Friday 23 September 2016

Cara Membuat Akun Baru Di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah

Tags

Membuat Akun Baru Di Linux Mint Cinnamon - Setiap kali kita menggunakan sistem operasi komputer, kita pasti akan menjumpai yang namanya akun pengguna atau "user account". Begitu juga di Linux Mint, kita akan diminta untuk membuat sebuah akun pengguna pada saat proses instalasi. Akun ini nantinya akan kita gunakan untuk akses masuk ke sistem Linux Mint.

Terdapat dua jenis akun yang ada di Linux Mint cinnamon, yaitu "administrator dan standard". Akun yang kita buat pada saat proses instalasi Linux Mint adalah jenis akun administrator. Dimana akun jenis ini memiliki hak akses yang luas pada sistem Linux Mint. Sedangkan akun standard hanya memiliki hak akses yang terbatas atau sering kita sebut sebagai akun tamu (guest account).

Cara Membuat Akun Baru Di Linux Mint Cinnamon 18 'Sarah'

Cara Membuat Akun Baru Di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah


Setelah kita memasang sistem operasi Linux Mint pada perangkat komputer/latop yang kita miliki, kita akan diminta untuk melakukan restart (menghidupkan ulang) komputer. Pada saat proses booting komputer, kita akan menjumpai menu login yang meminta kita untuk memasukan user account dan memasukan password (kata kunci) untuk dapat masuk ke sistem Linux Mint.

Karena kita belum menambahkan akun baru apapun ke dalam sistem, maka kita hanya memiliki satu akun saja, yaitu akun yang kita buat saat instalasi Linux Mint. Pada saat pertama kali kita menggunakan siste operasi Linux Mint, maka akun inilah yang akan kita gunakan untuk masuk ke dalam sistem Linux Mint sebagai administrator.

Memiliki satu akun saja mungkin tidak cukup, terutama bila komputer digunakan tidak hanya oleh kita saja, melainkan oleh beberapa orang yang berbeda. Supaya data dan sistem terjaga keamanannya, maka sebaiknya dalam sistem operasi komputer terdapat setidaknya dua akun dengan jenis yang berbeda yaitu administrator dan standard (guest account).

Untuk membuat akun baru di Linux Mint, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui pengaturan Pengguna dan Grup atau melalui Terminal Linux :

A. Pengguna Dan Grup


Bagi yang suka tampilan grafis, terutama pengguna baru Linux Mint atau yang terbiasa menggunakan sistem windows, dapat menggunakan pengaturan Pengguna dan Grup untuk membuat akun baru di Linux Mint. Kita hanya perlu melakukan klik pada tombol Add dan selanjutnya ikuti saja intstruksi yang ditampilkan.

Menu > Pengaturan Sistem > Administrasi > Pengguna dan Grup

Setelah kita klik tombol Add yang terletak di pojok kiri bawah jendela Pengguna dan Grup, akan muncul jendela form pengisian untuk Jenis Akun, Nama Lengkap dan Nama Pengguna.

Klik tombol Add pada form pengisian akun dan selesai sudah proses pembuatan akun baru di Linux Mint cinnamon 18 Sarah. Selanjutnya kita dapat melengkapi akun yang baru kita buat dengan beberapa atribut yang diperlukan.

1. Menentukan Gambar Akun

Akun yang kita buat belum memiliki Gambar atau Logo yang merupakan salah satu identitas dari akun yang kita miliki. Tambahkan gambar atau logo berupa foto pribadi, pemandangan alam, hewan, tumbuhan atau yang lainnya.

  • Klik pada akun yang akan kita tambahkan gambar atau logo
  • Klik pada tombol gambar (bingkai foto)
  • Pilih salah satu gambar atau logo yang disediakan olah Linux Mint (default sistem)
  • Bila ingin menggunakan gambar atau logo pribadi, scroll ke bawah dan klik pada tombol Rambah untuk mencari gambar lainnya
  • Pilih salah satu gambar yang terdapat di media penyimpanan komputer, lalu klik Open

2. Menentukan Password Akun

Pada saat pembuatan akun baru, kita belum menentukan atau membuat password. Sebenarnya kita bisa saja mengosongkan password dan pada saat kita masuk (login) dengan menggunakan akun yang tanpa password, maka kita tidak perlu memasukan password (kata kunci) untuk masuk ke sistem Linux Mint.

Tujuan penggunaan password pada sebuah akun pengguna (user_account) adalah untuk menjaga kemananan akun supaya orang lain tidak dapat mengakses sistem melalui akun yang sudah terproteksi dengan sebuah kata kunci rahasia.

Setelah pembuatan akun pengguna baru selesai, Restart komputer dan kita telah memiliki sebuah akun baru yang tampak pada menu login sistem Linux Mint cinnamon 18 Sarah.

B. Melalui Terminal Linux


Selain menggunakan perintah berbasis grafis, akun penggguna pada Linux Mint juga dapat dibuat dengan menggunakan perintah teks melalui terminal linux. Bagi pengguna baru (anyar) sistem Linux Mint, mungkin akan sedikit asing dengan perintah teks di sistem linux. Namun, bila kita sering menggunakannya, maka kita akan terbiasa dan mungkin lebih menyukai perintah teks daripada grafis. Buka terminal (ctrl-alt-t) lalu ketik perintah berikut ini :

sudo adduser mintku

screenshot:
Adding user `mintku' ...
Adding new group `mintku' (1002) ...
Adding new user `mintku' (1002) with group `mintku' ...
Creating home directory `/home/mintku' ...
Copying files from `/etc/skel' ...

Buatlah password (kata kunci) untuk akun baru Linux Mint yang kita buat, masukan password sebanyak dua kali untuk verifikasi :

Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully

Selanjutnya membuat nama dan informasi yang diperlukan pada akun pengguna :

Changing the user information for mintku
Enter the new value, or press ENTER for the default
Full Name []:
Room Number []:
Work Phone []:
Home Phone []:
Other []:
Is the information correct? [Y/n] y

Bila ingin mengosongkan data-data mengenai akun pengguna (seperti terlihat diatas), Klik saja tombol Enter, lalu ketik y pada Is the information correct?

Perintah diatas digunakan untuk menambahkan sebuah akun baru di Linux Mint dengan nama "mintku". Sebuah direktori "home" dengan nama "mintku" akan dihasilkan saat kita mengeksekusi perintah tersebut. Untuk menentukan "mintku" pada lokasi yang berbeda, kita dapat melakukannya dengan mengetikan perintah dibawah ini :

sudo adduser mintku --home=/var/home/mintku

Kita juga dapat menentukan folder "mintku" pada shell yang berbeda dengan mengetikan perintah berikut ini :

sudo adduser mintku --shell=/bin/bash

Jika kita tidak ingin membuat direktori home "mintku" gunakan perintah berikut ini :

sudo adduser "mintku" --no-create-home

Bila kita menginginkan untuk menghapus akun pengguna Linux Mint dengan nama "mintku" gunakan perintah seperti di bawah ini :

sudo deluser mintku

Namun, direktori home "mintku" tidak ikut terhapus, gunakan perintah berikut ini untuk menghapus direktori home :

sudo deluser mintku --remove-home

Bila direktori "mintku" memilik data yang diperlukan, kita dapat melakukan backup dengan mengetikan perintah seperti di bawah ini :

sudo deluser mintku --remove-home --backup-to /var/archives/

Kesimpulan


Sebaiknya setiap komputer memiliki setidaknya dua akun pengguna dengan jenis administrator dan standard. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada orang lain yang ingin meminjam komputer/laptop yang kita miliki. Dengan menggunakan jenis akun standard, maka pengguna tidak memiliki hak akses yang luas, dengan demikian, data dan sistem komputer menjadi lebih aman. Demikian cara membuat akun baru di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon