Friday 22 July 2016

Cara Mengaktifkan Firewall di Linux Mint Dengan Perintah Teks Dan Grafis

Mengaktifkan FireWall Di Linux Mint Dengan Aplikasi GUFW - FireWall atau Dinding Api di Linux Mint memiliki fungsi yang sama dengan FireWall pada sistem operasi lainnya. Pada intinya FireWall digunakan untuk menyaring data yang masuk ke dalam sistem komputer yang kita gunakan. Pada sistem operasi Linux Mint, kita dapat mengaktifkan FireWall melalui terminal linux atau dengan menggunakan aplikasi "gufw" dengan antarmuka grafis yang lebih mudah digunakan.

Sekilas Tentang FireWall


Secara garis besar, FireWall terdiri dari dua buah jenis yaitu FireWall hardware dan FireWall Software.

FireWall hardware :

Adalah sebuah piranti keras yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu dan kita tinggal melakukan konfigurasinya saja.

FireWall Software :

Adalah sebuah piranti lunak / software yang dipasang di sistem komputer untuk dikonfigurasi menjadi sebuah FireWall.

Dengan mengaktikan FireWall, diharapkan sistem akan aman dari gangguan yang muncul melalui jaringan internet. Konfigurasi dari FireWall secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu "deny" dan "allow":
  1. Deny : semua yang tidak diperbolehkan berdasarkan aturan FireWall akan ditolak.
  2. Allow : semua yang tidak dilarang berdasarkan aturan FireWall akan diperbolehkan.
Cara Mengaktifkan Firewall di Linux Mint Dengan Perintah Teks Dan Grafis

Mengaktifkan FireWall Di Linux Mint


Ada dua cara untuk mengaktifkan fireWall di Linux Mint yaitu menggunakan perintah teks dan grafis.

1. Terminal Linux


FireWall di Linux Mint dalam kondisi inactive pada setelan defaultnya. Kita dapat melihat status FireWall dengan mengetikan perintah berikut ini pada terminal linux :

sudo ufw status verbose

Terlihat status firewall dalam kondisi "inactive" :

Status: inactive

Untuk mengaktifkannya melalui terminal linux, ketik perintah berikut ini :

sudo ufw enable

Setelah itu lihat kembali status FireWall dengan mengetikan perintah berikut ini :

sudo ufw status verbose

Kini status FireWall sudah dalam kondisi "active" :

Status: active
Logging: on (low)
Default: deny (incoming), allow (outgoing), disabled (routed)
New profiles: skip

Dengan mengaktifkan FireWall, maka sistem Linux Mint menjadi lebih terjaga dari gangguan data atau program yang masuk melalui lalu lintas jaringan. Bila terdapat kendala disaat kita melakukan aktivitas internet karena FireWall dalam status aktif, kita dapat meng-inactive-kan FireWall dengan perintah berikut ini :

sudo ufw disable

Mengaktifkan FireWall jelas akan membuat sistem komputer lebih terproteksi karena semua data yang masuk melalui jaringan internet akan terfilter oleh FireWall. Mengaktifkan FireWall merupakan salah satu hal yang kita lakukan setelah menginstal Linux Mint.

2. Menggunakan Aplikasi GUFW


Ada aplikasi berbasis GUI yang dapat kita gunakan untuk mengaktifkan FireWall di Linux Mint. Paket aplikasi ini sudah terdapat di repository Linux Mint sehingga kita tidak perlu menambahkan ppa dari pihak ke-tiga.

Aplikasi ini bernama GUFW (GUI for 'Uncomplicated FireWall') yang dapat dengan mudah kita gunakan karena menggunakan perintah grafis. Untuk memasang GUFW, ketik perintah berikut pada terminal linux :

sudo apt-get install gufw

GUFW juga dapat dipasang melalui Pengelola Perangkat Lunak atau Synaptic Manajer Paket dengan perintah berbasis grafis dan lebih mudah untuk digunakan terutama bagi pengguna baru sistem linux :

Buka Pengelola Perangkat Lunak > Ketik gufw pada kolom pencarian > Klik gufw > lalu klik pasang/install.

Atau

Buka Synaptic Manajer Paket ---> Ketik gufw pada kolom pencarian ---> Klik kanan lalu pilih tandai untuk dipasang ---> Klik tombol Terapkan / Apply

Kita juga dapat mengunduh file installer GUFW di situs gufw.org selanjutnya dapat kita pasang secara manual. Setelah memasang GUFW di sistem Linux Mint, buka aplikasi GUFW melalui Menu > Internet > GUFW. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan terutama bagi mereka yang baru menggunakan sistem operasi linux.

Klik tombol 'Status' untuk menghidupkan dan mematikan FireWall. Untuk pengguna yang belum berpengalaman atau tidak cukup pengetahuan tentang FireWall, biarkan GUFW pada setelan defaultnya.

  • Profile = Home
  • Incoming = Deny
  • Outgoing = Allow

Demikian cara mengaktifkan FireWall di Linux Mint dengan perintah teks dan grafis. Semua pengaturan FireWall diatas merupakan pengaturan dasar dari FireWall. Selanjutnya kita dapat melakukan konfigurasi pada FireWall dengan menambahkan beberapa aturan di FireWall yang akan saya uraikan pada artikel lain. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam menggunakan komputer dan sistem operasi Linux Mint.


EmoticonEmoticon