Monday 6 March 2017

Menggunakan Word, Excel, Power Point, ONLine Gratis Dari Microsoft

Tags

Office Online Gratis – MS Office menyediakan fasilitas Office ONLine gratis bagi para pemilik akun microsoft. Kita cukup login dengan menggunakan akun microsoft yang kita miliki untuk dapat menggunakan word, excel, powerpoint dan berbagai produk microsoft lainnya. Tidak hanya itu, kita dapat langsung menyimpan dan berbagi file dengan menggunakan oneDrive.

Aplikasi perkantoran atau Office merupakan satu dari sekian banyak aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pengguna komputer, terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau perkuliahan serta pekerja kantoran untuk membuat berbagai dokumen yang diperlukan. Microsoft Office sebagai aplikasi perkantoran yang paling populer di kalangan pengguna sistem Windows, memang memiliki nilai komersil yang cukup mahal. Seringkali kita lebih memilih untuk menggunakan aplikasi perkantoran gratis seperti misalnya : LibreOffice, Apache OpenOffice, WPS Office, Calligra dan lain sebagainya.

Meskipun microsoft Office adalah aplikasi yang berbayar, kita masih dapat menggunakan word, excel, power point dan berbagai produk microsoft Office lainnya secara Gratis meskipun fiture yang ditawarkan tidak sebanyak MS Office yang berbayar. Pengguna internet dapat menikmati fasilitas ini hanya dengan memiliki akun microsoft dan koneksi internet. Fiture yang ditawarkanpun sudah cukup memadai untuk mengerjakan berbagai tugas perkantoran bahkan kita dapat berbagi file langsung melalui media penyimpanan awan (cloud) oneDrive.

Cara Menggunakan Microsoft Office ONLine (Word, Excel, Power Point,..)

Cara Menggunakan Microsoft Office ONLine


Apa saja yang perlu kita siapkan untuk dapat menggunakan MS Office Online ? Tidak banyak yang kita siapkan, cukup komputer / laptop dengan browser internet (Firefox, Chrome, Opera, Edge, Safari,..) dan  koneksi internet yang cukup stabil (bisa menggunakan modem, wifi atau kabel).  Setelah semuanya siap (tersedia), selanjutnya kita dapat membuat akun baru microsoft, silahkan baca : Cara membuat akun baru microsoft outlook/hotmail.
  1. Jalankan peramban situs web
  2. Buka alamat situs  https://products.office.com/id-id/office-online/
  3. Pilih salah satu komponen Office Online yang akan kita gunakan, misalnya : Word
  4. Masuk menggunakan akun microsoft yang baru saja kita buat
  5. Pertama kali kita akan disuguhi informasi layanan terbaru dari produk Online Microsoft, klik saja pada Menu “Word Online” di pojok kiri atas untuk menampilkan berbagai produk microsoft lainnya. Pada halaman Office Online, kita akan melihat berbagai “Template” dokumen yang siap untuk digunakan, yang pasti anda akan puas dengan layanan dari microsoft ini.
  6. Pilh salah satu template dokumen yang disediakan atau pilih “Dokumen Kosong Baru”
  7. Setelah itu, silahkan gunakan papan ketik komputer untuk menulis apa saja yang anda inginkan
  8. Secara otomatis dokumen akan di simpan di oneDrive (cloud storage milik microsoft). Kita tidak perlu menekan tombol “Save” seperti pada Office Offline, dokumen akan otomatis save saat itu juga.
  9. Bila kita ingin mengganti nama file yang secara default memiliki nama “Dokumen 1, Dokumen 2, dst, Klik pada tombol Dokumen 1 lalu ganti nama sesuai dengan yang kita inginkan
  10. Setelah selesai, lihat dokumen yang tersimpan pada oneDrive dengan klik pada tombol oneDrive > Dokumen
  11. Dari oneDrive kita dapat mengunduh dokumen yang baru saja kita buat dengan Office Online. Pilih dokumen (file) yang akan kita unduh (terlihat tanda centang disana) lalu Klik pada tombol Unduh dan simpan di media penyimpana Offline seperti misalnya Hardisk atau Flashdiks
  12. Bila ingin berbagi file ke orang lain, kita dapat melakukannya dengan cukup mudah, klik saja tombol +Bagikan. Kita dapat langsung mengirim ke alamat email orang lain atau buat link (tautan) yang dapat kita sisipkan pada saat menulis email atau dalam berkas lainnya.
Kita juga dapat dengan cepat mengakses Microsoft Office Online melalui Mesin Telusur Bing (bing.com). Klik pada menu Office Online untuk memilih berbagai produk Office dari perusahaan Microsoft

Menggunakan Office ONLine akan memudahkan kita dalam membuat berbagai dokumen perkantoran. Hanya saja memang membutuhkan koneksi internet yang stabil dan lancar. Bila kita tidak mendapai aplikasi perkantoran di dalam komputer yang kita gunakan, menggunakan MS Office ONLine bisa menjadi salah satu alternatif sebagai pengganti Office OFFLine. Demikian cara menggunakan layanan MS Office Online, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon