Wednesday 3 August 2016

Menjaga Kesehatan Mata Dengan Aplikasi F.Lux Di Linux Mint

Menjaga Kesehatan Mata Dengan Aplikasi F.lux – Salah satu penyebab mata kita cepat mengalami kerusakan adalah karena terlalu lama di depan komputer dengan intensitas cahaya yang tinggi pada layar monitor. Ada berbagai cara untuk mencegah mata kita cepat rusak karena sering beraktivitas di depan komputer dan salah satunya adalah menggunakan aplikasi pengatur kecerahan cahaya layar monitor secara otomatis menyesuaikan cahaya ruang. Aplikasi ini bernama F.LUX yang bisa kita gunakan pada sistem Linux, Windows dan Mac OS dengan gratis.

Pengguna komputer pastinya ingin memiliki mata yang terjaga kesehatannya. Seperti yang kita ketahui sinar atau cahaya dari layar monitor  yang masuk ke mata kita dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata. Bila kita sering berlama-lama di depan layar komputer, ada baiknya kita mengetahui tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata. Apalagi bila kita sering bekerja di malam hari dimana cahaya ruang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mata


Untuk itulah banyak tips yang beredar di internet yang menyarankan supaya menggunakan monitor yang dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata. Beberapa tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber mengenai cara menjaga mata supaya tetap sehat antara lain :
  1. Usahakan mengedipkan mata sesering mungkin supaya mata selalu dalam kondisi basah. Hal ini akan mengurangi mata cepat rusak akibat panas cahaya yang masuk ke mata.
  2. Segera alihkan pandangan ke tempat lain selain layar monitor ketika mata mulai merasakan sakit atau pegal.
  3. Gunakan aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dapat mengurangi efek kerusakan pada mata. Hal ini dapat kita rasakan pada saat menggunakan komputer dimana mata terasa nyaman dan adem.
  4. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, terutama buah dan sayuran. Dari segi kesehatan jelas hal ini dapat membuat mata menjadi sehat
  5. Aturlah ketinggian layar monitor, setidaknya sama dengan tinggi mata kita atau lebih rendah 2-5 cm lebih baik. Hal ini berfungsi supaya mata tidak cepat lelah terutama pada bagian kornea mata
  6. Istirahakan mata (tinggalkan komputer) secara berkala. Segera ketika mata terasa lelah, tinggalkan komputer untuk beristirahat sejenak.
  7. Menggunakan aplikasi pengatur kecerahan cahaya layar monitor secara otomatis menyesuaikan dengan cahaya ruang, seperti misalnya F.LUX

Menggunakan Aplikasi F.lux


Salah satu cara menjaga kesehatan mata saat berada di depan layar monitor adalah menggunakan aplikasi perangkat lunak yang bernama F.lux. Aplikasi ini memang digunakan untuk mengatur pencahayaan pada layar monitor. F.lux cukup mudah digunakan dan multiplatform (dapat berjalan di semua sistem operasi).

Kunjungi situs web F.lux untuk "https://justgetflux.com" mengunduh file instalernya pada berbagai sistem operasi. Pada sistem operasi linux, kita dapat memasang F.lux melalui terminal linux dengan mengetikan perintah di bawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:nathan-renniewaldock/flux
sudo apt-get update
sudo apt-get install fluxgui

Setelah proses instalasi F.lux selesai, buka aplikasi ini pada Menu > Aksesoris > f.lux. Selanjutnya lakukan pengaturan pada F.lux dengan  cara sebagai berikut :

Menjaga Kesehatan Mata Dengan Aplikasi F.Lux di Linux Mint, mengatur kecerahan cahaya monitor
  1. Atur koordinat tempat kita tinggal, klik saja pada tautan "Find your latitude and longitude" (terkoneksi internet)
  2. Kemudian klik pada share-location, lalu ketik kota tempat tinggal anda pada kolom pencarian
  3. Isikan koordinat lokasi pada bagian Latitude dan Longitude
  4. Setelah itu tentukan setelan cahaya yang kita gunakan (Dim Incandescent, Incandescent, Halogen, Flourescent, Sunlight).

Cara Kerja Aplikasi F.lux


Pada intinya F.lux berfungsi untuk mengatur tingkat cahaya (kecerahan) pada layar monitor komputer secara otomatis. F.lux akan membuat tingkat cahaya pada layar monitor sama dengan tingkat cahaya pada ruangan tempat kita menggunakan komputer.

Pada siang hari, secara otomatis f.lux akan mengatur cahaya layar monitor menjadi lebih terang seperti cahaya matahari . Sedangkan pada malam hari, f.lux akan membuat intensitas cahaya layar monitor sama dengan cahaya penerangan yang kita gunakan (lampu bohlam, neon dll..) sesuai dengan pengaturan yang telah kita tentukan di f.lux.

Perubahan kecerahan cahaya layar monitor saat menggunakan f.lux mungkin akan sedikit mengganggu kita bila baru menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi, setelah terbiasa menggunakan f.lux, kita akan mendapatkan manfaat dari aplikasi pengatur cahaya layar monitor secara otomatis ini.

Berikuti ini indikator panas cahaya berdasarkan warna  :

  • Infrared ~ Dibawah 800K
  • Embers ~ 800K
  • Candle ~ 1800K
  • Incandescent ~ 2800K
  • Tungsten Halogen ~ 3200K
  • Household Fluorescent ~ 4300-4700K
  • Noon Sunlight ~ 5600K
  • Monitors ~ 6500K
  • Shade ~ 8000K
  • SKylight ~ 12 - 20.000K
  • Ultraviolet ~ Diatas 20.000K

Sumber : lowel.tiffen.com

Kesimpulan


F.lux sebagai aplikasi pengatur tingkat cahaya pada layar monitor sebaiknya ada di komputer yang anda gunakan. Dengan adanya f.lux, paling tidak akan mengurangi kerusakan pada mata akibat cahaya layar monitor. Selain itu, kita dapat menyetel layar monitor pada resolusi terbaiknya supaya tampilan desktop terlihat baik dan ideal. Pada Saat membeli monitor baru, sebaiknya belilah monitor dengan teknologi terbaru yang biasanya terdapat sistem untuk kenyamanan mata. Pilihlah monitor LCD atau LED dengan tingkat radiasi cahaya yang rendah.


EmoticonEmoticon