Monday 14 November 2016

Cara Memperbaiki RAM Laptop Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi

Tags

Memperbaiki Memory RAM Laptop Yang Rusak - Memori RAM Laptop atau komputer (PC) yang rusak akan menyebabkan laptop tidak dapat berfungsi dengan baik dan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Memperbaiki ram laptop yang rusak dapat kita lakukan bila kita mengetahui penyebab dari kerusakan memori ram itu sendiri. Bila kerusakan bukan pada ic atau module ram, kemungkinan ram tersebut masih bisa diperbaiki dan digunakan kembali dengan baik.

Supaya kita dapat lebih cermat dalam menganalisa kerusakan memori RAM, sebaiknya kita mengetahui gejala atau akibat yang ditimbulkan ketika ram pada laptop atau komputer (PC) tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Memang memori ram adalah komponen laptop yang sering mengalami kerusakan bila pemakaian laptop terlalu memaksakan untuk aplikasi yang berat atau penggunaan arus listrik yang tidak sesuai atau penggunaan tegangan listrik yang tidak stabil. RAM laptop/pc memiliki kapasitas maksimal yang bisa terbaca oleh prosesor sehingga dalam melakukan upgrade ram, sebaiknya tidak melebihi batas maksimal ram tersebut.

Ada beberapa ciri yang bisa kita lihat ketika memori ram laptop mengalami kerusakan. Yang paling sering terjadi adalah laptop tidak bisa booting dan terdengar bunyi biiip ram dengan jeda waktu yang sama pada setiap bunyi biiip dan kontinyu. Selain itu, kita juga dapat mengamati kerusakan memori ram ketika laptop mengalami blackscreen atau bluescreen. Hal ini terjadi karena laptop tidak dapat menampilkan data atau file aplikasi yang sedang berjalan pada layar laptop atau komputer (PC).



Cara Memperbaiki RAM Laptop Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi

Indikasi Ram Laptop Rusak


Sesuai dengan fungsi memori ram yaitu menyimpan data sementara (volatile) pada komputer (PC) untuk ditampilkan di layar monitor sebelum dilakukan penyimpanan pada media hardisk (flasdisk). Indikasi lain yang bisa kita lihat ketika memori ram rusak atau lemah adalah laptop sering mengalami restart sendiri yang disebabkan karena memori ram memang sudah tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik di dalam sebuah komputer (PC) atau laptop. Setelah kita cermati setidaknya ada 4 hal yang mengindikasikan bahwa ram laptop rusak atau tidak terdeteksi oleh sistem komputer:

(1) Terdengar bunyi biip
(2) Layar laptop mengalami blackscreen/bluescreen
(3) Laptop atau komputer (PC) tidak bisa booting
(4) Laptop atau komputer (PC) sering restart sendiri

Cara Memperbaiki Memori RAM Laptop Yang Rusak


Setelah mengetahui ciri-ciri kerusakan pada ram laptop, selanjutnya kita dapat mulai melihat apakah memori ram tersebut masih bisa diperbaiki atau tidak. Bila memungkinkan maka, kita dapat memperbaiki ram laptop yang rusak dengan beberapa cara yang cukup mudah dilakukan. Yang pasti setiap memori ram laptop atau komputer (PC) akan mengalami kerusakan baik itu cepat atau lambat tergantung dari pemakaian perangkat komputer (PC) itu sendiri.

Memori laptop yang rusak atau tidak terdeteksi diakibatkan oleh tidak terbacanya ram laptop di sitem komputer. Entah itu karena sudah rusak atau hanya sekedar kotor saya dan perlu dibersihkan. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan memori ram laptop atau komputer (PC) menjadi tidak berfungsi :

1. Memori RAM Laptop Kotor


Pin-pin (kaki-kaki) ram yang merupakan sirkuit penghubung antara ram dan laptop rentan terhadap kotor. Debu yang menempel di pin-pin memori ram akan menyebabkan terhambatnya arus listrik yang mengalir ke dalam memori ram. Hal inilah yang menyebabkan ram laptop menjadi tidak berfungsi karena tidak mendapat supply arus listrik atau terganggunya aliran arus listrik ke dalam ram. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat membersihkan pin-pin ram yang kotor tersebut dengan menggunakan penghapus pensil yang putih bersih (staedtler) dengan cara menggosok-gosokannya pada pin-pin memori ram.

Pegang memori ram pada kedua ujungnya dengan jari-jemari (jangan menyentuh pin-pin ram) lalu ambil penghapus pensil dan gosokan pada pin-pin ram sampai bersih (mengkilap)

Setelah itu coba pasang kembali memori ram pada laptop dan hidupkan laptop. Bila ram masih tidak berfungsi maka, coba ulangi proses pembersihan sekali lagi. Namun, bila masih tidak berfungsi cobalah untuk bersihkan pin-pin memori ram tersebut dengan menggunakan tiner. Setelah itu keringkan memori ram dengan cara diangin-anginkan (pastikan sampai kering) baru dipasang kembali ke dalam laptop.

Bila perlu bersihkan juga slot memori RAM karena bisa jadi slot ram kotor akibat debu yang masuk dan jarang kita bersihkan

2. Slot (tempat) RAM Sudah Rusak


Selain memori ram yang kotor, tidak terdeteksinya ram laptop bisa juga disebabkan karena slot ram yang rusak. Kerusakan pada slot memori ram bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya laptop memliliki dua slot memori ram yang bisa kita gunakan. Cobalah ram pada slot yang lain untuk memastikan apakah kerusakan pada slot ram atau memori ram.

3. Memori RAM Sudah Lemah (Lemot)


Sebagai benda elektronik tentu memori ram akan mengalami kerusakan pada suatu hari nanti. Bila ram laptop digunakan secara benar (tidak untuk menjalankan aplikasi berat) dengan arus listrik yang stabil, kemungkinan akan awet dan memiliki usia yang cukup panjang. Namun, kemampuan memori ram akan menurun dan membuat laptop menjadi lamban (slow loading). Bila hal ini terjadi pada laptop yang kita gunakan maka, sebaiknya mulai memikirkan untuk mengganti memori ram laptop dengan yang baru supaya performa laptop tidak menurun dan tetap nyaman digunakan.

4. Pemasangan RAM Tidak Pas


Slot dan Memori ram merupakan dua tempat yang berpasangan. Satu sama lainnya sudah dibuat sedemikian rupa dengan ukuran yang tepat dan tingkat presisi yang baik. Pemasangan ram yang tidak pas akan menyebabkan memori ram tidak dapat terdeteksi oleh sistem laptop dan pastinya laptop tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini bukanlah hal yang sulit karena kita hanya perlu melepas dan memasang kembali ram dari dan ke slotnya. Setelah itu hidupkan laptop atau komputer (PC) dan lihat hasilnya.

Kita harus cermat dalam memperbaiki kerusakan pada memori ram, jangan sampai pada saat kita mencoba untuk memperbaiki ram malahan tambah merusak memori ram. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah perbaikan dari cara yang paling mudah diikuti dengan cara lain yang memerlukan perlakuan lebih

Misalnya seperti ini :

Ketika saya hendak menghidupkan laptop ternyata laptop tidak bisa booting dan layar laptop terlihat blackscreen. Karena saya berpikir kerusakan terjadi pada memori ram maka, saya mencoba untuk memperbaikinya supaya laptop saya dapat normal kembali, berikut langkah-langkah cara memperbaiki ram laptop yang rusak :

(1) Matikan Laptop
(2) Lepas casing atau penutup memori ram
(3) Lepas memori ram dari slotnya
(4) Pasang kembali memori ram pada slotnya
(5) Hidupkan laptop

Ternyata laptop tetap tidak berjalan dengan baik dan tidak mau booting, langkah selanjutnya adalah :

(1) Matikan Laptop
(2) Lepas kembali memori ram dari slotnya
(3) Bersihkan pin-pin memori ram dengan penghapus pensil (2B) yang bersih
(4) Pasang kembali memori ram ke dalam slotnya
(5) Hidupkan laptop

Ternyata laptop tetap tidak berjalan dengan baik dan tidak mau booting, langkah selanjutnya adalah membersihkan pin-pin memori ram dengan menggunakan tiner. Bila masih tetap tidak berhasil maka, kemungkinan slot memori ram yang rusak atau ram memang sudah rusak dan perlu diganti dengan ram yang baru.

Kesimpulan


Memperbaiki memori ram laptop dapat kita lakukan bila kerusakan terjadi pada faktor eksternal laptop. Namun, bila memori ram tersebut memang sudah rusak dan perlu diganti maka, sebaiknya kita menggantinya dengan yang baru karena ram yang sudah lemah akan membuat performa komputer (PC) menurun dan pastinya tidak nyaman untuk digunakan. Demikian cara memperbaiki memori ram laptop yang rusak semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon