Friday 26 August 2016

Cara Membuat Akun Email Baru Di Yahoo Mail (Ymail) Gratis!

Membuat Akun Baru Yahoo Mail - Membuat akun email baru dapat dilakukan dengan cukup mudah, baik itu di Yahoo, Gmail, Microsoft-Outlook atau yang lainnya. Email digunakan untuk mengirimkan surat elektronik disertai dengan lampiran dokumen, gambar dan jenis file lainnya. Memiliki akun email jelas sangat bermanfaat bagi kita untuk menulis surat dan mengakses berbagai hal di internet.

Salah satu layanan email terbaik dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat pengguna internet adalah Yahoo mail (YMail). Layanan email ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1996 dan sampai sekarang masih tetap eksis dan tetap menjadi favorit mereka yang membutuhkan layanan email gratis yang berkualitas.

Hampir bersamaan dengan Yahoo mail , layanan email lainnya yang bernama Hotmail diakuisi oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1997. Kemudian Hotmail berubah nama menjadi MSN Hotmail dan sekarang nama dari layanan email ini adalah Outlook/Hotmail.

Pada tahun 2007 Google meluncurkan (go public) layanan email gratisnya yang bernama Gmail dan dalam waktu singkat, Gmail mampu memikat banyak pengguna internet untuk menggunakan layanan email produk Google tersebut. Keberadaan Yahoo mail pun mulai terusik karena mendapat pesaing baru yaitu Gmail.

Cara Membuat Akun Baru Yahoo Mail (Ymail) Gratis!


Siapkan perlengkapan elektronik yang kita punya (Laptop / Komputer), atau bisa sewa internet di tempat penyewaan internet (rental internet). Membuat email Yahoo tidaklah memakan waktu yang lama dan bisa dilakukan juga melalui handphone atau smartphone. Berikut langkah demi langkah membuat akun email baru Yahoo mail :

1. Buka perambah situs web

Gunakan salah satu peramban situs web yang terinstal di dalam sistem komputer. misalnya Firefox, Chrome, Opera, Safari, Edge atau yang lainnya.

2. Buka alamat situs pendaftaran Yahoo mail

Kita dapat menggunakan alamat situs web yahoo dengan menggunakan Bahasa Indonesia mail.yahoo.co.id atau Bahasa Inggris mail.yahoo.com. Pada contoh pembuatan email baru di Yahoo Mail ini, saya akan menggunakan yang Bahasa Indonesia. Lihat pada halaman utama email yahoo, karena kita akan membuat akun email baru, maka klik tombol Daftar

Tidak punya akun?  Daftar

4. Isi Formulir Pembuatan Akun Email Yahoo

Isilah formulir tersebut dengan data-data yang sesuai dengan diri kita. Berikut petunjuk pengisian formulis pembuatan email baru Yahoo Mail :

Daftar email yahoo, formulis pendaftaran email yahoo

  • Isilah nama depan dan nama belakang sesuai dengan nama kita
  • Tentukan alamat email (username / akun_pengguna) yang nantinya digunakan untuk masuk ke akun email yahoo.
  • Buatlah kata sandi yang rumit dengan kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil dan karakter lainnya, minimal 8 karakter
  • Isi nomor ponsel kita tanpa huruf '0' di depan, karena sudah terdapat kode negara +62
  • Selanjutnya isi bulan, hari dan tahun kelahiran kita
  • Terakhir isi jenis kelamin sesuai dengan jenis kelamin kita (laki-laki/perempuan).

Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran akun yahoo, klik tombol Lanjutkan

5. Verifikasi Nomor Ponsel

Selanjutnya yahoo akan memverifikasi nomor telepon (ponsel) yang sudah kita isi sebelumnya. Yahoo akan mengirimkan kode ke nomor ponsel tersebut. Ada dua pilihan untuk mendapatkan kode verifikasi dari yahoo yaitu : Melalui Telepon atau Melalui pesan SMS, silahkan pilih salah satu opsi tersebut.

Setelah menerima kode verifikasi pada nomor ponsel yang kita miliki, isi pada form pengisian verifikasi nomor ponsel. Bila ternyata kita tidak menerima kode verifikasi yang dikirim melalui 'SMS' , maka kita dapat meminta mengirim ulang kode tersebut dengan klik pada tombol Kirim Ulang atau melalui telepon dengan klik tombol Telepon saya untuk memberikan kode.

Setelah selesai memasukan kode verifikasi angka yang kita terima melalui 'SMS' atau 'Telepon', klik tombol Verifikasi

6. Akhirnya sampailah kita pada tahap akhir pembuatan akun baru yahoo mail. Hal ini tandai dengan ucapan  Selamat dari Yahoo.

Lihat pada bagian 'checkbox' yang bertuliskan, "Hubungi saya sesekali mengenai penawaran, promosi dan fiture khusus yahoo"

Centang (check) untuk menerima tawaran ini atau uncentang (uncheck) untuk mengabaikan tawaran ini sebelum kita mulai menggunakan akun yahoo mail untuk pertama kalinya. Selanjutnya, klik pada tombol Mari kita mulai

7. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman utama id.yahoo.com dimana kita sudah dalam kondisi masuk (login). Pada halaman ini tersedia banyak informasi dan berita yang menarik dari berbagai sumber yang dirangkum oleh yahoo.

Lihat pada pojok kanan atas halaman utama yahoo, disana tampak nama kita (pengguna) dan ikon mail (surat) yang berbentuk amplop/sampul surat. Klik tombol bergambar Sampul Surat untuk masuk ke halaman email yahoo. Pertama kali kita masuk ke halaman surat elektronik yahoo, kita akan diminta untuk mengkonfigurasi akun yahoo mail dengan media sosial dan penyedia layanan email lainya yaitu :

  • Facebook
  • Google
  • Outlook (hotmail)
  • Yahoo

Silahkan kita lakukan konfigurasi alamat email dengan memilih media sosial dan penyedia layanan email yang tersebut di atas. Namun, bila kita tidak ingin melakukannya, maka tahap ini bisa kita lewati dan Kita dapat melakukannya di lain waktu, klik tombol Lompati konfigurasi. Setelah itu kita dapat mulai mengimpor buku alamat / kontak (dari email lain yang kita punya) dan bila perlu kita beritahukan ke sejumlah alamat email teman, kerabat atau profesi mengenai alamat email baru kita. Baca juga : Cara membuat akun email bari di Microsoft (Outlook/Hotmail)

Kesimpulan


Pengguna email yahoo dapat menikmati ruang penyimpanan yang sangat besar hingga mencapai 1 TB (Tera Byte) atau 1000 GB. Punya satu akun email yahoo saja sudah cukup untuk menyimpan data email sampai batas waktu tak terhingga. Belum punya akun email? buat sekarang juga!!! Demikian cara membuat akun email baru di Yahoo mail secara gratis. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya, sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon