Friday 21 April 2017

Mengatasi Suara Tidak Keluar Di Xfce Debian

Linux Debian Xfce – Setelah instal Linux Debian menggunakan lingkungan desktop Xfce, sound (suara) yang tidak keluar dapat kita atasi tanpa perlu instal aplikasi tambahan. Cukup gunakan aplikasi sound default Debian Xfce yaitu “Xfce4-mixer”. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan “reset” pada pengaturan suara Xfce-mixer.

Xfce merupakan salah satu lingkungan desktop yang ringan dan cepat dan banyak digunakan oleh mereka yang memiliki komputer dengan spesifikasi hardware rendah, terutama pada komputer-komputer tua (old computer) dengan kapasitas RAM dan kecepatan prosesor yang kecil pula.

Banyak distro Linux yang dapat berjalan dengan baik pada komputer-komputer tua seperti ini. Katakan saja, untuk pentium 4 (2.26 GHz) dengan memori 256 MB masih dapat menjalankan distro Linux Debian 8 dengan desktop environment di dalamnya, meskipun performanya kurang maksimal. Bila kita ingin performa yang lebih baik, gunakanlah Memori RAM setidaknya 512MB (lebih besar lebih baik).

Selain Debian, kita juga dapat menggunakan distro Linux Mint, Ubuntu dan distro Linux turunan dari Debian dan Ubuntu yang menggunakan Lingkungan Desktop Xfce. Untuk Linux Mint, kita dapat mencoba edisi “Linux Mint Xfce”, sementara untuk Ubuntu, kita dapat menggunakan varian “Xubuntu”. Kita mungkin tidak akan menemui masalah suara pada Desktop Xfce Ubuntu / Mint, sementar untuk Debian terkadang suara tidak langsung dapat keluar bila kita tidak meresetnya terlebih dahulu.

Selain Xfce,  kita juga dapat menggunakan lingkungan desktop LXDE pada komputer tua dengan spesifikasi hardware rendah. Silahkan pilih sesuai selera masing-masing

Mengatasi Suara (Sound) Yang Tidak Keluar Di Xfce Debian


Kali ini saya akan berbagi kepada pembaca semuanya mengenai cara mengatasi sound (suara) yang tidak keluar pada Linux Debian 8 (Jessie) Xfce. Setelah instal Debian Xfce pada komputer, ternyata suara tidak dapat terdengar di “speaker” komputer. Bila anda mengalami hal ini, bisa mencoba untuk mereset pengaturan suara pada "Xfce-Mixer" dan mudah-mudahan dapat membantu mengatasi hilangnya “suara” tersebut.

Tidak perlu instal paket aplikasi suara apapun, cukup lakukan “reset” pada pengaturan “sound-card” “Xfce4-mixer” dengan cara sebagai berikut :

Mengatasi Suara Tidak Keluar Di Xfce Debian
  1. Buka pengaturan “Settings Editor” : Menu > Settings > Settings Editor
  2. Pilih Xfce4-mixer
  3. Klik pada sound-card
  4. Klik tombol Reset
Setelah selesai, tutup jendela Settings Editor lalu “Log out” atau “Reboot” komputer dan setelah itu coba putar sebuah file audio pada player yang terdapat di sistem komputer. Sekarang suara sudah terdengar pada speaker komputer.

Bila suara tetap tidak terdengar? Coba buka pengaturan “Audio Mixer” (Xfc4-mixer). Biasanya kondisi volume masih dalam keadaan “mute” / “diam”. Silahkan atur volume pada masing-masing panel (Master, Master Mono, Headphone, PCM, Line-in, CD, Microphone).

Setelah “suara” terdengar pada “speaker” komputer, untuk memudahkan kita dalam mengatur volume suara melalui panel Xfce Desktop, silahkan aktifkan “plugin” Audio Mixer pada panel Xfce dengan cara sebagai berikut :

Klik Kanan Panel > Panel > Add New Items > Audio Mixer

Setelah terlihat ikon pengaturan suara di panel Xfce, kita dapat menambah / mengurangi volume suara dengan mudah. Kita juga dapat membuka pengaturan “Audio Mixer” melalui Plugin ini. Demikian cara mengatasi tidak keluarnya sound / suara di Xfce Desktop Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon