Tuesday 1 November 2016

Membuat Formula Hitung Sederhana Di LibreOffice Calc (Sum, Average, Median dan IF)

Tags

LibreOffice Calc- Membuat rumus  fungsi di LibreOffice Calc dapat dilakukan dengan menggunakan tombol function Wizard (Fx), Sum (∑) dan Function (=). Calc merupakan salah satu komponen dari aplikasi perkantoran LibreOffice yang berbasis open source (sumber terbuka) dan kita dapat menggunakannya secara gratis.

LibreOffice Calc digunakan untuk membuat lembar kerja yang berisi data numeric (angka) dan membuat perhitungan data, dari yang sederhana sampai yang kompleks dalam suatu kumpulan data. LibreOffice Calc memiliki fungsi sama seperti excel di MS Office (Windows). Meskipun berupa aplikasi gratis, bukan berarti Calc berkualitas rendah justru sangat powerfull dengan berbagai fiture yang dimilikinya, Calc mampu bersaing dengan excel bahkan banyak pengguna Windows yang lebih memilih menggunakan Calc daripada excel lebih karena berlisensi free (gratis).

Bila kita menemui kesulitan dalam menggunakan LibreOffice, komunitas LibreOffice ( Ask.libreoffice atau help.libreoffice) siap menjawab berbagai permasalahan dan akan memberikan panduan penggunaan Calc dan komponen LibreOffice lainnya (Writer, Impress, Base, Math dan Draw). Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat rumus fungsi (Formula) sederhana pada LibreOffice Calc yaitu untuk penggunaan rumus fungsi sum, average, median dan if. Saya akan coba uraikan satu persatu supaya kita dapat menggunakan rumus fungsi sum, average, median dan if dengan baik.

Membuat Formula Hitung Sederhana Di LibreOffice Calc (Sum, Average, Median dan IF)


Membuat Formula Hitung Sederhana Di LibreOffice Calc (Sum, Average, Median dan IF)


Sebelumnya pastikan terlebih dahulu LibreOffice sudah terinstal di sistem operasi komputer yang kita gunakan. LibreOffice tidak hanya berjalan di sistem Linux saja, sifatnya yang multiplatform memungkinkan untuk dapat dipasang di berbagai sistem operasi komputer baik itu sistem Linux, Windows maupun Mac OS.

Linux Mint 18 menyertakan paket aplikasi LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran default sistem. Jadi, pengguna Linux mint tidak perlu instal LibreOffice lagi. Pengguna distro Linux lainnya yang berbasis Ubuntu dan Debian yang tidak menyertakan LibreOffice pada paket instalasinya dapat menginstal LibreOffice secara offline dengan download file installer (file .deb) di situs web LibreOffice. Setelah itu buka LibreOffice Calc lalu buatlah beberapa data berupa angka pada cell calc. Misalnya seperti ini :

Selanjutnya data ini kita sebut dengan data1. Kita dapat membuat rumus fungsi sum, average, median dan if untuk data diatas dengan cukup mudah, hanya perlu sedikit penalaran logika saja. Saya yakin semua pengguna Calc dapat memahami perintah sederhana ini dalam waktu yang singkat.

DATA 1

A B CD E F G H I
1








2
10






3
20






4
11






5
31






6
123






7
901






8
41






9
52






10
67






11
82






12








13








14









A. SUM


Kata Sum memiliki arti jumlah (English) dan fungsi ini memang digunakan untuk melakukan penjumlahan data dalam bentuk angka (numeric). Fungsi Sum mungkin yang paling sering digunakan oleh pengguna LibreOffice Calc dibandingkan rumus fungsi lainnya. Cara menggunakan fungsi sum sangatlah mudah, kita tinggal mengetikan =sum(posisi cell_awal:posisi cell_akhir).

Contoh :
Saya akan menggunakan data1 sebagai contoh untuk menerapkan fungsi sum di Calc. Lihat posisi pada data awal dan akhir. Data pertama adalah angka 10 dan data terakhir adalah angka 82. Posisi dari data tersebut dapat kita ketahui dengan melihat baris (row) dan kolom (column) pada data. Pada data1 dapat kita lihat bahwa data awal terletak pada posisi BARIS 2 dan KOLOM B sedangkan data akhir terletak pada BARIS 11 dan KOLOM B. Setelah mengetahui posisi dari data awal dan akhir, masukan sebagai range (jarak) data yang akan dihitung. Artinya semua data yang ada di range tersebut akan masuk ke dalam hitungan

=sum(B2:B11)

Berikut alur cara membuat rumus fungsi sum :

1. Klik cell kosong di Calc
2. Klik ikon sum (∑) atau (=) atau ketik saja pada cell = atau ketik pada input line =
3. Ketik sum (B2:B11)
4. Enter
5. Hasilnya = 1329

Sampai disini kita sudah dapat membuat rumus fungsi Sum untuk menjumlahkan sejumlah data angka.

B. AVERAGE


Dalam perhitungan sederhana terdapat beberapa operator hitung seperti tambah (+), kurang(-), bagi (/) dan kali (*). Kita dapat melakukan semua perhitungan tersebut di Calc dengan menggunakan masing-masing operator hitung.

Misalnya :
1. 5+5 hasilnya = 10
2. 5*5 hasilnya = 25
4. 10-5 hasilnya =5
5. 10/5 hasilnya =2

Sedangkan fungsi average yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan rata-rata. Average digunakan untuk menghitung rata-rata nilai (data angka) pada sebuah range (jarak/kelompok). Kita tidak perlu menghitung seluruh angka lalu kita bagi dengan jumlah data untuk mendapatkan nilai rata-rata, namun cukup menggunakan fungsi average yang sudah disediakan di LibreOffce Calc. Berikut cara menggunakan fungsi average di Calc (data1) :

1. Klik pada cell kosong
2. Klik tombol function (=) atau ketik =
3. Ketik fungsi average : =average(B2:B11)
4. Enter
5. Hasilnya = 132,9

C. Median


Median diartikan sebagai nilai tengah dari sejumlah data. LibreOffice Calc menyediakan fungsi ini untuk mencari nilai tengah dari data yang kita tulis di Calc. Mencari median dari suatu gugus data yang berupa angka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Tentukan data yang akan kita cari mediannya,misalnya : 3,4,5 maka, mediannya adalah 4
  2. Urutkan data terlebih dahulu dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya, misalnya : 2,5,7,3,6,4 maka, urutkan terlebih dahulu data tersebut menjadi : 2,3,4,5,6,7. Karena berupa bilangan genap maka nilai tengah dari data tersebut adalah jumlah rata-rata dari dua data yang ada ditengah sehingga mediannya adalah 4+5 dibagi 2 hasilnya = 4,5
  3. Meskipun data bukan merupakan bilangan yang berurutan, hasil median akan tetap melihat nilai tengah dari gugusan data tersebut, misalnya : 2,5,10,6,7. Ubah urutan data angka menjadi 2,5,6,7,10. Nilai tengah dari data tersebut adalah bilangan ke-3 yaitu 6.
Pada LibreOffice Calc, kita tidak perlu menata urutan dari sejumlah data yang akan kita ambil nilai tengahnya. Cukup gunakan fungsi median dan secara otomatis akan muncul nilai tengah dari gugusan data tersebut. Cara menggunakan fungsi median adalah seperti berikut ini (menggunakan data1):

1. Klik pada cell kosong Calc
2. Klik tombol function (=) atau ketik =
3. Ketik fungsi median: =median(B2:B11)
4. Enter
5. Hasilnya adalah = 46,5

Hasil median bukan bilangan bulat karena merupakan hasil bagi dua bilangan yang dilihat sebagai nilai tengah.

D. IF


IF memiliki arti jika yang dapat kita analogikan dengan jika x adalah y maka hasilnya adalah p, namun jika x bukanlah y maka hasilnya adalah q. Itu gambaran sederhana fungsi if di Calc. Dalam menerapkan fungsi ini memang sedikit lebih kompleks bila dibandingkan dengan sum,average atau median. Karena kita harus membuat logika sederhana mengenai beberapa pilihan dalam if. Lebih jelasnya lihat pada contoh di bawah ini :

Masih menggunakan data1, disini saya akan menerapkan fungsi if LibreOffice Calc dengan menggunakan data berupa angka. Fungsi if tidak hanya pada data yang berupa angka saja, namun dapat diterapkan pada tipe data lainnya. Lihat kembali pada data1, saya akan menerapkan fungsi if dengan analogi sebagai berikut :

Jika posisi 1 adalah angka 10 lalu tampilkan tulisan "Angka Sepuluh" jika selain angka 10 tampilkan tulisan "Bukan Angka Sepuluh"

Struktur penulisan fungsi if adalah :

=if(tes/uji data;Then_tampilkan data;Otherwise_Tampilkan data lainnya)

Penerapannya adalah sebagai berikut :

=if(B2=10;"Angka Sepuluh";"Bukan Angka Sepuluh")

Berikut alur cara membuat fungsi if :

1. Klik pada cell yang kosong
2. Klik tombol function (=) atau ketik =
3. Ketik fungsi if: =if(B2=10;"Angka Sepuluh";"Bukan Angka Sepuluh")
4. Enter
5. Hasilnya adalah Angka Sepuluh

Sampai disini kita sudah dapat membuat fungsi if sederhana di LibreOffice Calc. Fungsi if merupakan salah satu fungsi yang banyak digunakan untuk membuat data-data perhitungan dari yang simpel sampai yang kompleks. Dalam pembelajaran yang lebih lanjut, nanti kita akan menemui yang namanya if di dalam if atau disebut dengan if bersarang. Semakin banyak data yang dilibatkan, akan semakin kompleks pembuatan fungsi if ini dan membutuhkan analogi yang cukup baik supaya pembuatan rumus fungsi if dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kesimpulan


LibreOffice Calc merupakan salah satu aplikasi perkantoran powerfull yang berbasis open source. Dengan komunitas yang banyak membuat kita lebih mudah dalam mencari jawaban dari setiap permasalahan yang kita temuai saat menggunakan LibreOffice. Penggunaan rumus fungsi di Calc memang sedikit berbeda dengan excel-nya MS Office namun, pada dasarnya struktur fungsi yang digunakan tetap sama. Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat formula hitung sederhana di LibreOffice Calc, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon