Saturday 24 September 2016

Cara Menyimpan Dan Berbagi File Di Google Drive

Tags

Cara Menyimpan Dan Berbagi File Di Google Drive - Salah satu produk Google yang berfungsi untuk menyimpan file secara online atau penyimpanan awan adalah Drive. Kita dapat menggunakan layanan ini melalui akun Google yang kita miliki. Satu akun Google dapat digunakan untuk mengakses berbagai produk dan layanan Google (Gmail, Drive, Youtube, G+, Foto dan lainnya). Bagi yang belum tahu cara membuat akun Google, dapat membaca artikel saya mengenai :Cara membuat email baru di Google Mail (Gmail) gratis!

File yang kita simpan di dalam Drive juga dapat kita sisipkan/tautkan pada saat mengirim email menggunakan Gmail. Namun, bila kita hanya ingin mengirim file saja tanpa menulis email, lebih baik menggunakan Drive, terutama untuk file dengan ukuran yang besar. Drive dapat mengirim file hingga 10GB dalam sekali kirim, sementara bila kita menggunakan email hanya sampai 25mb saja.

Cara Menyimpan Dan Berbagi File Menggunakan Google Drive (Layanan Penyimpanan Cloud Google)

Apa Itu Goole Drive?


Bagi yang belum tahu apa itu google drive, artikel ini mudah-mudahan dapat membantu anda yang ingin menyimpan file dalam ukuran kecil maupun besar pada sebuah layanan daring.

Google drive adalah layanan penyimpanan dalam bentuk "cloud" sebagai ekstensi dari google docs. Layanan ini akan mengganti alamat docs.google.com menjadi drive.google.com setelah diaktifkan.

Google drive dapat kita gunakan bila kita memiliki akun GMail, yang merupakan akun milik google yang dapat digunakan pada berbagai produk google lainnya. Google drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB, namun bila kita menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kita bisa menggunakan layanan berbayar google drive dengan harga yang bervariasi.apps.google.co.id

Google drive memiliki fiture unggulan seperti Dropbox yaitu sinkronasi data melalui folder khusus pada media penyimpanan komputer yang dikenal sebagai "Desktop Sync Clients". Google drive juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti GMail, G+ dan Google Search. Fiture lainnya yang bisa kita sorot secara khusus adalah APIs untuk para developer (pengembang).

File yang sudah disimpan dalam Google Drive akan lebih aman meski terjadi sesuatu pada komputer, tablet, atau smartphone pengguna. Google Drive menggunakan algoritma SSL yang merupakan protocol keamanan yang digunakan pada Gmail dan layanan Google lainnya, maka dari itu sisi keamanan google drive sebanding dengan akun google lainnya.

Cara Menyimpan File Di Google Drive (Upload File)


Mengupload file ke google drive sangatlah mudah, semua perintah di google drive tersedia dalam tampilan grafis yang enak dan nyaman dilihat. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk mengunggah berkas (file) gambar, video atau jenis file lainnya pada layanan penyimpanan cloud milik Google ini.
  1. Masuk ke alamat akun google drive
  2. Klik tombol "New" untuk upload File atau Membuat Folder baru di Google Drive
  3. Selanjutnya "drag & drop" file ke dalam folder yang baru kita buat di google drive atau bila kita tidak membuat folder baru, maka kita tinggal klik tombol "New" > File Upload
  4. Tunggulah hingga proses upload selesai
Cepat lamanya proses upload tergantung dari besar kecilnya ukuran file dan kecepatan koneksi internet yang digunakan.

Cara Berbagi File Di Drive


Google Drive sebenarnya bukan layanan untuk mengirim file, namun fungsi utamanya adalah untuk menyimpan file. Jadi, kita tidak bisa mengirim file menggunakan google drive, layanan ini hanya bisa digunakan untuk berbagi file saja. Sedangkan untuk aktivitas kirim-mengirim file akan lebih tepat bila kita menggunakan email dan melampirkan file yang akan kita kirim.

Kita juga bisa berbagi file di google drive dengan cara memberikan alamat link url file gambar. Hal ini merupakan salah satu aktivitas yang sering di lakukan oleh pengguna google drive, terutama para perancang situs web yang menyimpan gambar rancangannya di layanan milik google ini. Dengan memberikan alamat link, orang lain yang membuka link tersebut dapat melihat dan mengunduh file yang kita bagikan.

Jika kita ingin langsung berbagi file ke orang lain sesama pengguna Drive, dapat dilakukan dengan cara seperti berikut ini :
  1. Klik tombol "share" (Bagikan)
  2. Tentukan hak akses (Dapat mengedit, dapat komentar dan dapat melihat)
  3. Masukan nama atau alamat email orang yang kita bagi

Mengirim File Lewat GMail


Bila kita ingin mengirim file dengan ukuran yang besar, gunakanlah fasilitas Drive untuk melampirkan file tersebut. Baca artikel saya mengenai cara mengirim dan menulis email di Gmail
  1. Masuk (login) ke akun GMail
  2. Klik tombol "Compose" untuk mengirim email ke alamat surat elektronik yang kita tuju
  3. Klik pada Ikon Drive untuk melampirkan file atau folder yang tersimpan di Google Drive
  4. Selanjutnya pilih file pada Google Drive dan klik "insert"

Berbagi Link File di Google Drive


Berbagi link Drive dilakukan supaya orang lain dapat mengakses (melihat dan mengunduh) file yang tersimpan di Drive. Hal ini akan memudahkan kita dalam berbagi file di internet.
  1. Buka akun Google Drive (GMail > Google Drive)
  2. Pilih file yang akan kita bagikan link-nya.
  3. Klik kanan > Get Shareable Link > Tempel link di tempat yang kita inginkan.

Kesimpulan


Menggunakan layanan Google Drive untuk meyimpan file dapat mempermudah kita dalam mengelola dan berbagi file lewat jaringan internet. Dengan google Drive kita dapat menyimpan file apa saja, dapat dilihat dimana saja dan berbagi file dan folder dengan mudah. Layanan lainnya yang hampir sama dengan Google Drive antara lain , dropbox, box.net, IDriveSync, Microsoft Sky Drive, Ubuntu One, SugarSync, Amazon free cloud dan lain-lain.

Dalam hal kemudahan, google drive merupakan salah satu layanan yang mudah untuk digunakan karena tersinkronasi dengan akun GMail. Demikian gambaran singkat mengenai Google Drive, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon