Monday 26 September 2016

10 Cara Supaya Akun Yahoo Tidak Mudah Di Bobol (Diretas)

Supaya Akun Yahoo Tidak Mudah Di Retas - Setelah kita membuat akun email baru di Yahoo mail, tentu ingin agar akun email yang kita miliki aman dari para peretas yang tidak bertanggungjawab. Email memang sangat diperlukan oleh mereka yang sering melakukan transaksi dan aktivitas surat-menyurat menggunakan media elektronik dan internet. Yahoo menyediakan layanan email gratis dengan kapasitas penyimpanan mencapai 1 TB, kapasitas yang sangat besar untuk sebuah layanan email gratis! Bila anda belum memiliki akun email Yahoo, bisa membaca artkel saya mengenai cara membuat akun email baru di Yahoo mail (Ymail) gratis!

Baru-baru ini Yahoo mengumumkan bahwa data 500 juta pengguna Yahoo telah diretas (22/9/2016). Hal ini menyebabkan pengguna aktif Yahoo menjadi khawatir apabila data mereka yang dicuri oleh peretas disalahgunakan untuk kepentingan pihak tertentu yang tidak bertanggungjawab. Apalagi menurut laporan resmi Yahoo, data pengguna yang ikut dicuri mencakup Nama, Email, Nomor Telepon, Tanggal Lahir, Kata sandi Hash dan pertanyaan keamanan baik yang belum maupun yang sudah dienkripsi.

Yahoo berusaha bekerjasama dengan penegak hukum secara intensif untuk mempelajari lebih jauh mengenai peretasan itu.  Federal Bureau  of Investigation  (FBI)  sudah mengetahui kasus peretasan Yahoo ini dan turut membantu melakukan investigasi untuk mengetahui  siapa pihak yang bertanggungjawab di balik aksi pembobolan tersebut. Semoga saja masalah ini cepat teratasi dan pihak Yahoo dapat menemukan peretas tersebut serta memperbarui sistem keamanannya menjadi lebih baik.

10 Cara Supaya Akun Yahoo Tidak Mudah Di Bobol (Diretas)

10 Cara Supaya Akun Yahoo Tidak Mudah Di Bobol (Diretas)


Supaya data dan info pribadi pada akun email Yahoo yang kita miliki menjadi aman, lakukan beberapa langkah berikut ini :
  1. Buatlah password (kata kunci) yang rumit dengan kombinasi angka, huruf kecil dan besar serta simbol atau tanda baca.
  2. Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti Tanggal lahir, Nomor KTP, Makanan favorit, Klub sepak bola idola, Artis idola, Binatang kesayangan atau hal lainnya yang mudah di tebak.
  3. Jangan menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda
  4. Perbarui pertanyaan keamanan secara berkala supaya password kita tidak bisa di retas. Pertanyaan keamanan adalah pertanyaan yang akan dilontarkan saat kita lupa password. Dengan memperbarui pertanyaan keamanan, maka  peretas akan kesulitan untuk mengganti password akun Yahoo yang kita miliki.
  5. Aktifkan two-way authentication yang memungkinkan supaya akun Yahoo hanya dapat dimasuki sesudah kita memasukkan password dan melanjutkannya dengan mengetikkan kode verifikasi yang dikirimkan langsung ke ponsel
  6. Agar akun Yahoo aman dari kemungkinan diretas, pastikan kita waspada dengan setiap situs yang kita kunjungi. Pastikan login ke situs yang asli dan bukannya situs phising atau situs yang mirip-mirip dengan tujuan mengelabui pengguna
  7. Jika kita menggunakan aplikasi tertentu yang bisa dihubungkan ke akun Yahoo milik kita, maka pastikan hanya menggunakan password sekali pakai atau one time password supaya aplikasi yang kita hubungkan tidak bisa mengambil alih kendali akun Yahoo milik kita
  8. Saat kita ingin mengganti ponsel, jangan lupa untuk mereset ponsel lama agar semua aplikasi yang terhubung dengan akun Yahoo terputus dan tidak bisa dimanfaatkan oleh orang lain
  9. Jika kita kehilangan ponsel coba lakukan penghapusan data ponsel dari jarak jauh. Namun bila kita tidak yakin apakah kita berhasil atau tidak dalam penghapusan data tersebut, maka kita dapat memutuskan hubungan akun Yahoo dengan aplikasi yang terinstal di ponsel via browser PC (komputer desktop). Selanjutnya silakan masuk ke menu setting keamanan dan putuskan atau unlink nama perangkat yang terhubung dengan akun Yahoo milik kita
  10. Waspadalah dengan keberadaan aplikasi-aplikasi premium hasil bajakan yang Anda dapatkan dari toko aplikasi gelap. Aplikasi-aplikasi premium yang telah diretas tersebut boleh jadi sudah disusupi dengan malware yang akan mengumpulkan informasi pribadi Anda dan mengirimkannya secara rahasia kepada pembuatnya.

Kesimpulan


Sebenarnya sangat disayangkan dengan adanya pembobolan dan pencurian data pengguna akun Yahoo ini. Karena, selama ini Yahoo merupakan layanan email dengan predikat baik dalam sistem keamanan. Semoga Yahoo dapat segera memperbaiki sistem keamanannya supaya tidak terjadi hal yang serupa di lain waktu. Bagi pengguna akun Yahoo tidak perlu risau dan khawatir, lakukan saja pembaruan sandi (password) dan pertanyaan keamanan setelah membaca artikel ini, saya sendiri juga pengguna akun Yahoo dan saya tetap menggunakannya. Demikian 10 cara supaya akun Yahoo tidak mudah diretas (dibobol), semoga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman kita dalam menggunakan akun Yahoo.

Ref : tabloidpulsa.co.id


EmoticonEmoticon