Saturday 29 August 2015

Merubah Tampilan LibreOffice, Ikon Toolbar, Font, Background, Boundary dan Grid

Tags

Merubah Tampilan LibreOffice Writer – Sebagai aplikasi perkantoran default sistem Linux Mint, LibreOffice sangat powerfull dengan tampilan yang dapat diubah sesuka hati. Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai cara merubah tampilan ikon toolbar, font dokumen, Background dokumen dan Menampilkan Grid pada LibreOffice Writer.

Aplikasi berbasis sumber terbuka ini dapat kita gunakan secara gratis dan dapat berjalan pada platform Linux, Windows dan Mac OS. LibreOffice dikembangkan oleh The Document Foundation dan beserta komunitas LibreOffice yang ada. LibreOffice dapat menjadi alternatif sekaligus pengganti MS Office Windows bila kita ingin menggunakan aplikasi perkantoran dengan fiture sebaik MS Office namun bersifat gratis.


Merubah Tampilan LibreOffice, "Ikon Toolbar, Font, Background dan Grid"

Cara Mengganti Tampilan LibreOffice Writer


Tidak seperti aplikasi perkantoran microsoft office 2007 ke atas, LibreOffice memiliki tampilan seperti Apache OpenOffice yang memang merupakan basis dari LibreOffice. Sebagai informasi tambahan, LibreOffice merupakan turunan dari OpenOffice yang sekarang bernama Apache OpenOffice semenjak di akuisisi oleh Sun Microsystem. Bila kita ingat MS Office 2003, tampilan LibreOffice mirip seperti itu. Klasik dan sangat mudah dan cepat untuk memahami setiap menu pada LibreOffice.

1. Mengubah Ukuran dan Style Ikon Toolbars


Ikon pada LibreOffice merupakan tombol fungsi yang digunakan untuk mengeksekusi perintah sesuai dengan masing-masing bentuk ikon tersebut. Tombol ikon ini terdapat di Toolbar Menu dengan ukuran (kecil atau besar) yang bisa kita tentukan.

Secara default, ukuran Ikon dan Style LibreOffice adalah Large dengan tema Human. Sebelum kita mengganti atau menerapkan Style (tema) Ikon lainnya (Tango, Oxygen, Breeze, High Contrast, Sifr, Galaxy dan Elementary) kita harus memasangya terlebih dahulu tema ikon tersebut, kecuali ketika kita memasang/install LibreOffice secara Offline menggunakan file (.deb) yang kita download di situs web libreoffice.org maka, tema ikon LibreOffice sudah ikut terinstal dan kita tidak perlu menginstalnya lagi.

Berikut cara mengganti tema dan ukuran ikon LibreOffice :

Merubah Tampilan LibreOffice, "Ikon Toolbar, Font, Background, Boundary dan Grid"
  1. Klik Tools > Options
  2. Pilih LibreOffice > View
  3. Lihat pada bagian User Interface > Icon size and Style
  4. Pilih ukuran Ikon dan Style LibreOffice
Sekarang Ikon terlihat lebih menarik dan bervariasi. Kita dapat mengganti style Ikon LibreOffice sesering mungkin supaya tidak bosan dan jenuh saat menggunakan aplikasi perkantoran gratis paling populer saat ini

2. Mengubah Background Halaman Dokumen


Secara Default, LibreOffice menggunakan latar belakang yang identik  dengan warna putih. Bila kita bosan dengan warna background putih, kita dapat mengganti dengan warna lain yang menurut kita lebih menarik.

Gunakanlah warna yang membuat mata tidak cepat lelah atau jangan gunakan warna yang terlalu tajam dan tidak nyaman untuk dilihat berlama-lama

Untuk merubah warna latar belakang LibreOffice dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi LibreOffice
  2. Pilih Tools > Options
  3. Pilih LibreOffice > Application Colors
  4. Lihat pada Custom Color > General > Document Background
  5. Pilih salah satu warna yang kita suka

3. Mengubah Warna Font (Teks) Dokumen LibreOffice Writer


Setelah merubah warna latar belakang (background) LibreOffice, maka warna teks juga harus di sesuaikan supaya terlihat dengan jelas. Berikut ini cara mengubah warna teks di halaman dokumen LibreOffice.
  1. Buka aplikasi LibreOffice
  2. Pilih Tools > Options
  3. Pilih LibreOffice > Application Colors
  4. Lihat pada Custom Color > General > Font Color
  5. Pilih salah satu warna pilihan anda

4. Mengubah Warna Batas Teks (Text Boundary)


Pada halaman dokumen LibreOffice Writer, terdapat batas untuk penulisan teks. Indikator batas ini terdapat di setiap pojok halaman dokumen LibreOffice dengan warna gray pada setelan defaultnya. Bila kita merubah warna latar belakang halaman dokumen LibreOffice, mungkin kita perlu merubah juga warna batas teks (text boundary) supaya dapat terlihat dengan jelas. Berikut langkah-langkah untuk merubah warna batas teks halaman dokumen LibreOffice Writer :
  1. Buka aplikasi LibreOffice
  2. Pilih Tools > Options
  3. Pilih LibreOffice > Application Colors
  4. Lihat pada Custom Color > General > Text Boundaries
  5. Pilih salah satu warna yang kita kehendaki
Bila batas teks belum terlihat di halaman dokumen LibreOffice, Klik menu View --> Text Boundaries

5. Merubah Warna Grid


Grid pada halaman dokumen LibreOffice Writer dalam keadaan tidak aktif (tersembunyi). Untuk menampilkan Grid pada halaman dokumen LibreOffice, dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

Merubah Tampilan LibreOffice, "Ikon Toolbar, Font, Background, Boundary dan Grid"
  1. Buka aplikasi LibreOffice
  2. Pilih Tools > Options
  3. Pilih LibreOffice Writer > Grid
  4. Centang pada bagian Visible Grid
Selanjutnya kita dapat merubah warna grid yang pada setelan defaultnya berwarna gray dengan cara sebagai berikut :
  1. Pilih Tools > Options
  2. Pilih LibreOffice > Application Colors
  3. Lihat pada Text Dokument > Grid
  4. Pilih salah satu warna yang kita kehendaki
Jangan lupa untuk mencentang pada setiap bagian yang telah kita tentukan warnanya pada setelan Application Colors LibreOffice, setelah itu Klik tombol OK. Lihat pada Gambar Diatas!

Ada salah fiture menarik lainnya yang dapat kita terapkan untuk mempercantik tampilan LibreOffice yaitu menggunakan tema Firefox di LibreOffice. Saya tidak menuliskannya di sini namun, pada artikel lainnya.

Kesimpulan


Meskipun sebagai aplikasi perkantoran yang bersifat gratis, LibreOffice bukan berarti tidak berkualitas, justru sangat powerfull dan dapat dijadikan alternatif bahkan sebagai pengganti aplikasi perkantoran yang berbayar seperti misalnya, microsoft office. Demikian cara merubah tampilan ikon, font, background dan grid LibreOffice Writer. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon