Saturday 22 October 2016

Cara Instal Aplikasi Di Linux Mint Melalui Terminal

Cara Instal Aplikasi Di Linux Mint Melalui Terminal - Aplikasi di Linux Mint dapat kita instal melalui terminal Linux dengan menggunakan perintah teks yaitu install. Untuk melakukan instal aplikasi di Linux Mint/Ubuntu kita harus masuk sebagai super user (root). Perintah terminal Linux yang dapat kita gunakan untuk menginstal aplikasi adalah apt atau apt-get, itu bila paket aplikasi yang akan kita instal sudah tersedia di repository Linux Mint dan disebut dengan instal aplikasi secara online di Linux Mint. Namun, bila kita menggunakan file .deb untuk memasang aplikasi Linux Mint/Ubuntu, perintah yang dapat kita gunakan adalah dpkg yang disebut dengan cara instal aplikasi secara offline di Linux Mint atau Ubuntu dan turunan debian lainnya.

Cara Instal Aplikasi Di Linux Mint-Ubuntu melalui-lewat-via Terminal


Persiapan Sebelum Instal Aplikasi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian dan Turunannya


Sistem operasi yang saya gunakan adalah Linux Mint yang merupakan turunan dari Ubuntu dan Debian. Seharusnya cara ini juga dapat di terapkan pada distro Linux Ubuntu dan turunannya. Sebelum mulai melakukan pemasangan aplikasi di Linux Mint, ada beberapa hal yang harus kita siapkan supaya proses instal aplikasi di Linux Mint melalui terminal dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa hal yang sebaiknya kita siapkan sebelum menginstal aplikasi di Linux Mint :
  1. Nama aplikasi yang akan kita instal
  2. Informasi tentang aplikasi yang akan kita instal
  3. File .deb sebagai file installer aplikasi secara offline (tanpa koneksi internet)
  4. Koneksi internet yang stabil untuk pemasangan aplikasi secara online

A. Nama Aplikasi


Nama aplikasi jelas harus kita ketahui dan kita tentukan, baik itu pemasangan aplikasi secara offline maupun online. Kita bisa mendapatkan nama aplikasi melalui Pengelola Perangkat Lunak yang akan menampilkan semua aplikasi yang terdapat di repository Linux Mint. Disana kita dapat mencari berbagai aplikasi yang sudah dikelompokan berdasarkan Kategori dengan tampilan grafis yang menarik. Terdapat juga form pencarian aplikasi yang akan memudahkan kita dalam mencari aplikasi tertentu dengan mengetikannya pada form pencarian.

Selain menggunakan Pengelola Perangkat Lunak (Software Center) , kita juga dapat menampilkan daftar aplikasi di repository Linux Mint pada terminal Linux dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt list

Karena jumlah paket aplikasi yang terdapat di repository Linux Mint sangat banyak (ribuan) dan semuanya ditampilkan dalam bentuk teks maka, gunakan fungsi pencarian di terminal untuk mencari aplikasi yang akan kita instal.

Klik pada Menu > Cari (ctr-shift-f) lalu masukan nama aplikasi

Bila aplikasi tersebut terdapat di repository Linux Mint, kita dapat langsung memasangnya dan tidak perlu menambahkan apapun ke dalam sistem.

B. Informasi Tentang Aplikasi


Bila aplikasi yang akan kita instal terdapat di repository Linux Mint, kita dapat melihat properties dari aplikasi tersebut dengan mengetikan perintah teks seperti di bawah ini :

apt show nama_aplikasi

misalnya :

apt show inkscape

screenshot:
Package: inkscape
Version: 0.91-7ubuntu2
Priority: optional
Section: graphics
Origin: Ubuntu
Maintainer: Ubuntu Developers
Original-Maintainer: Debian Multimedia Maintainers
Bugs: https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+filebug
Installed-Size: 85,6 MB
Depends: python:any (>= 2.7.5-5~), libaspell15 (>= 0.60.7~20110707), libatkmm-1.6-1v5 (>= 2.24.0), libc6 (>= 2.14), libcairo2 (>= 1.12.0), libcairomm-1.0-1v5 (>= 1.12.0), libcdr-0.1-1, libfontconfig1 (>= 2.9.0), libfreetype6 (>= 2.2.1), libgc1c2 (>= 1:7.2d), libgcc1 (>= 1:4.0), libgdk-pixbuf2.0-0 (>= 2.22.0), libglib2.0-0 (>= 2.41.1), libglibmm-2.4-1v5 (>= 2.46.0), libgnomevfs2-0 (>= 1:2.17.90), libgomp1 (>= 4.9), libgsl2, libgtk2.0-0 (>= 2.24.0), libgtkmm-2.4-1v5 (>= 1:2.24.0), libgtkspell0 (>= 2.0.10), libjpeg8 (>= 8c), liblcms2-2 (>= 2.2+git20110628), libmagick++-6.q16-5v5 (>= 8:6.8.9.9-7), libpango-1.0-0 (>= 1.22.0), libpangocairo-1.0-0 (>= 1.14.0), libpangoft2-1.0-0 (>= 1.14.0), libpangomm-1.4-1v5 (>= 2.38.0), libpng12-0 (>= 1.2.13-4), libpoppler-glib8 (>= 0.18.0), libpoppler58 (>= 0.41.0), libpopt0 (>= 1.14), librevenge-0.0-0, libsigc++-2.0-0v5 (>= 2.6.1), libstdc++6 (>= 5.2), libvisio-0.1-1, libwpg-0.3-3, libx11-6, libxml2 (>= 2.7.4), libxslt1.1 (>= 1.1.25), zlib1g (>= 1:1.1.4)
Recommends: aspell, imagemagick, libgnomevfs2-extra, libimage-magick-perl, libwmf-bin, python-lxml, python-numpy, transfig
Suggests: pstoedit, dia | dia-gnome, libsvg-perl, libxml-xql-perl, python-uniconvertor, ruby
Homepage: http://www.inkscape.org/
Task: ubuntu-usb, edubuntu-desktop-gnome, edubuntu-usb, ubuntustudio-video, ubuntustudio-graphics
Supported: 5y
Download-Size: 12,3 MB
APT-Manual-Installed: yes
APT-Sources: http://archive.ubuntu.com/ubuntu xenial/main amd64 Packages
Description: vector-based drawing program
Inkscape is an illustration editor which has everything needed to
create professional-quality computer art. You can use it to make
diagrams and illustrations, technical drawings, web graphics, clip art,
icons and logos. A collection of hands-on tutorials show you how to
combine lines, shapes and text of different types and styles to build
up a picture.
.
A selection of powerful vector graphics editing tools comes as
standard. There is excellent support for paths, gradients, layers,
alpha transparency and text flow control. An extensive library of
filters allow you to apply realistic effects and extensions allow you
to work with bitmaps, barcodes and printing marks, amongst other things.
.
Most of the common vector formats are supported, including PDF, Adobe
Illustrator and AutoCAD files, and it has unrivalled support for the
SVG web graphics standard.

Disana dapat kita lihat ukuran file yang akan didownload dan kapasitas hardisk yang diperlukan untuk memasang aplikasi inkscape. Kita juga bisa mengetahui deskripsi dari aplikasi tersebut beserta dependensinya. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lainnya.

Bila kita tidak menemukan aplikasi yang akan kita instal, kita bisa mencari informasi tentang aplikasi di situs web resmi aplikasi tersebut atau kita tambahkan ppa pihak ke-3 ke dalam sistem Linux Mint dan setelah itu kita lihat propertiesnya seperti cara di atas

B.1. Menambahkan ppa (personal package archive) ke dalam sistem Linux Mint


Menambahkan ppa pihak ke-3 ke dalam sistem Linux Mint/Ubuntu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks seperti di bawah ini :

sudo add-apt-repository nama-ppa

Misalnya kita akan memasang aplikasi fluxgui di Linux Mint . Karena Linux Mint tidak menyertakan paket fluxgui di repository-nya maka, untuk memasang fluxgui dapat kita lakukan dengan cara menambahkan ppa ke dalam sistem Linux Mint.

sudo add-apt-repository ppa:nathan-renniewaldock/flux

Setelah itu lakukan update paket aplikasi dengan mengetikan perintah di bawah ini :

sudo apt-get update

Setelah proses update selesai, baru kita melakukan instal aplikasi dengan mengetikan perintah teks berikut ini :

sudo apt-get install fluxgui

Fluxgui adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur kecerahan (intensitas cahaya) layar monitor yang dapat menjaga kesehatan mata kita saat berada di depan monitor komputer

C. Menggunakan File .deb


Selain menambahkan ppa pihak ke-3 ke dalam sistem Linux Mint, untuk memasang aplikasi yang tidak terdapat di repository Linux Mint dapat dilakukan secara OFFLINE yaitu menggunakan File .deb yang bisa kita peroleh dengan cara mendownloadnya di situs web penyedia aplikasi. Tidak semua file installer aplikasi Linux Mint yang kita download berupa file .deb namun, terkadang berupa file lain yang tidak bisa kita instal langsung seperti layaknya file .deb.

Mengapa Menggunakan File Deb ?

File .deb adalah file standard Distribusi Linux Debian yang dapat digunakan pada seluruh distro Linux turunan Debian termasuk di Linux Mint dan Ubuntu. Sebagian pengguna sistem operasi komputer Linux Mint lebih memilih menggunakan file .deb daripada menambahkan ppa pihak ke-3 ke dalam sistem. Selain lebih mudah, menggunakan file .deb juga tidak terlalu beresiko menyebabkan sistem rusak (error). Untuk itulah, perlu kita cermati saat menambahkan ppa pihak ke-3 ke dalam sistem dan pastikan ppa tersebut sudah teruji dan bersumber dari pihak pengembang yang terpercaya.

Cara Instal Aplikasi Di Linux Mint Melalui Terminal


Setelah melakukan proses awal sebelum melakukan instal aplikasi di Linux Mint yaitu persiapan, selanjutnya kita dapat mulai melakukan instal aplikasi di Linux Mint melalui terminal linux. Buka terminal dengan cara :
  1. Menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+t
  2. Melalui Menu > Administrasi > Terminal

A. Instal Aplikasi ON LINE


Koneksi internet setidaknya lancar dan tanpa gangguan untuk melakukan pemasangan aplikasi di Linux Mint secara online. Supaya proses pemasangan aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan dari koneksi internet yang kurang stabil. Sebelum melakukan instal aplikasi, update terlebih dahulu paket aplikasi yang terdapat di repository Linux Mint, supaya kita mendapatkan paket terbaru dari paket aplikasi yang tersedia di repository Linux Mint dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt-get update

Setelah itu lakukan pemasangan aplikasi dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt-get install nama_aplikasi

Misalnya : Aplikasi yang akan kita instal adalah Inkscape

sudo apt-get install inkscape

Selain menggunakan perintah apt-get, kita juga dapat menggunakan perintah apt untuk memasang aplikasi di Linux Mint secara online melalui terminal Linux.

sudo apt install inkscape

Atau masuk sebagai super user terlebih dahulu dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo su

Masukan password super user / root , lalu ketik perintah di bawah ini :

apt install inkscape

B. Instal Aplikasi OFF LINE


Proses instal aplikasi tidak membutuhkan koneksi internet yaitu menggunakan file installer, bisa berupa file .deb atau yang lainnya. Pastikan kita telah memiliki file installer aplikasi yang kita peroleh dengan cara mengunduh di internet atau dengan cara lainnya. Setelah iut, kita dapat memasangnya langsung dengan cara yang cukup mudah.

1. Masuk ke direktori tempat penyimpanan file .deb melalui terminal Linux. Misalnya file .deb hasil download kita simpan pada direktori Unduhan sistem Linux. Untuk masuk ke direktori Unduhan, ketik perintah teks di bawah ini :

cd ~/Unduhan

Atau

Buka file manajer Nemo (Cinnamon Desktop) lalu masuk ke direktori tempat file .deb. Setelah itu klik kanan pada area kosong dan pilih Buka di Terminal

2. Instal file .deb dengan mengetikan perintah teks seperti di bawah ini :

dpkg -i nama_file.deb

Atau bila jumlah file .deb lebih dari satu, ketik perintah teks dibawah ini :

sudo dpkg -i *.deb

Maka, semua file .deb yang ada di direktori tersebut akan ter-instal semuanya. Perlu kita ketahui bahwa menjalankan perintah melalui terminal merupakan cara terbaik dalam melakukan instal aplikasi dan menjalankan berbagai program yang ada di dalam sistem linux. Proses eksekusi program lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan perintah  grafis dan kita juga dapat melihat proses pemasangan aplikasi secara lebih detail.

Kesimpulan


Instal aplikasi di Linux Mint dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui terminal Linux. Selain itu, kita juga dapat menggunakan Pengelola Perangkat Lunak atau Synaptic Manajer Paket untuk melakukan instal aplikasi di Linux Mint dengan tampilan grafis yang menarik. Instal dan uninstal aplikasi merupakan salah satu aktifitas yang sering kita lakukan sebagai pengguna sistem operasi komputer dan sebaiknya kita dapat menguasai cara melakukan instal dan uninstal aplikasi di sistem komputer yang kita gunakan. Demikian cara instal aplikasi di Linux Mint melalui terminal, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menggunakan distro Linux Mint.


EmoticonEmoticon