Thursday 22 December 2016

Cara Mengedit Dokumen Office Di Google Chrome OFFLINE

Office Offline Google Chrome - Pengguna web browser Google Chrome dapat menikmati salah satu fasilitas menarik yang tersedia di Chrome yaitu mengedit file dokumen, spreadsheet, powerpoint dan file hasil olahan Microsoft Office lainnya melalui halaman web browser Google Chrome dengan bantuan ekstensi yang bernama Pengeditan Office.

Model dan tampilan editor file office ini sama dengan dengan Google Docs, dan dapat digunakan secara OFFLINE. Jadi, ketika kita kesulitan saat menggunakan komputer yang tidak terinstal aplikasi Microsoft Office di dalamnya, kita bisa memanfaatkan peramban situs web Google Chrome dengan menambahkan ekstensi Pengeditan Office melalui toko web Chrome. Kita juga dapat mengunduh file hasil editing dengan format file yang sama secara OFFLINE dan ini sangat membantu kita ketika sedang tidak berada dalam jangkauan koneksi internet.  Tidak hanya itu, semua hasil editing akan tersimpan secara otomatis kedalam penyimpanan komputer saat itu juga.

Memang fiture-fiture yang dimilik editor Office Google Chrome ini jauh dari aplikasi perkantoran yang tertanam di sistem komputer seperti misalnya, Microsoft Office, LibreOffice, OpenOffice, WPS Office, Calligra dan lain-lainnya. Namun, dengan adanya editor office online di web browser Google Chrome sedikit banyak akan membantu kita yang dalam kondisi urgent tidak mendapati aplikasi perkantoran di sistem komputer untuk membuka dan mengedit dokumen yang dihasilkan MS Office.

Bila kita menginstal terlebih dahulu aplikasi perkantoran di dalam sistem komputer mungkin akan memakan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan hanya menambahkan ekstensi Pengeditan Office di Google Chrome. Untuk itulah dengan adanya ekstensi ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna web browser Google Chrome terutama mereka yang sering melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, spreadsheet dan power point dalam aktivitas sehari-hari.

Cara Mengedit Dokumen Office Di Google Chrome OFFLINE

Cara Edit Dokumen Word, Excel dan Power Point Di Google Chrome


Untuk dapat menggunakan ekstensi Pengeditan Office ini, kita harus menggunakan web browser Google chrome kalau bisa versi yang terbaru biar lebih maksimal dalam menggunakan ekstensi dan aplikasi di Google Chrome. Tidak cukup hanya memasang web browser Google Chrome saja namun, kita juga harus memiliki akun google atau GMail untuk dapat masuk (sign) di web browser Google Chrome. Setelah itu baru kita menambahkan ekstensi Pengeditan Office di Google Chrome melalui toko web Chrome :
  1. Instal Peramban situs web Google Chrome di dalam sistem komputer
  2. Buat akun Google bila belum memilikinya
  3. Buka Peramban situs web Google Chrome dan masuk dengan menggunakan akun Google yang kita miliki
  4. Buka toko web Chrome dan ketik pada kolom pencarian pengeditan office - klik pada tombol ekstensi untuk menyortir hasil pencarian khusus ekstensi saja - Klik tombol Tambahkan ke Chrome pada ekstensi Pengeditan Office

Membuka Dan Mengedit File MS Office di Chrome


Setelah proses pemasangan atau penambahan ekstensi Pengeditan Office di Google Chrome selesai, kita dapat mencobanya dengan menggunakan dokumen word, excel atau power point yang kita miliki. Kita bisa memutuskan koneksi internet terlebih dahulu unutk mengedit dokumen office secara offline.

1. Klik Tab baru di web browser Google Chrome
2. Seret dan Lepaskan (drag & drop) file dokumen word, excel atau power point ke dalam halaman Chrome tersebut dan dalam sekejap saja sebuah Editor Office (google docs) akan terbuka dan siap untuk mengedit file dengan format Microsoft Office
3. Ketika kita akan mengedit file tersebut muncul pesan pemberitahuan seperti di bawah ini :

Hasil Pengeditan Tidak Akan Otomatis Disimpan.  Simpan Sekarang

Klik pada tombol Simpan Sekarang untuk menyimpan dokumen hasil editing ke dalam penyimpanan komputer. Kita bisa tetap menggunakan format dokumen yang sama atau menggunakan format dokumen lainnya yang bukan milik dari Microsoft Office (terserah anda) cukup ketikan jenis format file yang akan kita simpan pada bagian akhir dari nama file yang dipisahkan dengan tanda titik misalnya, dokumen saya.doc, dokumen saya.odt, dokumen saya.xml, dokumen saya.docx dan lain sebagainya.
4. Proses penyimpanan file hasil edit bersifat running ontime, dimana ketika kita mengetikan sebuah teks maka, saat itu juga file akan tersimpan atau diperbarui secara otomatis tidak ada jarak waktu dalam penyimpanan file otomatis ini dan semua di simpan saat itu juga.
5. Selain itu, terdapat juga tombol Download yang memang difungsikan untuk mendownload File hasil editing dengan format file yang sama atau dalam bentuk format file lainnya.
6. Bila terkoneksi internet, kita dapat menyimpan file ke dalam Google Drive dan Berbagi file ke orang lain dengan cukup mudah.

Memang banyak sekali editor teks offline yang bisa kita gunakan namun, terkadang tidak semua komputer terpasang aplikasi office. dengan menggunakan editor teks di web browser Google Chrome akan mempermudah pekerjaan kita dalam mengolah data dan dokumen office serta menambah pengalaman kita dalam menggunakan office Google Chrome.  Demikian artikel singkat mengenai cara mengedit dokumen word, excel dan power point di Google Chrome Secara OFFLINE, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon