Wednesday 12 October 2016

Cara Upgrade Paket Aplikasi Tertentu Di Linux Mint (Single Package Upgrade)

Upgrade Aplikasi Tertentu Di Linux Mint - Aplikasi di dalam sistem Linux mint dapat kita update dan upgrade ke versi terbaru. Dapat melalui Update Manager maupun via terminal. Setiap Paket aplikasi/program akan terus mengalami pembaruan yang dilakukan oleh para pengembang perangkat lunak sampai mereka menghentikan dukungan atau pengembangan terhadap aplikasi tersebut. Sistem Linux mint juga akan mengalami pembaruan setiap enam bulan sekali (rilis gulir) dengan dukungan update sistem hingga 5 tahun ke depan.

Linux mint adalah perangkat lunak sistem operasi komputer yang di dalamnya berisi atau terpasang berbagai aplikasi. Baik itu aplikasi yang ditujukan untuk kepentingan di dalam sistem maupun aplikasi yang dikembangkan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas dan keperluan.

Linux mint adalah perangkat lunak sistem operasi yang modern dengan lingkungan dekstop Cinnamon,Mate, Xfce dan KDE. Cinnamon merupakan lingkungan desktop yang dibuat oleh pengembang Linux mint sendiri dan saat ini sudah mencapai versi 3.0.7. Linux mint juga memiliki edisi khusus yang berbasis Debian yaitu Linux mint Debian Edition. Itulah sedikit tentang Linux mint, bila ingin tahu lebih banyak mengenai Linux Mint, silahkan kunjungi situs web dan blog Linux mint.

Cara Upgrade Aplikasi/Program Tertentu Di Linux Mint (Single Package Upgrade)


Cara Upgrade Aplikasi Tertentu Di Linux Mint (Single Package Upgrade)


Sebenarnya kita dapat melakukan upgrade (pembaruan) aplikasi/program di Linux mint hanya dengan mengetikan perintah sudo apt-get update dan sudo apt-get upgrade dan semua paket aplikasi yang terpasang di sistem Linux mint akan diperbarui dengan versi terbaru. Namun, cara ini kurang efektif, karena kita tidak dapat mengetahui aplikasi apa saja yang akan kita perbarui dan mungkin tidak semua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang kita perlukan untuk diupgrade. Bila kita melakukan upgrade semua aplikasi jelas akan memakan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan hanya memilih beberapa item aplikasi saja.

Kali ini saya akan berbagi cara melakukan upgrade aplikasi per item dengan menggunakan terminal Linux dan Manager Pembaruan (perintah grafis). Menggunakan terminal tidak lebih mudah daripada menggunakan Manajer Pembaruan, namun kita dapat lebih cepat dalam melakukan proses pembaruan (upgrade).

A. Terminal Linux


1. Update Sistem

Sebelum kita melakukan proses upgrade paket aplikasi, lakukan update paket terlebih dahulu dengan mengetikan perintah teks dibawah ini pada terminal Linux:

sudo apt-get update

Proses update tidak akan memperbarui aplikasi apapun di dalam sistem Linux mint. Proses update ini hanya memperbarui daftar paket aplikasi saja yang terdapat di repository Linux mint. Ketika kita menambahkan sumber paket aplikasi atau ppa (personal package archive) dari pihak ke-3, maka setelah itu kita harus melakukan update sistem sebelum melakukan instal aplikasi.

2. Lihat Paket Aplikasi Yang Siap Di Upgrade

Tidak semua paket aplikasi yang terpasang siap untuk diperbarui (upgrade), untuk itulah kita perlu mengetahui paket apa saja yang bisa kita upgrade. Bila aplikasi sudah siap upgrade, berarti pengembang aplikasi sudah mengeluarkan versi baru dari aplikasi tersebut. Ketik perintah teks di bawah ini pada terminal Linux untuk melihat daftar paket yang siap di Upgrade :

sudo apt list --upgradable

...
pidgin/xenial-updates,xenial-security 1:2.10.12-0ubuntu5.1 amd64 [upgradable from: 1:2.10.12-0ubuntu5]
pidgin-data/xenial-updates,xenial-updates,xenial-security,xenial-security 1:2.10.12-0ubuntu5.1 all [upgradable from: 1:2.10.12-0ubuntu5]
pix/sarah 1.0.6+sarah amd64 [upgradable from: 1.0.5+sarah]
pix-data/sarah,sarah 1.0.6+sarah all [upgradable from: 1.0.5+sarah]
plymouth/sarah 0.9.2+mint1+sarah amd64 [upgradable from: 0.9.2-3ubuntu13]
plymouth-label/sarah 0.9.2+mint1+sarah amd64 [upgradable from: 0.9.2-3ubuntu13]
plymouth-theme-ubuntu-text/sarah 0.9.2+mint1+sarah amd64 [upgradable from: 0.9.2-3ubuntu13]
...

Setelah itu akan terlihat list (daftar) paket aplikasi yang siap untuk di upgrade. Dari sinilah kita dapat memilih paket aplikasi apa saja yang akan kita upgrade sesuai dengan apa yang kita perlukan.

3. Upgrade Aplikasi/Program

Proses upgrade akan memperbarui aplikasi dengan versi terbarunya, hampir sama dengan proses instal. Perbedaanya hanya pada saat pemasangan aplikasi tersebut. Upgrade berarti kita memasang kembali aplikasi yang sudah terpasang di sistem Linux mint namun dengan versi terbarunya. Sedangkan instal berarti kita melakukan pemasangan aplikasi baru yang sebelumnya belum ada di dalam sistem. Ketik perintah dibawah ini untuk melakukan upgrade aplikasi tertentu di Linux mint :

sudo apt-get install nama-paket_aplikasi

Atau juga bisa menggunakan perintah berikut ini :

sudo apt-get install --only-upgrade nama_paket_aplikasi

Gunakan tombol pencarian pada terminal linux (ctr-shift-f) untuk mencari aplikasi di daftar nama paket aplikasi yang siap untuk diperbarui. Misalnya, saya akan melakukan upgrade terhadap aplikasi Manajer File Gambar Default Linux mint 18 yaitu PIX, pertama saya akan melihat daftar aplikasi yang siap untuk di upgrade. Ternyata PIX sudah memiliki versi baru yang siap untuk di upgrade atau diperbarui. Setelah itu, baru saya melakukan upgrade PIX melalui terminal Linux. Berikut tampilan proses upgrade PIX pada sistem komputer yang saya pakai (Linux mint 18 Cinnamon "Sarah").

sudo apt-get install --only-upgrade pix

Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
The following additional packages will be installed:
pix-data xapps-common
The following NEW packages will be installed:
xapps-common
The following packages will be upgraded:
pix pix-data
2 upgraded, 1 newly installed, 0 to remove and 454 not upgraded.
Need to get 2.249 kB of archives.
After this operation, 15,4 kB of additional disk space will be used.
Do you want to continue? [Y/n] y
Get:1 http://packages.linuxmint.com sarah/backport amd64 pix amd64 1.0.6+sarah [782 kB]
Get:2 http://packages.linuxmint.com sarah/backport amd64 pix-data all 1.0.6+sarah [1.464 kB]
Get:3 http://packages.linuxmint.com sarah/backport amd64 xapps-common all 1.0.0 [2.060 B]
Fetched 2.249 kB in 1min 2s (35,7 kB/s)
(Sedang membaca basis data ... 212940 berkas atau direktori telah terpasang.)
Preparing to unpack .../pix_1.0.6+sarah_amd64.deb ...
Unpacking pix (1.0.6+sarah) over (1.0.5+sarah) ...
Preparing to unpack .../pix-data_1.0.6+sarah_all.deb ...
Unpacking pix-data (1.0.6+sarah) over (1.0.5+sarah) ...
Selecting previously unselected package xapps-common.
Preparing to unpack .../xapps-common_1.0.0_all.deb ...
Unpacking xapps-common (1.0.0) ...
Processing triggers for mime-support (3.59ubuntu1) ...
Processing triggers for man-db (2.7.5-1) ...
Processing triggers for bamfdaemon (0.5.3~bzr0+16.04.20160415-0ubuntu1) ...
Rebuilding /usr/share/applications/bamf-2.index...
Processing triggers for gnome-menus (3.13.3-6ubuntu3) ...
Processing triggers for desktop-file-utils (0.22-1ubuntu5) ...
Processing triggers for hicolor-icon-theme (0.15-0ubuntu1) ...
Processing triggers for libglib2.0-0:i386 (2.48.0-1ubuntu4) ...
Processing triggers for libglib2.0-0:amd64 (2.48.0-1ubuntu4) ...
Sedang menata pix-data (1.0.6+sarah) ...
Sedang menata xapps-common (1.0.0) ...
Sedang menata pix (1.0.6+sarah) ...

B. Menggunakan Manajer Pembaruan


MintUpdate atau Manajer Pembaruan adalah sebuah aplikasi Linux mint yang digunakan untuk melakukan pembaruan sistem dan aplikasi yang terpasang di dalamnya. Perintah dalam bentuk grafis akan memudahkan kita dalam melakukan proses update dan upgrade. Pertama kali yang perlu kita perhatikan adalah MintUpdate sudah dalam versi terbaru, upgrade MintUpdate terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade aplikasi/program lainnya. Setelah itu lakukan Penyegaran (refresh) MintUpdate untuk menampilkan daftar paket aplikasi yang siap untuk di upgrade. Setelah itu baru kita pilih aplikasi yang akan kita upgrade dengan cara Mencentang pada check box yang tersedia. Terakhir KLIK Tombol Instal Pembaruan.

Kesimpulan


Setiap sistem operasi komputer biasanya memiliki security sistem, termasuk Linux mint. Program security di dalam Linux mint akan selalu mengalami pembaruan untuk melindungi sistem dari bahaya malware, spyware dan perangkat lunak lainnya yang tidak diinginkan oleh sistem. Pengguna Linux dengan sistem yang terus terupgrade atau terbarukan akan membuat sistem menjadi lebih SAFE (aman). Selain itu, dengan melakukan upgrade secara berkala, kita akan mendapatkan fiture-fiture terbaru dari Linux mint dan juga aplikasi yang terupgrade.

Dari sekian banyak aplikasi yang terpasang di sistem komputer, mungkin hanya beberapa aplikasi saja yang kita gunakan. Oleh karena itu, dengan melakukan upgrade hanya pada aplikasi tertentu saja, proses upgrade akan lebih cepat dan kita bisa menghemat kuota internet. Demikian cara upgrade aplikasi tertentu di Linux mint 18 Sarah, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta kemampuan kita dalam menggunakan sistem operasi Linux mint.


EmoticonEmoticon