Thursday 23 November 2017

Mozilla Firefox Quantum (57), Loading Lebih Cepat + Privacy Protection

Tags

Mozilla Firefox Quantum - Pengguna web browser Mozilla Firefox kini dapat menikmati versi baru dari peramban internet open source ini. Berbeda dengan rilis sebelumnya, Mozilla Firefox versi 57 “Quantum” menggunakan tampilan baru dengan loading yang jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Seperti yang tertera di blog Mozilla Firefox (https://blog.mozilla.org/), bahwa browser versi baru yang dikeluarkan oleh Mozilla ini memiliki loading yang lebih cepat dari Chrome. Apalagi dalam mode “private browsing”. Ketika dilakukan pengujian dengan membandingkan antara Mozilla Firefox Quantum “Private Browsing” dengan Google Chrome “Incognito” Firefox jauh lebih cepat, 2.4x lebih cepat dari Chrome. Versi Quantum ini merupakan browser tercepat yang pernah dirilis, dua kali lebih cepat dari versi 52.


Sejak tahun 2015, Mozilla Firefox menyertakan fiture “tracking protection” sebagai fiture default mode private browsing. Pada versi Quantum ini, fiture tersebut juga tetap disertakan, dengan demikian kita dapat melakukan browsing internet dengan lebih aman dan cepat.

Mozilla Firefox Quantum (57), Loading Lebih Cepat  + Privacy Protection

Cara Install Mozilla Firefox Quantum (57)

Mozilla Firefox merupakan aplikasi default sistem distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Kita dapat menggunakannya langsung tanpa perlu install lagi. Namun, untuk menggunakan versi Quantum ini, kita perlu melakukan upgrade aplikasi yang terdapat di repository Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Silahkan jalankan terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

Mint, Ubuntu :
sudo apt update

lalu
sudo apt install firefox

Sementara pada distro Linux Debian (versi 9 Stretch) menggunakan paket Mozilla Firefox_ESR (versi 52) dan untuk menggunakan versi terbaru dari peramban internet gratis ini, kita dapat install secara manual menggunakan file DEB atau menggunakan paket aplikasi yang terdapat di unstable repository Debian Stretch.


  • Download Firefox pada link berikut ini : https://www.mozilla.org/en-US/firefox/all/ , pilih bahasa dan platform sistem operasi komputer yang anda pakai (misalnya : Linux 64bit)
  • Ekstrak file hasil download lalu pindahkan folder hasil download (firefox) ke folder /opt/ , ketik perintah teks di bawah ini :
sudo mv firefox /opt/firefox57

  • Selanjutnya ketik perintah teks di bawah ini :
sudo ln -s /opt/firefox57/firefox /usr/bin/firefox57

  • Setelah itu kita dapat menjalankan Firefox melalui terminal, silahkan ketik perintah teks firefox57 di terminal Linux.
  • Buat pelunjur (launcher) Firefox di desktop komputer atau panel Linux untuk memudahkan kita dalam menjalankan Mozilla Firefox hasil install secara manual ini.

Mozilla Firefox Quantum (57), Loading Lebih Cepat  + Privacy Protection

  • Klik kanan pada desktop komputer lalu pilih “Create Launcher”  akan muncul jendela pembuatan launcher aplikasi di Linux. Silahkan isi pada setiap kolom yang tersedia seperti berikut ini : Type = Application, Name = Mozilla Firefox, Command = firefox57, Comment = Launcher Firefox

Tampilan Baru Mozilla Firefox Quantum (57)

Mozilla Firefox Quantum juga melakukan perubahan pada tampilannya. Dengan demikian, kita tidak menjadi cepat bosan dengan tampilan yang dibawa pada peramban situs web ini. Secara keseluruhan, tampilannya cukup menarik dan perubahan ini memang diperlukan untuk tampil lebih fresh dan tidak monoton. Tampilan menu, tab browser dan toolbar pada Mozilla Firefox Quantum mengalami perubahan. Kita dapat melakukan edit halaman situs web populer untuk keperluan akses cepat melalui dengan tampilan yang lebih baik. Dengan fiture baru yang dibawa pada Quantum ini, akan membuat anda lebih mudah dalam menggunakan web browser ini.

Cara Mengaktifkan Tracking Protection Di Mozilla Firefox

Kita dapat mengaktifkan tracking protection melalui menu Firefox. Secara default tracking protection sebenarnya sudah aktif namun, hanya terdapat pada mode private browsing saja, kita dapat merubah pengaturannya untuk selalu menggunakan tracking protection pada semua mode atau bila anda tidak ingin menggunakan fiture ini maka, pilih “Never”.

Mozilla Firefox Quantum (57), Loading Lebih Cepat  + Privacy Protection

Menu > Preferences > Privacy & Security > Tracking Protection > Pilih Always

Fungsi tracking protection pada peramban situs web yaitu untuk memberikan akses aman pada pengguna web browser saat menjelajah di dunia maya. Tracking protection akan melindungi aktivitas penggunanya dari kegiatan pengambilan data oleh web site, termasuk melakukan pemblokiran pada beberapa element web site yang mungkin digunakan untuk mengambil data aktivitas pengguna. Demikian sekilas mengenai Mozilla Firefox Quantum semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon