Thursday 2 February 2017

Cara Mengganti Search Engine Mozilla Firefox

Cara Mengganti Default Search Engine Firefox Browser – Pengguna peramban situs web Firefox dapat merubah atau mengganti default search engine yang digunakan dengan cara yang cukup mudah. Setiap peramban situs web akan menerapkan default search engine atau mesin pencari yang nantinya akan difungsikan sebagai mesin pencari ketika kita mengetikan kata pada kolom pencarian web browser. Firefox juga memiliki beberapa default search engine yang bisa kita gunakan sesuai selera masing-masing pengguna Firefox browser.

Nama-Nama Search Engine Populer


Pengguna sistem operasi Linux Mint, Ubuntu dan beberapa distro linux lainnya yang menggunakan Firefox sebagai peramban situs web default sistem dapat mengganti default search engine melalui menu preferences ─ search. Hanya saja daftar search engine yang terdapat di sana mungkin berbeda-beda antara distro linux yang satu dengan yang lainnya. Hal ini tergantung dari setiap distro linux dalam memasukan search engine ke dalam aplikasi peramban situs web Firefox yang digunakan sebagai aplikasi default sistem distro linux tersebut.

Berikut ini beberapa nama dari search engine populer yang sering digunakan :
  1. Google
  2. Yahoo
  3. Bing
  4. Yandex
  5. Baidu
  6. AOL
  7. Ask.com
  8. Amazon.com
  9. Wikipedia
  10. Dan lain-lainnya

Cara Mengganti Searh Engine Mozilla Firefox


Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Firefox browser di perangkat komputer yang anda miliki. Baik itu laptop, komputer desktop atau di dalam smartphone. Firefox support berbagai platform komputer dan sistem operasi.

Pengguna sistem operasi Linux Mint dan Ubuntu tidak perlu instal Firefox karena aplikasi ini merupakan aplikasi default sistem ke dua distro linux tersebut. Firefox banyak digunakan sebagai aplikasi web browsr distro linux karena kunggulannya dibandingkan dengan web browser lainnya.

Merubah default search engine merupakan satu dari beberapa fasilitas yang ada di Firefox dan ini dapat kita lakukan dengan cukup mudah hanya beberapa klik saja maka Firefox sudah menggunakan default search engine yang kita inginkan.

Cara Merubah Mesin Pencarian Default Firefox Browser
  1. Jalankan Firefox browser
  2. Klik pada Menu ─ Pengaturan (Preferences)
  3. Klik pada Menu Pencarian (Search)
  4. Lihat pada bagian Mesin Pencari Baku
  5. Pilih salah satu mesin pencari yang tersedia pada tombol pemilih mesin pencari default Firefox browser
  6. Buka tab baru Firefox dan sekarang mesin pencari default Firefox sudah sesuai dengan pengaturan yang baru kita ubah
Firefox untuk Ubuntu menggunakan mesin pencari Google sedangkan pada Linux Mint menggunakan mesin pencari Yahoo sebagai default search engine Firefox browser. Pengguna Ubuntu 16.04.1 LTS dapat memilih beberapa search engine default pada Firefox browser yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Google
  2. Amazon
  3. DuckDuckGo
  4. Wikipedia
Sedangkan untuk pengguna Linux Mint dapat memilih beberapa default search engine Firefox browser berikut ini :
  1. Yahoo
  2. Startpage
  3. DuckDuckGo
  4. Twitter
  5. Amazon.com
  6. Wikipedia
Firefox yang di instal secara manual pada berbagai sistem operasi komputer mungkin akan berbeda dalam menyajikan daftar search engine yang bisa kita gunakan

Mengapa kita mengganti mesin pencarian default Firefox browser ?

Google search engine merupakan salah satu mesin pencari paling populer dan terbesar saat ini sedangkan untuk Yahoo dan Bing masih kalah populer. Terkadang kita ingin menggunakan mesin pencarian selain Google, Yahoo dan Bing tergantung dari kebutuhan kita dalam melakukan aktivitas di internet. Untuk itulah kiranya kita perlu mengganti default search engine pada peramban situs web yang kita gunakan untuk memudahkan dan mendapatkan hasil yang terbaik dalam mencari alamat situs web yang kita inginkan.

Demikian cara merubah default search engine pada Firefox browser di berbagai sistem operasi komputer yang kita gunakan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua, sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon