Saturday 21 May 2016

Mencari File Di Linux Mint Cinnamon Menggunakan Tombol Pencarian Nemo

Mencari File Dengan Nemo File Manager - Pengguna Linux Mint Cinnamon pastinya tidak asing lagi dengan Nemo File Manager yang merupakan peramban file default sistem. Nemo sendiri merupakan percabangan dari gnome file manager yang awalnya bernama Nautilus.  Banyak yang bisa kita lakukan dengan nemo file manager dan salah satunya adalah pencarian file.

Letak tombol pencarian file berada di bilah alat nemo berupa ikon berbentuk kaca pembesar. Melalui tombol inilah Kita dapat mencari file di media penyimpanan komputer berdasarkan nama file. Kita juga bisa menggunakan tombol keyboard [ctrl+f] untuk membuka kolom pencarian di nemo file manager ini.

Mencari File Di Linux Mint Cinnamon Dengan Nemo

Mencari File Di Linux Mint Cinnamon Dengan Nemo File Manager


Pastikan nama file yang akan kita cari dan kalau bisa tulis secara lengkap supaya mendapatkan hasil yang akurat dan kita tidak perlu menyortir file. Dalam pencarian sebuah file, nama file merupakan bagian penting dan harus kita ingat betul. Bila kita lupa nama file yang kita cari, masih ada cara lain untuk mendapatkan file tersebut dan hal ini bukan sesuatu yang mudah bila jumlah file dengan jenis atau format yang sama dalam jumlah yang banyak.

Selain mencari file berdasarkan nama, kita juga dapat menambahkan kriteria lainnya berdasarkan jenis atau kategori file, misalnya : dokumen, musik, gambar, video, ilustrasi, lembar kerja, presentasi, pdf/postscript, file teks atau tipe lainnya.

1. Buka File Manager Nemo


Silahkan buka nemo file manager melalui Menu atau mengetikan perintah teks di dalam terminal nemo. Setelah itu kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbagai hal yang berhubungan dengan file, termasuk menggunakan “Pencarian file”. Kita bisa menggunakan nemo sebagai super user dengan cara klik kanan lalu pilih “Buka Sebagai root” atau pada terminal linux ketik sudo nemo lalu masukan password super user

2. Menentukan Lokasi Penyimpanan File


Beranda atau home menjadi lokasi awal yang terbuka saat pertama kali kita membuka nemo file manager. Kita dapat berpindah direktori ke tempat penyimpanan file melalui jendela nemo ini.

Klik tombol/ikon berupa kaca pembesar di sebelah kanan jendela nemo file manager atau menggunakan tombol papan ketik [ctrl+f]. Setelah itu akan terlihat kolom pencarian dan beberapa tombol fungsi :
  • Lokasi Folder - Tombol ini digunakan untuk mencari file sesuai dengan folder tempat menyimpan file.
  • All Files - Tombol ini digunakan untuk mencari file di semua tempat penyimpanan file di dalam komputer.
  • Kolom Pencarian - Tempat kita mengetikan nama file yang akan kita cari.
  • Tanda + 'besar' - Digunakan untuk menambah kriteria baru di pencarian file.

3. Menambah kriteria baru pencarian


Untuk melakukan pencarian file secara spesifik, kita dapat menambahkan kriteria pencarian file berdasarkan jenis file seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Pilih tipe lainnya untuk melihat lebih banyak tipe file, antara lain :
  • File Arsip (7-zip, Bzip, AR, Bzip, Java, LHA, buku komik, RAR, Tar dll)
  • File Audio ( midi, aac, webm, flac, mp3, mp2, ogg, opus, wav, xmf dll)
  • File Citra ( 3D Studio, CD Mentah, EPS, GIF, GIMP, JPEG, JNG, JPEG-2000,PNG dll)
Dan masih banyak pilihan jenis file lainnya.

4. Ketik Nama File


Setelah menentukan lokasi dan tipe file, selanjutnya kita tinggal mengetikan nama file di kolom pencarian tanpa perlu menekan tombol 'enter'.

Sebaiknya kita cermat dalam mengetikan nama file dan menentukan kriteria file supaya hasil pencarian benar-benar tepat. Dengan begitu, kita tidak perlu banyak menyortir file yang memiliki kriteria dan nama yang hampir sama.

Kesimpulan


Pencarian file menggunakan aplikasi memang kita perlukan bila file yang berada di tempat penyimpanan berjumlah banyak. Seringkali kita menemui kesulitan saat mencari file secara manual dan terkesan memakan waktu lama.

Demikian cara mencari file dengan menggunakan tombol pencarian di nemo file manager Linux Mint. Untuk mencari file di sistem operasi Linux Mint mate, anda dapat menggunakan alat pencarian default mate. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon