Monday 16 October 2017

Cara Menambah Atau Memasang Gadget/Widget Di Blogspot Blogger


Memasang Gadget Di Blog - Menambahkan gadget atau widget di blog platform blogspot (blogger) dapat kita lakukan dengan cukup mudah. Blogger sendiri menyediakan menu Tata Letak (Layout) yang menampilkan desain tata letak dari setiap gadget blog. Kita tinggal klik pada tombol menu “Add Gadget” dan setelah itu pilih salah satu gadget yang akan kita tambahkan ke dalam layout blog.

Gadget merupakan salah satu element blog yang letaknya dapat dipindah-pindah sesuai dengan selera kita masing-masing. Sebaiknya gunakan gadget yang memang diperlukan saja pada blog sehingga tidak memenuhi ruang halaman beranda blog.



Blogger menyediakan banyak macam gadget yang bisa kita tambahkan di blog tanpa perlu edit html. Tidak hanya itu saja, blogger.com juga menyediakan gadget html/javascript untuk kita isi dengan bahasa pemrograman html atau javascript.

Cara Menambah Atau Memasang Gadget/Widget Di Blogspot Blogger

Cara Menambah Atau Memasang Gadget/Widget Di Blogspot Blogger

Memasang atau menambah gadget di blogspot dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Menambahkan Gadget

  • Sign in ke blogger.com
  • Lihat menu Tata Letak (Layout) di dashboard blog
  • Lihat pada layout gadget blog, kita dapat menambahkan gadget blog melalui menu Tata Letak ini
  • Klik pada tombol “Tambahkan Gadget” , pada element blog yang akan kita tambahkan gadget/widget
  • Setelah itu akan muncul jendela “Tambahkan Gadget” berisi semua gadget yang tersedia di blogspot
  • Pilih salah satu gadget yang akan kita tambahkan ke dalam blog
  • Beberapa gadget mungkin memerlukan pengaturan terlebih dahulu, silahkan atur setiap gadget yang akan kita tambahkan sesuai dengan gadget tersebut.
  • Terakhir, klik tombol Simpan (Save)

2. Memindahkan Gadget

Setelah berhasil memasang atau menambahkan gadget di blog, kita masih dapat memindahkan gadget tersebut ke sisi (tempat) lain dalam Tata Letak blog. Caranya adalah sebagai berikut :

Klik Gadget > Tahan > Geser ke tempat lain > Lepaskan

Proses memindahkan Gadget di blogspot tidaklah terlalu sulit, kita dapat melihat dengan jelas tempat untuk gadget yang akan di pindahkan, berbentuk kotak persegi dengan garis tepi berupa titik.

3. Menghapus Gadget

Gadget yang tidak terpakai sebaiknya dihapus saja, meskipun sebenarnya dapat disembunyikan melalui setelan html. Cara menghapus gadget adalah sebagai berikut :

Pilih gadget > Klik tombol Edit > Pilih Hapus

Kita dapat menambahkan banyak gadget pada setiap bagian blog. Namun, sebaiknya pasang gadget yang diperlukan saja. Selain melalui menu Tata Letak, kita juga dapat mengatur gadget dengan mengedit html blog. Secara umum proses menambahkan gadget pada blogspot relatif mudah, bahkan oleh mereka yang baru mengenal blogspot. Biasanya, para bloger menambahkan CSS untuk mempercantik tampilan gadget di blog.




Bila anda baru pertama kali mengenal blog, sebaiknya pelajari juga bahasa pemrograman html dan css untuk mempercantik tampilan blog. Sedangkan untuk menambah sentuhan blog supaya lebih interaktif, anda dapat menggunakan bahasa pemrograman java script (ecma script).

Demikian cara menambahkan atau memasang gadget di blogspot, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon