Tuesday 7 November 2017

Cara Install Gnome Web (Epiphany) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Tags

Gnome Web - Linux Mint, ubuntu dan debian menggunakan Mozilla Firefox sebagai peramban situs web default sistem. Kita dapat install lebih dari satu web browser dan dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu waktu. Banyak pilihan untuk peramban situs web di sistem Linux, mulai dari yang ringan dengan fiture yang sederhana sampai yang memiliki fiture lengkap.



Bila kita lihat di repository sistem Linux, kita akan mendapati beberapa paket aplikasi web browser di antaranya yaitu Mozilla Firefox, Chromium, konqueror, midori dan lain-lain. Sementara untuk Google Chrome dan Opera Browser kita bisa download file installer-nya di masing-masing situs web. Kali ini saya akan sedikit menguraikan mengenai web browser yang dikembangkan oleh projek gnome. Web browser ini bernama gnome web dengan code name Epiphany.

Cara Install Gnome Web (Epiphany) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Sekilas Mengenai Gnome Web

Gnome web memiliki tampilan yang simpel dan bersih khas aplikasi gnome. Fiture yang dibawa cukup lengkap namun, tidak sebanyak Mozilla Firefox, Chrome dan Opera browser. Gnome web berbasis open source dan dapat kita gunakan secara gratis di sistem Linux.

Nama asli dari aplikasi ini yaitu Web, kita lebih mengenalnya sebagai gnome web atau epiphany browser. Karena pada awalnya gnome web memang bernama epiphany (2003-2012) sebelum akhirnya berubah nama menjadi Web. Gnome web merupakan turunan dari Galeon dengan menggunakan antarmuka yang jelas dan ringkas.

Gnome web menggunakan Webkit untuk merender halaman web. Mesin layout ini sama seperti yang digunakan pada Google Chrome dan Apple Safari. Aplikasi ini menjadi web browser default sistem distro Elementary OS. Bila anda tahu, elementary os merupakan salah satu distro Linux dengan tampilan desktop yang cantik dan menarik. Distro Linux  Elementary OS menggunakan lingkungan desktop yang dikembangkannya sendiri yaitu pantheon. Gnome web berbasis open source di bawah lisensi GNU General Public Lisense (GNU GPL). (https://en.wikipedia.org/wiki/GNOME_Web)

Cara Install Gnome Web Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Pengguna distro Linux mint, ubuntu dan debian dapat menginstall aplikasi ini menggunakan paket aplikasi yang terdapat di repository masing-masing distro Linux. Kode nama dari aplikasi ini yaitu epiphany-browser (mint, ubuntu, debian). Untuk menginstall gnome web caranya sama seperti menginstall aplikasi lainnya di Linux. Buka terminal Linux (Ctrl+Alt+t) lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install epiphany-browser

Setelah proses instalasi gnome web selesai, kita dapat menjalankan aplikasi ini melalui menu ⇾ internet ⇾ web (browse the web)

Menu Di Gnome Web

Menu di Gnome web seperti aplikasi peramban situs web yang lain. Kita dapat mengatur berbagai setelan melalui menu di gnome web ini. Desain tampilannya memang sedikit berbeda, tidak seperti Mozilla Firefox, Chrome atau Opera browser. Biasanya setiap aplikasi akan memiliki tampilan khas sesuai dengan selera pengembang aplikasi, demikian juga dengan gnome web ini.

Menu PREFERENCES gnome web cukup simpel hanya terdiri dari beberapa pengaturan saja. Kita dapat mengubah setelah search engine, plugin, folder download, font, password dan bahasa melalui setelan preferences ini.

Gnome web juga dilengkapi dengan incognito window (mode penyamaran), dimana kita dapat menggunakannya untuk menjaga privacy kita saat menggunakan gnome web. History dan bookmarks juga ada di gnome web, sehingga kita dapat menggunakannya untuk mengunjungi situs web yang pernah kita kunjungi sebelumnya.

Gnome web sudah mendukung multi tab dengan gaya yang cukup elegan khas gnome. Bisa dikatakan web browser ini merupakan salah satu web browser dengan tampilan modern. Gnome web cukup ringan dan tidak memakan banyak sumber daya. Kita dapat menggunakannya sebagai alternatif dari Mozilla Firefox, Chrome atau Opera browser. Bila anda suka dengan gnome web ini, mungkin saja anda akan menggunakannya sebagai aplikasi default web browser sistem Linux yang anda pakai.


Bila anda suka sesuatu yang simpel mungkin anda akan menyukai web browser yang dikembangkan oleh gnome project ini

Kesimpulan

Gnome web atau epiphany browser ini dapat kita gunakan sebagai alternatif Mozilla Firefox di sistem Linux mint, ubuntu dan debian. Dengan menggunakan atau mencoba banyak web browser tentu akan menambah pengalaman kita dalam berselancar di dunia maya. Demikian sekilas mengenai gnome web, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon