Tuesday 10 May 2016

Cara Instal Banyak Aplikasi Sekaligus Di Linux Mint Melalui Terminal

Cara Instal Banyak Aplikasi Sekaligus Di Linux Mint Melalui Terminal – Setelah pada postingan sebelumnya saya menulis tentang cara instal dan uninstal aplikasi di Linux Mint, kini saya akan berbagi mengenai cara instal banyak aplikasi sekaligus di Linux Mint melalui terminal linux. Sebenarnya caranya hampir sama ketika kita instal aplikasi melalui terminal linux namun, ada beberapa perintah terminal yang perlu ditambahkan ketika kita menginstal aplikasi dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Bila kita menggunakan pengeola perangkat lunak, kita hanya bisa menginstal satu persatu aplikasi yang terdapat di repository Linux Mint. Meskipun menggunakan terminal linux memerlukan sedikit pemahaman mengenai perintah berbasis teks di sistem linux namun, menggunakan terminal dapat mempercepat proses instal salah satunya adalah bila kita ingin menginstal banyak aplikasi sekaligus dalam satu kali proses.

Hampir semua pengguna sistem linux yang berpengalaman akan lebih menyukai perintah berbasis teks. Selain kita menjadi paham akan perintah-perintah yang ada di sistem linux, kita juga dapat mengetahui proses pemasangan aplikasi secara lebih detail karena proses instalasi aplikasi akan ditampilkan secara urut di dalam terminal linux.

Bila kita menggunakan distro linux yang cara mengoperasikannya sebagian besar menggunakan perintah teks, kita harus paham betul perintah-perintah teks yang ada di dalam sistem linux. Sementara untuk distro Linux Mint memang ditujukan untuk pengguna komputer yang secara umum menyukai perintah grafis dan mudah untuk digunakan. Memang distro Linux Mint sangat cocok bagi pengguna komputer yang baru menggunakan sistem linux, terutama bagi mereka yang ingin beralih dari sistem windows ke linux.

Cara Instal Banyak Aplikasi Sekaligus Di Linux Mint Melalui Terminal

Cara Instal Banyak Aplikasi Sekaligus Di Linux Mint Melalui Terminal


Memang dalam proses instal aplikasi di sistem Linux Mint, kita akan lebih mudah bila melakukan proses instal aplikasi satu persatu dan dapat melihat proses instalasi secara lebih cermat. Namun, bila kita ingin proses yang lebih cepat dan tidak terlalu concern dengan proses instalasi aplikasi, lebih baik melakukan proses instal aplikasi dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu untuk mempercepat proses instalasi terutama pada saat pertama kali instal Linux Mint di dalam komputer desktop/laptop.

A. Siapkan koneksi internet yang stabil dan cepat


Proses instal paket aplikasi yang ada di repository Linux Mint akan membutuhkan koneksi internet (online) untuk download paket aplikasi dari repository resmi Linux Mint. Sebaiknya komputer menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil supaya proses instal aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

B. Lihat Paket Aplikasi Yang Ada Di Repository Linux Mint


Karena kita akan menginstal paket aplikasi yang ada di repository Linux Mint maka, kita harus memastikan bahwa paket aplikasi yang akan kita instal memang ada di repository Linux Mint. Bila ternya paket aplikasi tersebut tidak ada di repository Linux Mint, tentu kita tidak akan dapat menginstal aplikasi tersebut dan perlu menambahkan ppa pihak ke-3 atau instal secara manual menggunakan file .deb.

Melihat daftar paket aplikasi yang ada di repository Linux Mint dapat kita lakukan melalui terminal linux, pengelola perangkat lunak atau synaptic manajer paket. Karena kali ini kita akan menggunakan terminal untuk instal banyak aplikasi sekaligus, saya akan menggunakan terminal untuk melihat daftar paket aplikasi yang ada di repository Linux Mint. Ketik perintah teks di bawah ini pada terminal linux (ctrl-alt-t) :

apt list

Setelah muncul daftar semua paket aplikasi yang ada di repository Linux Mint, lalu cari aplikasi yang akan kita instal melalui tombol pencarian di terminal linux (ctrl-alt-f). Bila aplikasi tersebut ada di dalam daftar, berarti kita dapat menginstal aplikasi tersebut tanpa perlu menambahkan apapun ke dalam sistem Linux Mint.

Misalnya, kita akan menginstal aplikasi inkscape ke dalam sistem Linux Mint. Setelah melalui proses di atas, ketik pada kolom pencarian terminal inkscape. Ternyata aplikasi inkscape terdapat di repository Linux Mint dan siap untuk di instal.

C. Melihat Properties Paket Aplikasi Di Linux Mint


Sebelum melakukan proses instal aplikasi di Linux Mint, sebaiknya kita lihat terlebih dahulu properties paket aplikasi secara lebih detail. Hal ini kita lakukan bila ingin mengetahui lebih detail mengenai paket aplikasi yang akan kita instal. Namun, bila kita tidak perlu mengetahui properties paket aplikasi tersebut maka, langkah ini bisa dilewati atau di abaikan saja. Ketik perintah di bawah ini untuk melihat properties paket aplikasi tertentu di terminal linux, misalnya inkscape :

apt show inkscape

Detail paket aplikasi inkscape :

Package: inkscape
Version: 0.91-7ubuntu2
Priority: optional
Section: graphics
Origin: Ubuntu
Maintainer: Ubuntu Developers <ubuntu-devel-discuss@lists.ubuntu.com>
Original-Maintainer: Debian Multimedia Maintainers <pkg-multimedia-maintainers@lists.alioth.debian.org>
Bugs: https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+filebug
Installed-Size: 85,6 MB
Depends: python:any (>= 2.7.5-5~), libaspell15 (>= 0.60.7~20110707), libatkmm-1.6-1v5 (>= 2.24.0), libc6 (>= 2.14), libcairo2 (>= 1.12.0), libcairomm-1.0-1v5 (>= 1.12.0), libcdr-0.1-1, libfontconfig1 (>= 2.9.0), libfreetype6 (>= 2.2.1), libgc1c2 (>= 1:7.2d), libgcc1 (>= 1:4.0), libgdk-pixbuf2.0-0 (>= 2.22.0), libglib2.0-0 (>= 2.41.1), libglibmm-2.4-1v5 (>= 2.46.0), libgnomevfs2-0 (>= 1:2.17.90), libgomp1 (>= 4.9), libgsl2, libgtk2.0-0 (>= 2.24.0), libgtkmm-2.4-1v5 (>= 1:2.24.0), libgtkspell0 (>= 2.0.10), libjpeg8 (>= 8c), liblcms2-2 (>= 2.2+git20110628), libmagick++-6.q16-5v5 (>= 8:6.8.9.9-7), libpango-1.0-0 (>= 1.22.0), libpangocairo-1.0-0 (>= 1.14.0), libpangoft2-1.0-0 (>= 1.14.0), libpangomm-1.4-1v5 (>= 2.38.0), libpng12-0 (>= 1.2.13-4), libpoppler-glib8 (>= 0.18.0), libpoppler58 (>= 0.41.0), libpopt0 (>= 1.14), librevenge-0.0-0, libsigc++-2.0-0v5 (>= 2.6.1), libstdc++6 (>= 5.2), libvisio-0.1-1, libwpg-0.3-3, libx11-6, libxml2 (>= 2.7.4), libxslt1.1 (>= 1.1.25), zlib1g (>= 1:1.1.4)
Recommends: aspell, imagemagick, libgnomevfs2-extra, libimage-magick-perl, libwmf-bin, python-lxml, python-numpy, transfig
Suggests: pstoedit, dia | dia-gnome, libsvg-perl, libxml-xql-perl, python-uniconvertor, ruby
Homepage: http://www.inkscape.org/
Task: ubuntu-usb, edubuntu-desktop-gnome, edubuntu-usb, ubuntustudio-video, ubuntustudio-graphics
Supported: 5y
Download-Size: 12,3 MB
APT-Manual-Installed: yes
APT-Sources: http://archive.ubuntu.com/ubuntu xenial/main amd64 Packages
Description: vector-based drawing program
 Inkscape is an illustration editor which has everything needed to
 create professional-quality computer art. You can use it to make
 diagrams and illustrations, technical drawings, web graphics, clip art,
 icons and logos. A collection of hands-on tutorials show you how to
 combine lines, shapes and text of different types and styles to build
 up a picture.
 .
 A selection of powerful vector graphics editing tools comes as
 standard. There is excellent support for paths, gradients, layers,
 alpha transparency and text flow control. An extensive library of
 filters allow you to apply realistic effects and extensions allow you
 to work with bitmaps, barcodes and printing marks, amongst other things.
 .
 Most of the common vector formats are supported, including PDF, Adobe
 Illustrator and AutoCAD files, and it has unrivalled support for the
 SVG web graphics standard.

D. Instal Banyak Aplikasi Sekaligus Di Linux Mint


Lakukan cara diatas untuk semua paket aplikasi yang akan kita instal di Linux Mint. Setelah itu baru kita instal paket aplikasi tersebut sekaligus dalam satu proses perintah. Misalnya kita akan menginstal aplikasi “inkscape, pinta, exaile, audacious, geany dan gkamus”. Ketik perintah teks di bawah ini pada terminal linux :

sudo apt-get install inkscape pinta audacious geany gkamus

Semudah itu dalam melakukan instal banyak aplikasi sekaligus di sistem Linux Mint. Sebenarnya cara ini sama dengan cara instal aplikasi melalui terminal, kita hanya menambahka nama paket aplikais secara berurutan dengan memberi spasi diantara nama paket aplikasi. Demikian cara instal banyak aplikasi sekaligus di sistem Linux Mint. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menggunakan sistem operasi komputer Linux Mint.


EmoticonEmoticon