Tuesday 11 October 2016

17 Fiture Google Chrome Yang Perlu Kita Ketahui

Fiture Google Chrome - Sebagian besar pengguna internet, khususnya di Indonesia pasti sudah mengenal dan pernah menggunakan Chrome Browser untuk berselancar di internet. Google Chrome memang memiliki banyak fiture, ekstensi dan aplikasi yang bisa kita peroleh di Webstore Chrome. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google Chrome merupakan salah satu browser terbaik saat ini.

Banyak trik menarik yang bisa kita lakukan di Chrome, termasuk beberapa diantaranya adalah menggunakan fiture tersembunyi dari Chrome. Bagi yang baru memasang Chrome di sistem komputer/laptop, mungkin belum mengetahui beberapa tips menarik yang dapat kita terapkan saat menggunakan Chrome. Fiture-fiture Chrome ini akan mempermudah dan menambah pengalaman kita saat dalam menggunakan Google Chrome.

17 Fiture Google Chrome Yang Perlu Anda Ketahui

17 Fiture Google Chrome Yang Perlu Kita Ketahui


Pertama kali kita membuka Google Chrome, kita akan menjumpai halaman depan (beranda) Chrome yang secara default akan menampilkan mesin telusur Google. Chrome memang terkenal dengan browser yang ringan berjalan di komputer dengan banyak fiture menarik dan hal inilah yang membuat Google Chrome banyak memiliki pengguna. Berikut 17 Fiture Menarik Google Chrome yang perlu kita ketahui :

1. Membuka Tab Baru Dan Menghapus Tab


Membuka tab baru dapat kita lakukan dengan menekan tombol New Tab pada Chrome browser. Namun, ada cara lain yang lebih simpel dan mudah tanpa perlu menggunakan mouse komputer yaitu dengan hanya menekan tombol : ctrl-t Atau (⌘-t pada Mac OS)

Begitu juga saat kita ingin menutup Tab halaman Chrome cukup dengan hanya menekan tombol ctrl-w (⌘-w pada Mac OS)

2. Berpindah Antar Tab


Tak perlu pakai mouse untuk berpindah antar tab di Chrome, cukup gunakan kombinasi tombol papan ketik saja. Setiap tab Chrome merupakan urutan angka 1,2,3 dan seterusnya. Gunakan tombol ctrl-angka (⌘-angka pada Mac OS).

Cara lain untuk berpindah antar tab di Chrome tanpa menggunakan mouse adalah dengan menekan kombinasi tombol keyboard ctrl-tab (kearah kanan) dan ctrl-shift-tab (kearah kiri). Bagi pengguna Mac OS gunakan tombol ⌘-option-anak panah kanan/kiri.

3. Membuka Kembali Halaman Tab Yang Tertutup (Ditutup)


Mungkin kita tidak sengaja menutup halaman tab di Chrome karena salah pencet atau memang sengaja kita tutup, namun kita ingin kembali ke halaman tersebut karena masih kita perlukan. Kita tidak perlu membuka dari awal lagi halaman tab yang baru saja kita tutup atau dari history Chrome. Ada cara yang lebih baik mudah dan cepat untuk digunakan yaitu dengan hanya menekan tombol ctrl-shift-t ( ⌘-shift-t pada Mac OS)

4. Membuat Halaman Chrome menjadi Seperti Text Editor


Salah satu fiture yang cukup menarik dari Chrome adalah membuat halaman Chrome menjadi seperti Text Editor dan kita dapat menuliskan apa saja disana. Ketik data:text/html, <html contenteditable> dan setelah itu akan muncul halaman kosong yang dapat kita isi dengan text (tulisan).

5. Menghemat Paket Data (Khusus untuk pengguna iPhone dan Android)


Melalui pengaturan Bandwidth Management dalam menu setting, kita dapat mengatur pemakaian data internet dengan menggunakan fiture data saving.

6. Akses History Chrome Dengan Cepat


Untuk mengakses history Chrome dengan cepat, gunakan tombol ctrl-h ( ⌘-y untuk Mac OS).  Selanjutnya kita dapat membuka opsi untuk menghapus data penjelajahan dengan menggunakan tombol ctrl-shift-del (⌘-shift-del untuk Mac OS).

7. Membuka Task Manager (Pengeloal Tugas) Chrome


Google Chrome memiliki Task Manager sendiri yang dapat kita gunakan layaknya task manager pada sistem operasi komputer. Gunakan tombol shift-esc untuk membuka task manager Chrome.

8. Seleksi Atau Highlight Alamat Web Site


Kita dapat menyeleksi alamat situs web yang sedang kita buka dengan cara menekan tombol Ctrl-l atau Alt-d atau F6 (⌘-l untuk Mac OS). Biasanya kita melakukan ini pada saat ingin melakukan copy paste alamat situs web untuk kita simpan atau membuat tautan (link).

9. Pin Tab (Sematkan Tab)


Pin atau Sematkan pada Tab Chrome dapat kita lakukan untuk membuat tab halaman Chrome yang sedang terbuka menjadi 'Terpaku'. Hal ini dilakukan supaya tab selalu dalam kondisi tetap,  mungkin kita tidak sengaja menekan tombol Close pada Chrome, dengan melakukan pin pada tab Chrome, halaman tab tidak akan tertutup. Klik kanan tab Chrome lalu Klik Sematkan Tab.

10. Menampilkan Resource Atau Inspeksi Laman Chrome


Ada falisitas Google Chrome yang dapat digunakan terutama oleh para web master untuk melihat resources atau kode sumber dari halaman Chrome, atau kita lebih sering menyebutnya dengan melakukan Inspeksi (membuka alat pengembang) pada halaman web browser. Gunakan tombol ctrl-shift-j atau F12. Sedangkan bagi pengguna Mac OS dapat menggunakan tombol ⌘-Option-i

11. Menggunakan Kalkulator Sederhana Pada Chrome


Kalkulator sederhana juga ada di dalam Chrome. Gunakan address bar (kolom alamat situs  web) untuk menuliskan perhitungan sederhana misalnya : 28*14 . Setelah itu akan muncul sebuah kalkulator sederhana online dan kita dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai perhitungan.

17 Fiture Google Chrome Yang Perlu Kita Ketahui, Menggunakan Kalkulator Di Chrome


12. Memperbesar Dan Memperkecil Tampilan Halaman Chrome (zoom)


Tampilan halaman Chrome dapat kita perbesar dan perkecil, terutama ketika kita mengunjungi situs web dengan ukuran font yang terlalu kecil dan sulit untuk membaca artikel yang ada di dalamnya. Fiture ini sebenarnya fiture umum yang terdapat di berbagai web browser. Gunakan tombol ctrl dan scroll mouse untuk melakukan zoom in/out. Fiture ini juga dapat kita akses melalui Menu Chrome ꟷ Zoom (di pojok kanan atas)

13. Melakukan Berbagai Konversi Satuan Sederhana Melalui Address Bar Chrome (Unit Converter)


Selain dapat digunakan sebagai kalkulator, address bar Chrome juga dapat digunakan sebagai converter berbagai unit satuan hitung, seperti : derajat, waktu, panjang, hari dll. Misalnya , kita akan merubah hari ke dalam satuan waktu (jam), maka ketik teks berikut pada address bar Chrome.


17 Fiture Google Chrome Yang Perlu Kita Ketahui, konversi bilangan dan satuan di chrome


14. Sebagai Penampil Gambar


Chrome tidak hanya digunakan untuk merambah internet saja, salah satu fiture menarik dan banyak dimiliki oleh beberapa web browser lainnya adalah sebagai Penampil Gambar. Bila kita memiliki objek gambar pada penyimpanan komputer, maka kita dapat membuka gambar tersebut dengan aplikasi penampil gambar seperti Windows photo viewer (Windows)atau xViewer (Linux mint 18) atau yang lainnya.

Namun, bila kita sedang menggunakan Chrome dan enggan membuka aplikasi penampil gambar, maka kita dapat menggunakan Chrome sebagai ganti dari aplikasi penampil gambar tersebut, tentu dengan fiture yang lebih sedikit. Cukup Drag & Drop file gambar ke dalam tab Chrome atau kita juga bisa melakukannya melalui menu KLIK Kanan --> Open With

15. Menambah Bookmark Hanya Dengan Drag & Drop Saja


Bookmark digunakan untuk menyimpan alamat sebuah situs web yang dapat kita gunakan di lain waktu. Biasanya saat kita mengunjungi sebuah situs web yang memiliki konten menarik, maka kita ingin mengunjungi web tersebut pada waktu yang berbeda. Untuk itulah supaya lebih cepat mengakses kembali, sebaiknya kita menyimpannya di dalam Bookmark. Bookmark tersedia hampir di setiap web browser dan Chrome memanjakan penggunanya hanya dengan drag & drop saja untuk menambahkan alamat situs web ke dalam Bilah Bookmark. Bila Bilah Boomark belum terlihat pada Chrome, aktifkan dengan cara sebagai berikut :

Buka menu Chrome > Bookmark > Tampilkan Bilah Bookmark

16. Dapat Membuka Lebih Dari 100 Tab


Kita dapat membuka tab laman Chrome hingga 100 lebih dan kita akan mendapatkan Smile Emoticon Dari Google Chrome saat membuka 100 Tab di Chrome.

17. Memutar File Music Dan Video Di Chrome


Memutar file musik dan video biasanya dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi media player. Chrome juga dapat kita gunakan sebagai media player, cukup dengan drag & drop saja file audio & video ke halaman tab Google Chrome.

Setelah mengetahui fiture-fiture Google Chrome tersebut, pastinya kita enggan untuk menggunakan web browser lainnya. Untuk itulah gunakanlah terus Google Chrome supaya kita dapat memperoleh fiture-fiture terbaru Chrome pada setiap update Chrome.

Kesimpulan


Sebenarnya masih banyak fiture menarik Google Chrome lainnya yang dapat kita gunakan untuk memudahkan kita dalam menggunakan Chrome. Google Chrome juga memiliki beragam tema dengan tampilan yang menawan yang bisa kita peroleh di toko web Google Chrome. Selain itu, ekstensi, aplikasi dan games juga tersedia di Google Chrome. Bila anda sedang mencari web browser yang handal, ringan, gesit dan memiliki banyak fiture, Chrome bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda gunakan sebagai perambah internet default sistem. Demikian 17 Fiture Google Chrome Yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat dan menambah kecakapan kita dalam menggunakan Chrome web browser.


EmoticonEmoticon