Di Linux Debian

Linux Debian sebenarnya sudah menggunakan aplikasi perkantoran LibreOffice sebagai aplikasi default sistem sama seperti Linux dan Ubuntu. Hanya saja versi yang dipakai tidak menggunakan versi terbaru saat ini.  Cara paling mudah untuk menggunakan LibreOffice versi yang lebih baru di Linux Debian yaitu dengan melakukan install aplikasi LibreOffice yang terdapat di backport repository sistem Linux Debian.
  1. Tambahkan sumber perangkat lunak pada backports Debian 
  2. Update repository Debian
  3. Install LibreOffice dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Debian (masuk sebagai root)
Install LibreOffice:
apt install -t stretch-backports libreoffice

Install juga dua paket ini :
apt install -t stretch-backports libreoffice-gtk2 libreoffice-pdfimport

Sementara untuk tata cara menambahkan sumber perangkat lunak backposrts Debian, silahkan baca artikel ini :


Cara lain yang bisa kita pakai untuk install LibreOffice versi terbaru di Linux Debian yaitu menggunakan file installer DEB LibreOffice yang bisa kita download di situs web www.libreoffice.org , untuk tata cara dan proses install LibreOffice menggunakan cara ini sudah saya uraikan dalam artikel sebelumnya. Silahkan gunakan cara install LibreOffice versi terbaru ini  yang menurut anda paling mudah atau sesuai dengan keinginan anda masing-masing.

LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran berbasis open source dan gratis. LibreOffice dikembangkan oleh The Document Foundation bersama komunitas aktif LibreOffice semenjak tahun 2010. Aplikasi ini dicabangkan dari OpenOffice yang sudah dibeli oleh Oracle pada tahun 2010. LibreOffice dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi komputer Linux, Windows dan Mac OS X. Tersedia juga LibreOffice viewer untuk Android dan iOS.

Kesimpulan

Dengan menggunakan LibreOffice versi terbaru kita dapat menikmati fiture-fiture terbaru dari LibreOffice. Sebagai aplikasi perkantoran default sistem berbagai distro Linux Populer, LibreOffice menjadi salah satu aplikasi perkantoran berbasis open source dengan komponen yang cukup lengkap dan memiliki kualitas yang baik. Kita bisa menggunakannya sebagai pengganti Microsoft Office. Demikian cara install LibreOffice di Linux Mint, Ubuntu dan Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon