Monday 25 September 2017

Cara Membuat Blog Di Blogger (Blogspot) Untuk Pemula

Tags

Membuat blog - Blog merupakan salah satu media dengan fungsi yang beragam, bisa digunakan untuk menulis catatan harian, publikasi, promosi produk atau yang lainnya. Membuat blog sekarang ini tidaklah sulit, banyak layanan blog gratis yang bisa kita gunakan untuk menyalurkan hobi dan kreativitas kita dalam bentuk tulisan, gambar maupun video. Salah satu layanan blog populer yang banyak dipakai oleh para “Bloger” yaitu blogger.com yang merupakan layanan blog milik perusahaan Google, Inc.

Membuat blog di blogger.com dapat kita lakukan menggunakan perangkat komputer desktop, laptop, netbook, smartphone, tablet atau perangkat komputer lainnya yang terhubung dengan jaringan internet. Blogger merupakan layanan blog gratis menggunakan nama domain .blogspot.  Bila kita ingin menggunakan nama domain sendiri maka, kita dapat membeli nama domain yang bisa kita peroleh di penyedia layanan domain untuk blog.

Meskipun bersifat gratis, blogger.com menyediakan fiture yang cukup lengkap. Tidak hanya itu saja, bagi pengguna blogger.com dengan nama domain .blogspot dapat menggunakan fiture “https” secara gratis sehingga keamanan blog akan semakin terjaga dengan baik.

Penyedia layanan blog lain yang cukup populer yaitu wordpress.com, blog.detik.com, tumblr.com, mywablog.com, blog.com, weebly.com, medium.com, livejournal.com dan lain-lainya.

Membuat blog di blogger.com cukup mudah, meskipun anda belum pernah membuat blog sebelumnya. Dengan memiliki blog, anda dapat menulis berbagai aktivitas harian anda, tutorial, promosi produk, publikasi dan berbagai hal menarik lainnya. Tidak hanya itu saja, blog yang kita miliki juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang “monetize”.

Cara Membuat Blog Di Blogger Blogspot Untuk Pemula

Membuat blog di blogger.com dapat menggunakan perangkat komputer desktop, laptop, smartphone dan caranya relatif sama. Menggunakan komputer desktop atau laptop tentu lebih mudah karena, memiliki layar yang lebih luas dengan fiture yang lebih lengkap.

1. Membuat Akun Gmail (Google Mail)

Untuk dapat membuat blog, kita harus memiliki akun Google Mail atau bisa juga disebut dengan akun Google.  Akun Gmail terintegrasi dengan berbagai layanan Google, termasuk blogger.com. Bila anda sering menggunakan produk-produk Google, sebaiknya memiliki akun Gmail.

Membuat akun Gmail cukup mudah, kita tinggal siapkan data diri lalu buka alamat situs web mail.google.com dan setelah itu klik pada tombol “Create Account” atau “Buat Akun”. Selanjutnya isi data diri pada form yang tersedia, lalu klik tombol “Next”. Ikuti saja setiap instruksi yang muncul saat pembuatan akun Gmail sampai selesai. Selengkapnya klik pada tautan di bawah ini :

Baca juga : Cara membuat akun baru Gmail

2. Sign Ke blogger.com

Setelah memiliki akun Gmail, lalu buka peramban situs web yang terdapat pada komputer yang anda gunakan (Mozilla Firefox, Chrome, Opera, Edge, Safari). Buka  alamat situs web blogger.com lalu klik pada tombol “Sign” atau "Create your blog"    .

Gunakan akun Gmail yang baru saja anda buat untuk masuk ke halaman blogger.com dan setelah itu anda akan diminta untuk membuat “Profile Blogger” atau “Profile Google+”.  Gunakan saja Profile Google+ untuk menampilkan profile secara lebih lengkap. Namun, bila anda ingin menggunakan profile diri yang terbatas, dapat menggunakan “Profile Blogger”.

3. Membuat Profile

Misalnya anda akan menggunakan Profile Blogger maka, klik pada tombol “Buat Profile Blogger Terbatas” dan setelah itu isi “Profile” sesuai dengan yang anda inginkan. Bila anda ingin berganti menggunakan Profile G+, itu dapat di lakukan melalui Menu Setelan (Settings) blog.

Cara Membuat Blog Di Blogger Blogspot Untuk Pemula, Membuat profile google+

Selah itu isi Nama tampilan dengan nama anda atau nama blog yang nantinya akan di tampilkan sebagai profile dari blog yang anda miliki. Klik tombol “Lanjutkan ke Blogger”.

Setelah melewati tahap ini anda akan memasuki “dashboard” blogger.com dan siap untuk membuat blog baru platform “blogspot”.

4. Buat Blog Baru

Lihat pada sisi sebelah kiri atas dashboard blogger.com, klik pada tombol Menu “Blog Baru” untuk membuat blog pertama kalinya. Setelah itu akan muncul jendela kecil berisi form untuk membuat blog baru platform blogspot.

Cara Membuat Blog Di Blogger Blogspot Untuk Pemula

Judul : Isi dengan judul blog, misalnya : panduan blog untuk pemula
Alamat : Isi dengan alamat blog (url blog), misalnya : blogpemula.blogspot.com
Tema : Pilih salah satu tema yang disediakan oleh blogger.com
Buat blog : Klik tombol “Buat blog!” setelah selesai mengisi semua form yang tersedia.

# Alamat Blog
Gunakanlah alamat blog yang sesuai dengan tema blog dan sebaiknya tidak terlalu panjang dan mudah diingat oleh pengunjung blog.

Alamat blog yang akan kita buat tidak boleh sama dengan alamat blog lain yang sudah terlebih dahulu ada. Oleh karena itu sebaiknya kita siapkan terlebih dahulu nama alamat blog yang unik dan belum pernah digunakan oleh pengguna blogger lainnya. Kita dapat menggunakan huruf, angka, titik, strip dalam membuat nama blog.

#Tema Blog
Blogge.com menyediakan beberapa jenis tema, mulai dari tema dengan tampilan simple (sederhana) sampai yang dinamis seperti tema tema pada wordpress. Kita dapat memilih tema sesuka hati, sesuai dengan selera masing-masing. Namun, bila anda ingin melakukan “Customize” atau merubah tampilan tema sendiri, sebaiknya gunakan tema simple (Sederhana, Jendela Gambar, PT Keren Sekali, Tanda Air, Kelembutan, Perjalanan) karena, lebih mudah di-customize. Sementara untuk tema yang lain menggunakan tampilan dinamis yang lebih sulit untuk di “customize” sendiri terutama oleh blogger pemula.

Tema Blogger :
  • Contempo
  • Soho
  • Emporio
  • Terkemuka
  • Sederhana
  • Tampilan Dinamis
  • Jendela Gambar
  • PT Keren Sekali
  • Tanda Air
  • Kelembutan
  • Perjalanan

Sampai di sini kita sudah berhasil membuat blog baru platform blogspot. Sebelum mulai menulis artikel, sebaiknya lakukan beberapa perubahan pada setelan (pengaturan) blog untuk hasil yang lebih baik.

Selain tema yang disediakan oleh blogger, kita juga dapat menggunakan tema dari luar blogger.com, yaitu tema yang dibuat oleh selain blogger.com yang bisa kita peroleh secara gratis maupun berbayar. Jadi, bila kita tidak terlalu suka dengan tema bawaan blogger.com, kita dapat menggunakan tema lainnya dari luar blogger.com setelah pembuatan blog selesai melalui Menu Tema blog.

Kesimpulan

Blogger.com merupakan layanan blog miliki Google yang menyediakan platform blog gratis dengan domain blogspot. Bagi mereka yang hobi menulis mungkin perlu memiliki blog untuk menyalurkan hobinya dan blogger.com bisa menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang baru mulai atau belajar menulis di blog. Selanjutnya Baca : Cara Mengatur Setelan Blog di Blogger blogspot


EmoticonEmoticon