Monday 5 December 2016

Cara Update Dan Upgrade Firefox Di Linux Mint 18

Tags

Update Firefox Di Linux Mint -Melakukan update paket aplikasi di Linux Mint dilakukan untuk mendapatkan versi terbaru dari setiap aplikasi yang telah meluncurkan versi terbarunya dan siap untuk di upgrade atau di perbarui.. Setelah mendapatkan paket aplikasi/program terbaru di sistem Linux Mint, kita dapat melakukan upgrade Firefox untuk memperbarui Firefox dari versi lama ke versi terbaru.

Firefox merupakan peramban internet default sistem Linux Mint dan merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet di Indonesia dan seluruh dunia yang bersaing ketat dengan Google Chrome. Sebagai peramban internet terbaik dan terpopuler saat ini, Firefox memiliki banyak sekali add-ons/ekstensi dan tema yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam menjelajah dunia maya dengan tampilan yang menarik dan loading yang cepat.

Melakukan pembaruan pada web browser sistem komputer yang kita gunakan dilakukan untuk memperoleh update terbaru dari web browser termasuk juga fiture dan sistem keamanan sehingga kita dapat menggunakan web browser Firefox secara lebih aman dan nyaman.

Linux Mint 18 terinstal Firefox versi 47 secara default dan kita dapat memperbarui Firefox dengan cara melakukan update paket aplikasi terlebih dahulu baru mengupgrade Firefox. Saat ini Firefox sudah mencapai versi 50.02. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan proses upgrade tidak memakan waktu yang lama tergantung cepat lambatnya koneksi internet yang kita gunakan.

Bila kita kurang puas dengan loading Firefox dalam setelan defaultnya, kita dapat juga mempercepat loading Firefox dengan melakukan beberapa pengaturan pada web browser yang banyak digunakan sebagai peramban situs web default di berbagai distro linux populer saat ini. Dengan menambah kecepatan loading Firefox, tentu membuat kita lebih nyaman dalam menggunakan Firefox sebagai peramban situs web default sistem Linux Mint.

Cara Update Dan Upgrade Firefox Di Linux Mint 18

Cara Update Dan Upgrade Firefox Di Linux Mint


Pengguna sistem operasi komputer Linux Mint, Ubuntu dan turunan distro Linux Debian lainnya yang menggunakan Firefox sebagai aplikasi web browser dafault sistem dapat mengupgrade atau memperbarui Firefox ke versi terbaru dengan cukup mudah, cukup update sistem dan setelah itu upgrade Firefox.

Ada dua cara yang dapat kita gunakan untuk memperbarui peramban situs web Firefox di sistem operasi Linux Mint yaitu menggunakan Manajer Pembaruan atau melalui Terminal Linux. Proses upgrade melalui terminal linux menggunakan perintah teks dan kita dapat melihat detail proses serta lebih cepat dalam melakukan proses upgrade. Sedangkan bila kita melakukan upgrade aplikasi menggunakan Manajer Pembaruan, semua perintah dalam bentuk grafis dengan tampilan yang cukup menarik dan pastinya lebih mudah untuk digunakan.

A. Manajer Pembaruan (Update Manager)


Manajer pembaruan merupakan aplikasi Linux Mint yang digunakan untuk melakukan update dan upgrade paket aplikasi yang terinstal di sistem Linux Mint dalam penyajian tampilan grafis yang menarik dan mudah untuk digunakan. Pengguna baru Linux Mint dapat menggunakan manajer pembaruan dengan mudah karena semua perintah berbentuk grafis.

Lihat pada ikon bergambar perisai di sebelah kanan panel sistem Linux Mint yang merupakan applet dari Manajer Pembaruan. Melalui applet Update Manager inilah kita dapat membuka jendela Manajer Pembaruan secara cepat pada sistem operasi komputer Linux Mint. Selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan update dan upgrade Firefox ke versi terbaru.

Cara Update Dan Upgrade Firefox Di Linux Mint 18

1. Buka Manajer Pembaruan dengan klik pada applet yang berupa ikon perisai di sudut kanan panel atau melalui :

Menu > Administrasi > Manajer Pembaruan

2. Klik tombol refresh/penyegaran untuk mendapatkan paket aplikasi yang siap untuk di upgrade atau diperbarui.

3. Setelah itu akan muncul daftar paket aplikasi yang siap untuk dilakukan pembaruan. Bila kita ingin memperbarui semua paket aplikasi yang terpasang di dalam sistem Linux Mint, kita tinggal klik pada tombol Instal Pembaruan dan semua aplikasi yang terinstal di sistem Linux Mint akan terbarukan. Namun, karena kita hanya akan memperbarui aplikasi web browser Firefox saja, maka jangan klik pada tombol Instal Pembaruan sebelum kita melakukan langkah berikutnya

4. Cari paket aplikasi Firefox di dalam daftar paket aplikasi yang siap diperbarui, supaya mendapatkan informasi yang lebih detail, tampilkan juga Versi lama, Versi baru dan Ukuran file yang akan didownload. Bila ingin melihat penjelasan singkat dan apa saja yang diperbarui di dalam versi terbaru dari Firefox, klik pada tombol Deskripsi dan Daftar Perubahan

Menu Tampilkan > Kolom-Kolom Yang Terlihat > Centang Semuanya

5. Biarkan paket aplikasi pembaruan Firefox dalam kondisi tercentang dan uncentang semua paket pembaruan lainnya

6. Setelah itu, baru kita klik tombol Install Pembaruan dan tunggu sampai proses pembaruan Firefox selesai

7. Buka peramban situs web Firefox melalui Menu > Internet > Firefox
8. Lihat versi Firefox apakah sudah terupgrade dengan baik atau belum dengan cara :

Tampilkan Menu Firefox : Klik kanan bar Firefox > Centang pada Menu Bar

Tampilkan versi Firefox  : Klik pada Menu Help > About Firefox

Sekarang sistem komputer Linux Mint sudah menggunakan web browser Firefox versi terbaru dan kita dapat berselancar di dunia maya dengan menggunakan web browser open source buatan Mozilla ini dengan lebih baik.

B. Menggunakan Terminal Linux


Belum ada yang bisa menggantikan terminal linux untuk mengeksekusi program secara lebih cepat. Memang perlu sedikit penyesuain untuk dapat menggunakan perintah berbasis teks di sistem Linux melalui terminal. Pengguna baru Linux Mint mungkin tidak terlalu menyukai hal ini namun, sesekali perlu di coba sehingga menjadi terbiasa dan terampil dalam menggunakan perintah berbasis teks di terminal linux.

Melakukan update dan upgrade Firefox di sistem Linux Mint melalui terminal dapat kita lakukan dengan beberapa langkah saja. Upgrade Firefox di sistem Linux Mint dapat dikatakan juga dengan melakukan instal Firefox terbaru di sistem Linux Mint karena, proses upgrade hampir sama dengan proses instal yaitu menggunakan perintah sudo apt-get install firefox dan setelah proses upgrade selesai, kita dapat melihat versi Firefox yang terinstal di dalam sistem Linux Mint dengan menggunakan perintah firefox --version. Berikut cara mudah upgrade Firefox Browser melalui Terminal Linux :

1. Lihat Daftar Paket Siap Upgrade Di Linux Mint

Sebelum melakukan melakukan upgrade Firefox Browser ke versi terbaru, mungkin kita perlu melihat apakah sudah terdapat paket Firefox di daftar aplikasi yang siap upgrade dalam sistem operasi komputer Linux Mint. Ketik perintah di bawah ini :

apt list  --upgradable

Gunakan tombol pencarian di terminal (Ctrl+Shift+F)  untuk mencari paket aplikasi dengan nama firefox

firefox/sarah 50.0.2+linuxmint1+serena amd64 [upgradable from: 47.0+linuxmint1+sarah]

Ternyata Firefox merupakan salah satu aplikasi yang siap untuk di upgrade dari versi 47.0 ke versi 50.0.2.

2. Lihat Detail Informasi Paket Aplikasi Firefox


Setelah mengetahui Firefox siap untuk diperbarui, mungkin kita perlu melihat detail informasi yang diperlukan saat melakukan proses pembaruan Firefox Browser. Ketik perintah teks di bawah ini :

apt show firefox

3. Memperbarui atau Instal Firefox Browser


Sebenarnya tanpa perlu mengetahui informasi apapun dari Firefox Browser kita dapat langsung melakukan upgrade Firefox dengan hanya mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal linux :

sudo apt-get install firefox

Bila sistem komputer sudah menggunakan Firefox Browser versi terbaru maka, akan menampilkan pesan berupa :

firefox is already the newest version (50.0.2+linuxmint1+serena)

Bila Firefox Browser versi terbaru belum terinstal atau terupgrade di dalam sistem operasi Linux Mint yang kita gunakan maka, sistem komputer akan melanjutkan proses pembaruan Firefox Browser seperti terlihat dibawah ini :

sudo apt-get install firefox
Reading package lists... Done
Building dependency tree    
Reading state information... Done
Suggested packages:
  fonts-lyx
Recommended packages:
  xul-ext-ubufox
The following packages will be upgraded:
  firefox
1 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 526 not upgraded.
Need to get 45,9 MB of archives.
After this operation, 674 kB of additional disk space will be used.
Get:1 http://packages.linuxmint.com sarah/upstream amd64 firefox amd64 50.0.2+linuxmint1+serena [45,9 MB]
Fetched 25,1 MB in 28s (883 kB/s)                                            
(Sedang membaca basis data ...  245520 berkas atau direktori telah terpasang.)
Preparing to unpack .../firefox_50.0.2+linuxmint1+serena_amd64.deb ...
Unpacking firefox (50.0.2+linuxmint1+serena) over (47.0+linuxmint1+sarah) ...
Processing triggers for mintsystem (8.2.8) ...
Processing triggers for man-db (2.7.5-1) ...
Processing triggers for bamfdaemon (0.5.3~bzr0+16.04.20160415-0ubuntu1) ...
Rebuilding /usr/share/applications/bamf-2.index...
Processing triggers for gnome-menus (3.13.3-6ubuntu3) ...
Processing triggers for desktop-file-utils (0.22-1ubuntu5) ...
Processing triggers for mime-support (3.59ubuntu1) ...
Sedang menata firefox (50.0.2+linuxmint1+serena) ...
Please restart all running instances of firefox, or you will experience problems

Setelah proses pembaruan Firefox Browser selesai, kita bisa cek versi Firefox dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal linux :

firefox --version

firefox --version
Mozilla Firefox 50.0.2

Memperbarui peramban internet Firefox kita lakukan untuk memperoleh update keamanan terbaru sehingga sistem komputer yang kita gunakan lebih aman saat menggunakan Firefox Browser dalam menjelajah dunia maya. Demikian cara update dan upgrade Firefox Browser di sistem operasi komputer Linux mint cinnamon 18 Sarah.


EmoticonEmoticon