Monday 26 September 2016

12 Ekstensi Google Chrome Terbaik Yang Perlu Kita Tambahkan

Ekstensi Google Chrome - Google Chrome merupakan salah satu web browser terbaik dan terpopuler saat ini, bersaing dengan Firefox, Opera, Safari dan Edge. Chrome dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Google, dimana perambah situs web ini identik (hampir sama) dengan chromium (open source).

Seperti perambah situs web lainnya, Chrome juga diperkaya dengan ekstensi atau addons. Fungsi ekstensi ini sama untuk semua web browser yaitu mempermudah kita dalam menjelajah internet. Perbedaanya hanya pada nama dan fiture yang dimiliki, karena memang dibuat oleh orang atau perusahaan yang berbeda.

Bila anda pengguna sistem operasi Linux Mint dan belum memasang web browser Google Chrome, baca artikel saya mengenai “cara memasang Google Chrome 64-bit di Linux Mint”. Mengapa 64-bit? karena Google sudah tidak mendukung atau tidak memproduksi lagi Chrome 32-bit untuk Linux.

12 Ekstensi Google Chrome Terbaik Yang Perlu Kita Tambahkan

12 Ekstensi Google Chrome Terbaik


Setelah kita memasang Google Chrome pada sistem komputer, tentu kita ingin dapat menggunakan Chrome dengan baik. Salah satu fasilitas yang dapat kita gunakan untuk menunjang atau mempermudah kita dalam menggunakan Chrome adalah EKSTENSI Chrome.

Google Chrome memang kaya akan ekstensi, namun tentu saja tidak semua ekstensi tersebut kita gunakan, hanya seperlunya saja. Karena, bila kita terlalu banyak memasang ekstensi pada web browser, maka web browser tersebut akan menjadi lamban (lemot) akibat terbebani oleh ekstensi tersebut. Berikut ini beberapa ekstensi Google Chrome populer yang mungkin kita perlukan :

1. Earth View


Ekstensi Chrome yang satu ini akan menampilkan koleksi gambar peta dunia dari Google Earth. Setiap kali kita membuka tab baru di Google Chrome, akan ditampilkan background gambar peta dunia dengan tampilan acak (random). Sambil berinternet, kita bisa melihat-lihat peta dunia untuk menambah wawasan dan memperindah tampilan web browser Chrome, tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang menarik. Tidak hanya itu, kita juga dapat mengunduh gambar tersebut untuk di jadikan koleksi atau wallpaper desktop komputer.

2. Lazarus


Lazarus merupakan ekstensi Google Chrome yang digunakan untuk mencegah kehilangan data karena error/crash pada Chrome. Ekstensi ini sangat berguna bila kita sering mengisi formulir (form) secara online. Terkadang ketika kita sedang mengisi form di internet tiba-tiba Chrome Crash atau tanpa sengaja kita menekan tombol Back. Data yang sudah kita isi tersebut tentu akan hilang dan kita harus menuliskannya kembali dari awal.

Dengan Lazarus kita tidak perlu khawatir untuk kehilangan data pada saat mengisi form online. Lazarus akan melakukan recovery data dan kita tidak perlu menuliskan kembali dari awal.

3. Google Terjemahan


Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan terjemahan miliki Google yang mungkin sering kita gunakan untuk menerjemahkan berbagai bahasa dunia. Chrome menyediakan ekstensi Google Terjemahan untuk melihat (menterjemahkan) berbagai bahasa di dunia. Dengan memasang ekstensi ini, kita hanya perlu menyeleksi kata (paragraf) di dalam artikel dan selanjutnya klik ikon Google Terjemah untuk menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa lainnya.

4. Set Text Mode


Bagi sebagian orang yang gemar membaca online mungkin merasa terganggu dengan tampilan berbagai gambar pada artikel / situs web. Text Mode akan membantu kita supaya dapat membaca dengan tampilan tanpa warna (cenderung hitam/putih). Selain itu, text mode juga lebih ringan loading dan cocok pada mereka yang menggunakan koneksi internet sedikit lambat (lemot).

5. Save Text to Google Drive


Bila kita suka mencari dan mengumpulkan artikel untuk di baca di lain waktu, maka ekstensi yang satu ini dapat kita gunakan untuk melakukan hal itu. Save Text to Drive dapat menyimpan artikel dalam bentuk teks ke Google Drive tanpa video dan tanpa gambar. Jadi, sangat cocok bagi kita yang memang gemar membaca.

6. Black Menu


Black Menu atau menu hitam, mengapa namanya menu hitam? mungkin karena background menu ini berwarna hitam. Fungsi ekstensi ini adalah untuk membuka layanan Google ( Email, Youtube, G+, Google Maps, Drive dll) lewat sebuah pop-up window kecil. Sangat cocok bagi kita yang ingin terus memantau email dan tidak ingin membuka banyak tab baru. Yang pasti lebih simpel dan rapi dengan hanya membuka sedikit tab.

7. Pixlr


Bagi kita yang suka edit gambar atau foto, ekstensi ini perlu kita pasang pada Chrome. Pixlr sangat cocok bagi kita yang suka dengan design grafis. Tersedia juga versi aplikasi Pixlr Chrome yang dapat digunakan untuk editing gambar secara online maupun offline.


8. Scribfire


Bagi kita yang menyukai dunia bloging mungkin perlu memasang ekstensi Scribfire di web browser yang digunakan. Scribfire merupakan ekstensi idola para bloger karena memiliki fiture yang cukup lengkap untuk melakukan editing blog.


9. Unlimited Free  VPN - Hola


Ekstensi Chrome yang satu ini cocok bagi kita yang suka menjelajah dunia melalui internet. Terkadang ada beberapa konten internet yang hanya ditampilkan atau ditayangkan di negara tertentu saja. Dengan menggunakan Hola, Unlimited Free VPN, kita dapat melihat konten tersebut tanpa di batasi hak akses wilayah.


10. Awesome Screenshot


Ekstensi ini digunakan untuk mengambil gambar pada halaman web browser. Sama seperti aplikasi screenshot lainnya Awesome Screenshot cocok bagi kita yang sering mengambil gambar untuk keperluan tertentu. Lebih cepat dan simpel bila dibandingkan menggunakan aplikasi screenshot.

11. User-Agent Switcher For Google Chrome


Ekstensi ini cukup menarik dan sebaiknya kita memasangnya di perambah situs web Chrome. Dengan ekstensi ini, kita dapat menggunakan Google Chrome versi perangkat mobile (phone), User-Agent Switcher akan memberi beberapa pilihan Chrome versi mobile. Jadi, kita dapat membuka perambah situs web Chrome dengan tampilan seperti pada saat kita menggunakan Chrome di Handphone, Tablet atau perangkat mobile lainya. Tampilannya terlihat lebih simpel dan pastinya leih fast loading.

12. Send From Gmail


Bagi yang suka menulis dan mengirim email menggunakan akun Gmail (Google Mail), ekstensi ini mungkin akan banyak membantu untuk mengirim email tanpa perlu membuka tab atau windows baru di Google Chrome. Saat kita melakukan klik pada ekstensi Send From Gmail yang terletak di menu bar Chrome, maka akan terbuka window kecil sebagai tempat kita menulis email.

Cara Instal Ekstensi Chrome


Setelah memilih beberapa ekstensi terbaik Google Chrome, tentu kita ingin memasangnya untuk dapat digunakan dengan baik pada saat diperlukan. Cara pemasangannya cukup mudah, bagi yang sudah berpengalaman menggunakan web browser lainnya (Firefox, Opera, Safari, Internet explorer) tentu tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Berikut cara memasang ekstensi Google Chrome :
  1. Buka perambah situs web Google Chrome
  2. Login/masuk menggunakan akun Google (Gmail) yang kita miliki.
  3. Bila anda belum memiliki akun Google, buatlah terlebih dahulu, karena untuk memasang ekstensi Chrome, kita harus login menggunakan akun Google. Baca artikel saya mengenai cara membuat akun baru Google Mail (Gmail) gratis!
  4. Buka/masuk ke Toko Web Chrome
Ketik chrome://apps pada kolom alamat web, selanjutnya pilih Toko Web
  1. Pada Toko Web Chrome ketik pada kolom pencarian nama ekstensi yang akan kita install
  2. Klik tombol TAMBAH KE CHROME pada ekstensi yang akan kita tambahkan/install di Google Chrome

Setiap kita menambahkan ekstensi ke dalam Chrome, akan muncul notifikasi (pesan) pemberitahuan untuk menambahkan ekstensi tersebut, klik saja TAMBAHKAN. Setelah proses penambahan ekstensi selesai, akan muncul pesan bahwa ekstensi tersebut telah ditambahkan ke dalam Chrome.

Kesimpulan


Google Chrome merupakan salah satu perambah situs web yang memiliki banyak pengguna. Hal ini dikarenakan Chrome memang memiliki banyak fiture yang menawarkan kemudahan kepada penggunanya saat berselancar di internet dengan kualitas yang baik. Salah satu fiture tersebut adalah tersedianya banyak ekstensi dengan beragam fungsi. Google Chrome juga memiliki tampilan yang ramping dan rapi serta ringan berjalan di komputer. Demikian 12 Ekstensi terbaik Google Chrome yang perlu kita tambahkan untuk mempermudah aktivitas kita dalam menjelajah internet, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon