Monday 19 June 2017

Cara Mudah Ekstrak File Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Tags

Cara Mudah Ekstrak File Di Linux Mint, Ubuntu, Debian – File arsip yang kita temui di sistem Linux dapat kita ekstrak kembali untuk menghilangkan format arsip pada file tersebut. Banyak format file arsip yang bisa kita gunakan saat hendak mengkompress satu atau beberapa file dalam satu folder. Pengguna sistem Linux dapat mengekstrak file tersebut dengan mudah menggunakan aplikasi manajer arsip (Achive Manager) untuk Linux.

Silahkan gunakan lingkungan desktop Linux yang paling anda suka di sistem Linux. Gnome, Cinnamon, Pantheon, Mate, LXQT, XFCE, KDE atau yang lainnya. Biasanya dalam metapackage masing-masing desktop Linux tersebut sudah disertakan aplikasi Archive Manager default sistem.

Sebut saja file-roller (Cinnamon, Gnome), Engrampa (Mate) Ark (KDE) dan lain-lainnya. Mereka adalah aplikasi Archive Manager untuk sistem Linux yang dapat berjalan pada lingkungan desktop Gnome dan KDE.


Ekstrak File Di Linux Paling Mudah

Cara Mudah Ekstrak File Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Format file terkompresi yang sering kita jumpai di sistem Linux antara lain : tar.gz, .zip, bzip, 7zip dan .rar. Sebenarnya tanpa Archive Manager kita dapat ekstrak file-file tersebut namun, kita perlu menghafal atau setidaknya memahami perintah teks terminal Linux. Hal ini akan sulit bagi pengguna baru sistem Linux. Menggunakan aplikasi Archive Manager merupakan pilihan terbaik untuk melakukan ekstrak file secara mudah di sistem Linux.

1. Install Archive Manager

Bila kita install Linux menggunakan file ISO lengkap + desktop di dalamnya, biasanya aplikasi Archive Manager sudah ikut terinstall dan kita menyebutnya dengan Archive Manager default sistem. Namun, bila ternyata di dalam sistem Linux yang kita gunakan belum terdapat aplikasi Archive Manager, kita dapat menginstall sesuai dengan lingkungan desktop yang digunakan.

Baca juga : Cara install aplikasi di Linux paling mudah

Misalnya, saya akan menginstall file-roller melalui terminal :

sudo apt install file-roller

Lakukan hal yang sama untuk aplikasi Archive Manager lainnya.

2. Ekstrak File Arsip

File arsip (terkompresi) yang kita temui di sistem Linux dapat kita lihat dan kita ekstrak dengan mudah menggunakan aplikasi Archive Manager. Menggunakan perintah grafis (GUI) yang tentunya mudah digunakan bahkan oleh pengguna sistem baru Linux. Lihat diatas

Cukup jalankan Archive Manager lalu buka file arsip tersebut menggunakan Archive Manager dan silahkan Ekstrak File menggunakan pilihan Menu yang ada di Arhive Manager atau bisa juga dilakukan dengan cara seperti berikut ini :

Klik kanan file arsip > Pilih ekstrak disini (Extrack Here)
Klik kanan file arsip > Pilih ekstrak ke (Extract to)

Aplikasi Archive Manager biasanya terintegrasi baik dengan file manager default sistem. Kita tinggal menggunakannya saja tanpa ada kesulitan yang berarti. Demikian cara ekstrak file di Linux paling mudah, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon