Tuesday 4 October 2016

Cara Instal Font Baru Di Linux Mint 18 Sarah Secara Manual (Offline)

Tags

Cara Menambahkan Font Di Linux Mint – Setiap sistem operasi komputer memiliki jenis font default sistem. Font atau jenis huruf ini dapat kita lihat pada setiap bagian dari desktop komputer yang terdapat huruf. Misalnya, judul jendela aplikasi, teks editor, nama ikon, menu dan lain sebagainya. Pengguna sistem operasi Linux Mint dapat menggunakan jenis font pada pengaturan font. Selain font default sistem Linux Mint, kita juga dapat menambahkan jenis font lainnya ke dalam sistem dengan cara yang cukup mudah.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara menambahkan jenis huruf (font) ke dalam sistem Linux Mint Cinnamon 18 Sarah. Kita dapat melakukannya hanya dengan menggunakan aplikasi default Font Viewer Linux Mint Cinnamon.

Bagi pengguna Linux Mint yang sudah berpengalaman tentu tidak akan mengalami masalah dalam menambahkan font baru ke dalam sistem Linux Mint Cinnamon. Namun, bagi pengguna baru Linux Mint, mungkin belum tahu cara menambahkan font ke sistem komputer. Oleh sebab itu, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu dan menambah pengetahuan anda dalam menggunakan Linux Mint Cinnamon 18 Sarah.

Cara Menambahkan Font Baru Di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah


Menambahkan font ke dalam sistem Linux Mint dapat dilakukan dengan tiga langkah saja dan hal itu dapat anda lakukan dengan cukup mudah.
  1. Download Font
  2. Buka Font dengan menggunakan Font Viewer (dobel klik pada file)
  3. Instal Font
Sebelum kita menambahkan font baru di Linux Mint, sebaiknya kita lihat terlebih dahulu font apa saja yang sudah terpasang di sistem Linux Mint Cinnamon 18 Sarah. Hal ini dilakukan supaya kita tidak mengunduh/download font yang sama dengan font yang sudah terpasang di sistem Linux Mint. Kita dapat mengetahui font apa saja yang sudah terpasang di sistem Linux Mint Cinnamon 18 melalui jendela pengaturan Font (Huruf).

Buka Menu > Pengaturan Sistem > Huruf

Cara Instal Font Di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah

Melalui pengaturan huruf inilah kita dapat menentukan atau memilih jenis huruf yang akan kita pakai pada sistem Linux Mint. Buka salah satu pengaturan huruf lalu ketik nama font yang kita inginkan pada jendela Pick a Font.

Sebelum kita melakukan download font di internet, tentukan nama font yang akan kita download terlebih dahulu. Kita bisa memanfaatkan Google Search Engine untuk mencari situs web yang mengulas atau menyediakan download font. Cooltext merupakan salah satu situs web yang menyediakan cukup banyak font yang bisa didownload.

Setelah menentukan beberapa nama font yang akan kita download, ketik nama font tersebut pada jendela Pick a Font. Bila ternyata nama font tersebut sudah tersedia di sistem Linux Mint, maka kita tidak perlu melakukan download font tersebut, karena sudah terpasang di sistem Linux Mint dan kita tidak perlu memasangnya lagi karena bila kita memasang font yang sudah ada di sistem Linux Mint, nanti font yang sudah terpasang hanya akan di "replace" saja.

Ketika kita mengetikan salah satu nama font pada kolom pencarian Pick a Font dan font tersebut tidak ditemukan, itu menandakan bahwa font tersebut belum terpasang di sistem Linux Mint. Selanjutnya kita dapat melakukan download font tersebut untuk kita tambahkan di sistem Linux Mint Cinnamon 18 Sarah.

Terdapat dua tipe/format Font yang sering digunakan yaitu OTF dan TTF. Keduanya dapat kita instal di sistem Linux Mint Cinnamon 18

Setelah melakukan download font (biasanya berupa file arsip.zip), ekstrak file tersebut pada direktori bebas. Pada folder hasil ekstrak, cari tipe font berupa TTF (TrueType Font) atau OTF (OpenType Font). Font tersebut memiliki nama dengan ekstensi .ttf/.otf.

Klik dua kali (double click) pada file TTF tersebut, maka secara otomatis aplikasi Font Viewer akan mengeksekusinya

Font Viewer akan menampilkan style atau model font seperti sebuah demo font, setelah cocok dan berminat terhadap font tersebut, Klik pada tombol INSTALL untuk menambahkan font ke dalam sistem Linux Mint.

Supaya kita lebih yakin bahwa font sudah ditambahkan ke dalam sistem Linux Mint, buka kembali :

Buka Menu > Pengaturan Sistem > Huruf

Pilih salah satu pengaturan Huruf dan ketik nama huruf yang baru saja kita tambahkan pada kolom pencarian Pick a Font. Bila penambahan font berhasil, maka nama font tersebut akan muncul pada jendela Pick a Font dan selamat! Anda baru saja menambahkan font baru di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah dengan baik dan benar. Lakukan hal yang sama untuk jenis huruf lainnya.

Instal Font Tanpa Aplikasi


Menambahkan font di Linux Mint dapat juga kita lakukan tanpa menggunakan Aplikasi Pemasang Font.
  1. Download berkas font pada situs web penyedia font dengan format .ttf atau .otf
  2. Ekstrak file hasil download dengan menggunakan aplikasi manajer arsip
  3. Salin dan tempel berkas file.ttf atau .otf pada direktori ~/usr/share/fonts/truetype atau ~/usr/share/fonts/opentype sesuai dengan jenis format font
Atau bisa juga dengan cara seperti berikut ini, untuk menambahkan font pada lokal komputer :
  1. Masuk ke Beranda (Home) Linux Mint
  2. Tekan tombol ctrl-h untuk menampilkan hidden file
  3. Salin dan tempel file tersebut pada direktori .fonts
  4. Bila tidak terdapat direktori .fonts disana,  kita bisa membuatnya terlebih dahulu dengan nama yang sama .fonts

Kesimpulan


Bila anda suka dengan seni grafis, font merupakan salah satu elemen yang cukup penting di dunia design grafis. Banyak model font menarik yang bisa di jadikan rancangan untuk membuat Logo, design banner, sampul, kaos, baju, spanduk atau yang lainnya.

Font-font tersebut dapat kita peroleh secara gratis maupun berbayar. File font berukuran cukup kecil sehingga mudah untuk melakukan download. Demikian cara instal/menambahkan font di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah, semoga bermanfaat dan menambah kemampuan kita dalam menggunakan sistem operasi Linux Mint. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon