Monday 24 October 2016

Cara Membuat Akun Baru di Box.com (Layanan Cloud Storage)

Tags

Cara Membuat Akun Baru Di Box.com – Hampir sama seperti dropbox, membuat akun baru di box.com dapat kita lakukan dengan cukup mudah. Box.com atau bisa kita sebut dengan Box saja adalah layanan penyimpanan berbasis cloud (awan) yang sudah berdiri (tahun 2005) sebelum layanan yang sama lainnya seperti Dropbox, Google Drive maupun oneDrive. Meskipun layanan penyimpanan Box tidak sepopuler mereka, namun layanan penyimpanan ini memiliki fiture-fiture menarik yang tidak kalah dengan layanan sejenis lainnya.

Bagi yang belum tahu apa itu cloud storage, berikut sedikit gambaran mengenai penyimpanan berbasis awan (cloud) :

Cloud Storage merupakan layanan penyimpanan online yang digambarkan seperti sebuah awan. Dengan menyimpan file di media penyimpanan online, kita dapat mengakses file kapanpun dan dimanapun kita berada dengan menggunakan perangkat komputer dan smartphone yang terhubung dengan intenet. Kata awan mengandung arti luas dan berada di angkasa yang dapat dilihat dimana saja, cloud memang sering digunakan sebagai simbol di dalam dunia komputer dan internet yang melambangkan sesuatu yang luas

Cara Membuat Akun Baru di Box.com (Layanan Cloud Storage)

Cara Membuat Akun Baru Di Box.com


Untuk memperoleh layanan penyimpanan online berbasis cloud di Box.com, kita harus memiliki akun Box.com. Terdapat versi berbayar dan gratis yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file berbagai format dan ukuran. Kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat akun baru di Box.com gratis!

1. Kunjungi situs web box.com
2. Klik tombol Sign Up dan kita akan dibawa ke halaman pendaftaran box.com
3. Karena kita akan melakukan pendaftaran versi gratis di box.com maka, pilih yang Personal Plans
4. Klik tombol Sign Up pada pilihan Personal (Free)
5. Selanjutnya akan terbuka halaman pengisian form pendaftaran akun baru box.com. Isi form sesuai dengan identitas kita, setelah selesai klik tombol SUBMIT. Sebelumnya kita harus memiliki akun email untuk melakukan pembuatan akun baru di box.com

Cara Membuat Akun Baru di Box.com (Layanan Cloud Storage)

6. Bila tidak ada kesalahan dalam mengisi form data diri pembuatan akun baru di box.com, selanjutnya akan muncul pesan bahwa box.com telah mengirim email konfirmasi ke alamat email yang kita isikan tadi.

“We've Sent You a Confirmation Email
Time to check Your Email

Click the link on your email to confirm your account
If you can't find the email check your spam folder or click the link below to
re-send

Resend confirmation email”

7. Buka email yang kita gunakan untuk melakukan pendaftaran akun box.com. Lihat pada email masuk (inbox), lalu email yang dikirim oleh box.com. Selanjutnya klik tombol Verify Email yang mengarah ke alamat situs web box.com untuk melakukan verifikasi.

Bila tidak ditemukan email baru di kotak masuk (inbox) , coba cek di folder spam atau klik tautan Recend Confirmation Email pada halaman box.com untuk mengirim ulang email konfirmasi

8. Ucapan selamat datang dari BOX.COM menandakan bahwa kita telah berhasil membuat akun baru di box.com. Klik saja tombol Skip this and go straight to Box.

“Welcome To Your Box, Your_Name!
Let's Personalize Your Experience
What do you mostly plan to use your Box for ?

For Personal ---- Use For Work


Next
Skip this and straight to Box”

Fiture-Fiture Box.com


Dengan memiliki akun box.com, kita dapat menggunakan fasilitas yang diberikan oleh layanan penyimpanan file online berbasis cloud di box.com. Apa saja fiture-fiture yang terdapat di box.com ? Berikut fasilitas menarik yang bisa kita gunakan di box.com, versi gratis!

1. Menyimpan berbagai file dengan berbagai format dan ukuran
2. Berbagi file ke orang lain dengan mudah
3. Mendapatkan free media penyimpanan online sebesar 10 GB
4. Batas maksimal ukuran file sekali upload sebesar 250 MB

Dan fiture-fiture lainnya yang berhubungan dengan keamanan sistem dan kemudahan dalam menggunakan box.com.

Jenis Layanan Di Box.com


Terdapat tiga kategori layanan yang ditawarkan oleh box.com yaitu Personal Plans, Business Plans dan Platform Plans.

A. Personal Plans


Ada dua jenis layanan yang terdapat di Personal Plans box.com yaitu Personal Free dan Personal Pro. Personal free adalah layanan gratis yang menyediakan 10 GB ruang penyimpanan dengan batas maksimal sekali upload file sebesar 250 MB.

Sedangkan layanan Personal Pro menyediakan fasilitas sebesar 100 GB ruang penyimpanan dengan batas maksimal file upload sebesar 5 GB. Harga yang ditawarkan untuk layanan Personal Pro sebesar US$11.50 /Bulan.

B. Business Plans


Layanan berbayar box.com lainnya adalah Business Plans yang terdiri dari tiga jenis layanan penyimpanan dengan variasi harga dan fasilitas yang ditawarkan.

1. Starter

Layanan ini merupakan layanan berbayar dengan harga US$6 /Bulan dengan minimal pengguna sebanyak 3 anggota dan maksimal 10 anggota dalam satu tim. Fiture yang bisa kita peroleh dengan menggunakan layanan ini adalah :

100 GB ruang penyimpanan, batas upload file sebesar 2 GB, Dapat diakses lewat perangkat Mobile, Tersinkronasi dengan Desktop Komputer, File versioning, Menggunakan sistem keamanan data SSL (Secure Socket Layer) dan Enkripsi, Two-factor authentication, Memiliki managemen pengguna, Dapat mengakses BOX API:25k /bulan

2. Business

Layanan berbayar box.com dengan harga US$17 /bulan dengan minimal pengguna sebanyak 3 anggota. Fasilitas yang ditawarkan antara lain :

Unlimited storage (Media penyimpanan tak terbatas), batas upload file sebesar 5 GB, SSO (Single Sign-On integration), Menggunakan layanan keamanan yang lebih baik (security reporting), Custom branding, Kontrol keamanan dari perangkat mobile, Terintegrasi dengan EMM providers, Perlindungan terhadap kehilangan data yang lebih baik (Data loss Prevention), Dapat mengakses BOX API: 5Ok /bulan. Semua fiture yang ada di Starter juga dapat digunakan pada layanan Business.

3. Enterprise

Layanan berbayar box.com dengan harga (Contact Us) Hubungi Box.com dengan minimal pengguna sebanyak 3 anggota. Semua fasilitas yang ada di Business dapat digunakan pada layanan ini, termasuk beberapa tambahan fiture lainnya yaitu :

Unlimited external collaborators, HIIPA-eligible plan, Manajemen file yang lebih baik, Unlimited integration termasuk DLP dan eDiscovery integrations, Metadata, Diagram kerja (otomatis), Penyesuaian administratif pengguna, Perbaikan sesi dan manajemen akun, Penggunaan perlengkapan yang lebih terjamin, Penandaan dengan air, Box Zones, BOX API: 100k /bulan.

C. PlatForm Plans


Layanan box.com lainnya adalah PlatForm Plans yang terdiri dari dua jenis layanan yaitu Integrate with Box (free) dan Build With Box Platform (berbayar).

1. Integrate with Box

Layanan ini digunakan untuk menghubungkan akun box.com yang kita miliki dengan sebuah aplikasi yang didukung penuh oleh pengembang.

2. Build With Box Platform

Layanan ini digunakan untuk membuat atau menggunakan aplikasi box.com pada desktop komputer atau mobile. Harga yang harus kita bayar untuk menggunakan layanan ini sebesar US$500 /bulan. Fasilitas yang ditawarkan cukup beragam dan kita dapat mengakses box.com dari aplikasi yang terpasang di sistem operasi dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

Selain box.com masih banyak layanan cloud storage lainnya yang juga memiliki beragam fiture menarik, sebut saja, Google Drive, oneDrive, Dropbox, 4Shared, MediaFire, Ziddu dll. Demikian cara membuat akun baru di box.com, semoga dapat menambah pengetahuan kita terutama untuk layanan cloud storage.


EmoticonEmoticon