Thursday 23 November 2017

Cara Mengganti Bahasa Di Mozilla Firefox Browser

Tags

Cara Mengganti Bahasa Di Mozilla Firefox – Bahasa di Mozilla Firefox dapat kita ganti sesuai keinginan, termasuk ke dalam Bahasa Indonesia. Cara merubah bahasa di Mozilla Firefox mungkin berbeda dengan web browser lainnya namun, pada intinya kita mengganti tampilan antarmuka peramban situs web menggunakan bahasa yang kita inginkan. Cara ini dapat diterapkan pada semua sistem operasi komputer termasuk Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Bagi pengguna sistem operasi komputer Windows dan Mac OS X juga dapat menggunakan cara ini.

Bila anda bukan pengguna distro Linux Mint, Ubuntu atau Debian, mungkin anda akan melakukan install Mozilla Firefox secara manual dengan cara mendownload file installer di situs web mozilla.org. Bagi pengguna sistem operasi komputer Linux Mint, Ubuntu dan Debian, sebenarnya tidak perlu menginstallnya lagi karena, aplikasi ini merupakan peramban situs web default sistem Linux tersebut. Hanya saja, sebagian dari mereka mungkin lebih suka menginstall aplikasi ini secara manual untuk memperoleh versi terbaru dari peramban situs web open source ini.



Ketika kita download file installer Mozilla Firefox untuk kita install di sistem komputer yang kita pakai, kita dapat memilih bahasa sesuai keinginan. Dengan demikian kita dapat memilih bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Sama seperti Firefox bawaan sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian yang menggunakan bahasa sesuai dengan yang kita tentukan saat instalasi distro Linux tersebut .

Pengguna Mozilla Firefox mungkin ingin menggunakan beberapa bahasa dalam satu web browser, dimana kita dapat menganti bahasa Firefox sesuai dengan keinginan kita. Bagi yang bertempat tinggal di Indonesia, mungkin akan lebih suka menggunakan bahasa Indonesia atau bila anda ingin menambah pengalaman dalam menggunakan bahasa, anda dapat menginstall berbagai bahasa di dunia yang sudah didukung oleh peramban situs web ini.

Cara Mengganti Bahasa Di Mozilla Firefox Browser

Cara Mengganti Bahasa Di Mozilla Firefox Browser

Cara mengganti bahasa di Mozilla Firefox cukup mudah, kita tinggal download add-ons bahasa yang kita inginkan lalu ubah pengaturan bahasa sesuai dengan keinginan.

  • Pertama Tambahkan add-ons bahasa ke dalam Mozilla Firefox browser dengan cara sebagai berikut : Misalnya bahasa Indonesia. Klik menu ⇾ add-ons ⇾ search ⇾ available add-ons ⇾ ketik indonesian (ID) language pack for firefox ⇾ klik install atau kunjungi alamat situs web ini : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/language-tools/ lalu pilih bahasa dan setelah itu klik tombol +Add to firefox
  • Setelah itu masuk ke pengaturan konfigurasi, silahkan ketik about:config pada addres bar Firefox. Setelah itu klik tombol I Accept the risk. Pada menu config, ketik intl.locale.matchOS , bila masih dalam kondisi true, klik dua kali untuk menonaktifkannya sehingga menjadi false.  
  • Selanjutnya, masih dalam jendela pengatuan konfigurasi Firefox, ketik general.useragent.locale , klik kanan lalu pilih Modify, silahkan ganti en-us (English/American) dengan id (Indonesian) untuk merubah bahasa di Mozilla Firefox ke dalam bahasa Indonesia. Mengenai daftar kode bahasa yang dipakai sebagai standard dapat anda lihat pada alamat situs web ini :  https://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms533052(v=vs.85).aspx
  • Setelah itu, klik pada menu ⇾ Quit untuk keluar dari jendela Mozilla Firefox browser. Ketika kita menjalankan aplikasi ini lagi maka, bahasa antarmuka yang digunakan sudah sesuai dengan pengaturan yang baru saja kita ubah (bahasa Indonesia).

Mungkin pada Firefox yang anda gunakan tidak mendapati pengaturan seperti diatas, anda dapat menggunakan cara berikut ini :

  • Tambahkan add-ons bahasa yang akan anda pakai di Firefox
  • Buka pengaturan konfigurasi Firefox, ketik about:config di address bar Firefox
  • Tambahkan pengaturan baru yaitu intl.locale.requested lalu masukan kode bahasa yang akan anda gunakan, misalnya : en-us (Inggris-Amerika) atau id (Indonesia).

Bila kita menginstall lebih dari satu bahasa, kita dapat mengatur language pack pada menu ⇾ add-ons ⇾ Languages. Dari sini kita dapat menghapus dan menonaktifkan paket bahasa di Mozilla Firefox browser.

Mozilla Firefox pada awalnya bernama Phoenix. Web browser gratis multiplatform ini dikembangkan oleh mozilla foundation. Banyak distro Linux populer yang menggunakan peramban situs web ini sebagai aplikasi default seperti misalnya: Debian, Ubuntu, Linux Mint, Manjaro dan lain-lainnya.

Demikian cara mengganti bahasa di Mozilla Firefox browser, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon