Friday 30 September 2016

Mengatur Save Autorecovey Dan Backup File Di LibreOffice Untuk Mencegah Kehilangan Data

Tags

Autorecovery Dan Backup File Di LibreOffice - Save Autorecovery dan Backup file merupakan fasilitas yang terdapat di aplikasi perkantoran LibreOffice. Dengan mengaktifkan save autorecovery, setiap kali kita menggunakan LibreOffice, otomatis data akan tersimpan dalam bentuk informasi yang berfungsi untuk memulihkan kembali data yang belum tersimpan ketika sistem mengalami masalah atau pada saat LibreOffice CRASH.

Kehilangan data yang sudah kita buat tentu akan sangat menyebalkan, hanya karena kita lupa tidak melakuan SAVE dan tiba-tiba saja sistem error atau LibreOffice mengalami Crash. Oleh karena itu, kita perlu mengaktifkan Save Autorecovery pada LibreOffice. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir akan kehilangan data pada saat terjadi hal yang tidak kita inginkan pada aplikasi perkantoran LibreOffice.

Berbeda ketika kita menutup file tanpa menyimpannya terlebih dahulu pada media penyimpanan komputer (Don't Save), maka kita tidak dapat memulihkan file tersebut dan tidak akan muncul pada menu Recent Document

Selain mengaktifkan Save Autorecovery, aktifkan juga Backup file untuk membuat cadangan file yang sudah kita simpan sebelumnya pada media penyimpanan komputer. Ketika kita kehilangan data (terhapus atau rusak ), kita masih memiliki cadangan file dan dapat kita dapatkan kembali file yang sama melalui LibreOffice.

Dalam setelan default, fiture Save Autorecovery sudah dalam keadaan aktif, sedangkan Backup file dalam kondisi non aktif. Kita dapat melihatnya melalui pengaturan umum Load/Save.

Tools > Options > Load/Save > General

Default sistem akan melakukan Save Autorecovery tiap 10 menit dan kita dapat mengaturnya sesuai keinginan. Bila sistem yang anda gunakan sering terjadi crash, gunakanlah interval waktu yang pendek (singkat) pada Save Autorecovery dan sebaiknya segera lakukan penggantian sistem dengan yang baru atau bisa juga melakukan update sistem.

Mengatur Save Autorecovey Dan Backup File Di LibreOffice Untuk Mencegah Kehilangan Data

Cara Mengatur Save Autorecovey Dan Backup File Di LibeOffice


Setelah mengetahui pentingnya mengatur dan mengatifkan Save Autorecovery dan Backup File di LibreOffice, sebaiknya sebelum kita menggunakan LibreOffice untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya, lihat terlebih dahulu menu Tools --> Options --> Load/Save --> General. Terlebih bila kita tidak menggunakan komputer miliki sendiri (warnet, rental atau pinjam), mungkin saja Save Autorecovery dalam kondisi tidak aktif.

Berikut Pengaturan Save Autorecovery Dan Backup File LibreOffice :

A. Aktifkan setelan Save Autorecovery LibreOffice


Lihat pada menu Tools - Options - Load/Save - General. Pastikan Save Autorecovery file system every [10 menit] sudah dalam kondisi aktif.  Aturlah interval waktu sesuai keinginan anda, namun lebih baik kita mengatur interval waktu yang lebih pendek supaya data menjadi lebih aman. Dengan demikian, secara otomatis data akan tersimpan dalam bentuk informasi data yang digunakan untuk melakukan recovery file ketika LibreOffice Crash.

B. Aktifkan backup salinan dokumen


Selain mengaktifkan Save Autorecovery, aktifkan juga Always create backup copy supaya data yang kita buat memiliki backup dan kita tidak khawatir akan kehilangan data. Data akan tersimpan pada backup LibreOffice dengan ekstensi .bak dan secara otomatis data akan tergantikan dengan data baru setiap kali kita melakukan perubahan data. Kita dapat merubah direktori backup LibreOffice melalui :

Tools > Options > LibreOffice > Paths > Backups

Klik dua kali (double click) pada Path Backups untuk merubah lokasi penyimpanan file backup LibreOffice.

Kita memang tidak menginginkan LibreOffice crash dan data kita hilang atau rusak. Namun, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, oleh karena itu mengaktifkan fiture Save Recovery dan Backup di LibreOffice akan membuat data yang kita buat menggunakan LibreOffice menjadi lebih aman. Demikian cara melakukan Save Autorecovery dan Backup file di LibreOffice, semoga bermanfaat dan menambah kecakapan kita dalam menggunakan LibreOffice.


EmoticonEmoticon