Saturday 21 May 2016

Customize Desktop Linux Mint Cinnamon Tema Perkantoran

Customize Desktop Linux Mint Cinnamon - Kebiasaan menyesuaikan lingkungan desktop komputer seringkali kita lakukan untuk memudahkan kita dalam mengoperasikannya. Tentu saja hal ini merupakan suatu bentuk kreativitas dalam hal menyusun antarmuka desktop komputer untuk mendapatkan tampilan terbaik sesuia dengan selera kita. Tidak hanya dalam bekerja saja, dalam aktivitas sehari-hari pun kita dapat menyesuaikan lingkungan desktop komputer menjadi lebih cantik, elegan dan menarik yang pastinya membuat kita lebih mudah dan nyaman dalam mengoperasikan komputer.

Customize Desktop Linux Mint Cinnamon "Tema Perkantoran"

Customize Desktop Linux Mint Cinnamon "Tema Perkantoran"


Saya akan merubah tampilan desktop Linux Mint Cinnamon dengan mengganti beberapa bagian dari desktop komputer supaya lebih mudah dalam mengerjakan tugas-tugas perkantoran. Di sisi lain saya juga ingin tampilan desktop Cinnamon lebih sedap dan sejuk dipandang mata.

Beberapa bagian yang akan saya ganti diantaranya adalah :
  1. Tema Linux Mint Cinnamon
  2. Ikon
  3. Gambar Latar Belakang
  4. Menambahkan aplikasi plank
  5. Mengaktifkan Systray Quickstarter LibreOffice

Gambar Latar Belakang


Pertama saya akan mengganti gambar latar belakang yang sesuai dengan tema perkantoran. Setelah memilih beberapa gambar pada "google search engine", akhirnya pilihan saya jatuh pada gambar ruang kerja kantor. Saya pikir gambar ini cukup baik untuk dijadikan background desktop.

Pengaturan sistem > Latar Belakang > Tambahkan Folder (tanda '+' di pojok kiri bawah) > Pilih Gambar

Tema Linux Mint Cinnamon


Sebenarnya tema standard Linux Mint Cinnamon bagi saya sudah memiliki tampilan yang bagus. Namun, saya ingin mengganti tema tersebut dengan tema lainnya dan saya memilih tema dengan nama "Mentha". Saya pikir tema ini memiliki tampilan yang cukup simpel dan tidak banyak bermain dengan warna, jadi cukup nyaman di mata kita.

Pengaturan sistem > Tema > Desktop > Pilih Tema

Ikon Linux Mint


Ikon yang akan saya gunakan diambil dari ikon vibrancy-color. Pada vibrancy-color, kita dapat memilih ikon sesuai dengan warna yang kita sukai dan saya lebih suka dengan warna hijau. Ikon pilihan saya tersebut bernama Vibrancy-light-green-viva. Ikon bisa kita download di situs gnome-look, lalu salin dan tempel di folder ~/usr/share/icons . Setelah ikon terpasang di dalam sistem, kita dapat menggunakan ikon tersebut melalui jendela pengaturan tema > ikon .

Untuk batas jendela saya menggunakan tema "Libra Dark" dan Jendela Kontrol saya menggunakan tema "Ambiance"

Systray Quickstarter LibreOffice


Sebenarnya kita dapat membuat tombol shortcut pada dekstop untuk komponen LibreOffice (writer, calc, impress, draw dan math). Namun, saya lebih suka untuk mengaktifkan Systray Quickstarter LibreOffice di panel Linux Mint. Dengan Quickstarter kita dapat mengakses berbagai komponen LibreOffice dengan lebih mudah dan cepat.

Pada jendela LibreOffice :

Buka salah satu komponen LibreOffice > Tools > Options

Pada jendela Options :

LibreOffice > Memory > Centang tombol "Enable Systray Quickstarter"

Secara otomatis tombol Quickstarter akan menempatkan diri di panel Linux Mint.

Menambahkan Aplikasi Plank


Plank merupakan aplikasi dock sistem linux dan dapat berjalan dengan baik di Linux Mint. Selain memiliki tampilan yang simpel dan kaya akan tema, plank juga ringan berjalan di sistem komputer. Hal inilah yang membuat saya lebih memilih plank dibandingkan aplikasi dock lainnya. Untuk memasang plank pada sistem Linux Mint, ketik perintah berikut ini di terminal linux.

#Install Plank Dock

sudo add-apt-repository ppa:docky-core/stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank

#Tambahkan tema Plank

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank-themer
cd /tmp/ && ./Replace.sh;cd

Pada Linux Mint versi 18 ke atas, aplikasi plank sudah masuk dalam repository Linux Mint, jadi kita tidak perlu menambahkan ppa pihak ke-3 dalam sistem Linux Mint

Saya menempatkan beberapa tombol di dock Plank untuk mempermudah dalam mengerjakan tugas-tugas seputar perkantoran diantaranya adalah : Shutter (Screenshot), xpad (pembuat catatan kecil) , foobnix (music player), gedit (penyunting teks), Firefox (perambah internet), Terminal, nemo (perambah file), Thunderbird (mail client) dan KOrganizer (pembuat jadwal)

Kesimpulan


Banyak cara untuk membuat tampilan desktop Linux Mint Cinnamon menjadi lebih menarik dengan banyaknya tema yang tersedia. Dengan demikian, kita dapat membuat lingkungan dekstop Linux Mint Cinnamon menjadi semenarik mungkin sesuai dengan selera kita, seperti tema perkantoran ini. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon