Friday 2 December 2016

Cara Menambahkan Tema MS Office 2013 Di LibreOffice

Tags

Mempercantik tampilan LibreOffice - LibreOffice adalah aplikasi perkantoran berbasis open source yang memiliki banyak tema menarik. Salah satu tema ikon toolbars yang bisa kita gunakan di LibreOffice yaitu tema MS Office 2013.   Tema ini dapat kita tambahkan secara manual (offline) dengan mengunduh file tema MS Office 2013 di situs deviantart.

Selain tema ikon LibreOffice seperti Sifr, Tango, Human, Elementary, Galaxy, Breeze, Oxygen dan Hight Contrast, kita dapat menambahkan satu ltema ikon lagi tema LibreOffice yang memiliki tampilan cukup menarik yaitu MS Office 2013. Menambahkan beberapa tema ikon bertujuan untuk mempercantik tampilan LibreOffice supaya enak dilihat dan tampilan menjadi lebih bervariasi. Selain tema ikon, kita juga dapat mempercantik tampilan LibreOffice dengan menggunakan tema Firefox yang bisa kita lakukan melalui pengaturan personalisation.

Bila kita sering menggunakan aplikasi perkantoran default Linux Mint ini, kita dapat mengeksplor setiap bagian setelan dan pengaturan untuk mempercantik dan menambah fungsi LibreOffice supaya memilik tampilan yang lebih baik seperti yang kita inginkan. Memang bagi pengguna baru LibreOffice mungkin akan mendapati LibreOffice berbeda dengan MS Office. Namun, setelah menggunakan LibreOffice dalam mengerjakan tugas sehari-hari, kita akan terbiasa dan meskipun aplikasi perkantoran yang bersifat gratis namun, fiture-fiture yang dimiliki LibreOffice tidak kalah dengan MS Office.

Pengguna LibreOffice calc juga dapat mempercantik tampilan spreadsheet dengan menggunakan tema calc yang sudah tertanam di dalamnya. Setidaknya ada 17 tema menarik yang bisa kita terapkan untuk mempercantik tampilan LibreOffice calc. Dengan sering mengganti tema LibreOffice, kita menjadi tidak bosan dan jenuh saat mengerjakan berbagai tugas sekolah atau pekerjaan menggunakan aplikasi perkantoran open source yang powerfull ini.

Menambahkan Tema MS Office 2013 Di LibreOffice

Menambahkan Tema MS Office 2013 Di LibreOffice


Setelah mengunduh tema MS Office 2013 (http://charliecnr.deviantart.com/art/Office-2013-theme-for-LibreOffice-512127527), kita dapat langsung memasangnya pada sistem operasi komputer yang kita gunakan, Linux, Windows maupun Mac OS.  Proses pemasangan tema MS Office 2013 di sistem Linux, Windows dan Mac OS mungkin akan sedikit berbeda, berikut cara menambahkan tema MS Office 2013 di LibreOffice :
  1. Download tema MS Office 2013
  2. Ubah nama file hasil download menjadi MS_Office2013.zip
  3. Pasang tema di sistem komputer
Linux : Salin dan tempel atau pindahkan saja file MS_Office2013.zip di direktori /usr/lib/libreoffice/share/config/ dan /usr/share/libreoffice/share/config/. Masuk sebagai root atau super user untuk menempatkan file MS_Office2013.zip (Klik kanan --> Pilih buka sebagai root)

Windows : Salin dan tempel atau pindahkan saja file MS_Office2013.zip di direktori C:\Program Files (x86)/LibreOffice 5/share/config/

Mac OS  : Salin dan tempel atau pindahkan saja file MS_Office2013.zip di direktori LibreOffice/Contents/Resources/config/

Setelah memasang tema MS Office 2013 di dalam sistem komputer yang kita gunakan, tutup LibreOffice (bila sebelumnya dalam keadaan terbuka) dan jalankan kembali LibreOffice lalu terapkan tema melalui jendela pengaturan tampilan LibreOffice :

Tools > Options > View > Icon Size and Style

Bila tema MS Office 2013 belum terdeteksi di setelan Icon Size and Style, restart komputer dan terapkan tema MS Office 2013 seperti cara di atas

Kesimpulan


LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran default distro Linux populer, termasuk Linux mint. LibreOffice dapat di instal secara online maupun offline. Silahkan kunjungi situs web LibreOffice untuk mendapatkan file installer versi terbaru yang bisa kita gunakan untuk memasang LibreOffice secara offline. Demikian cara menambahkan tema MS Office 2013 di LibreOffice, semoga dapat memperkaya tema aplikasi perkantoran LibreOffice dan dapat mempercantik tampilan LibreOffice seperti yang kita inginkan. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon