Thursday 17 September 2015

Cara Update Aplikasi Linux Mint Dengan Manajer Pembaruan

Menggunakan Update Manager Linux Mint - Paket aplikasi yang terpasang di sistem Linux Mint setiap saat akan mengeluarkan versi terbarunya. Kita dapat melakukan pembaruan pada aplikasi yang terpasang di sistem Linux Mint melalui Manajer Pembaruan dengan cara yang cukup mudah termasuk juga pembaruan untuk sistem keamanan Linux Mint. Meskipun kita dapat melakukan pembaruan melalui terminal linux dengan perintah teks namun, pada umumnya pengguna Linux Mint melakukan update aplikasi dengan menggunakan Update Manager karena menggunakan perintah berbasisi grafis jauh lebih mudah terutama bagi pengguna baru sistem linux.

Logo dari Manager Pembaruan atau Update Manager adalah berupa gambar perisai yang terdapat pada applet Sistem tray. Bila applet ini belum terdapat pada panel Linux Mint, kita dapat mengaktifkannya melalui pengaturan applet Linux Mint.


Cara Update paket aplikasi linux mint dengan Update Manager

Preferensi Manajer Pembaruan


Kita dapat membiarkan manajer pembaruan dalam setelan defaultnya atau sebelum memulai proses pembaruan, mungkin sebaiknya kita melihat menu preference dan merubah beberapa setelan manajer pembaruan untuk memperoleh hasil yang kita inginkan.

Klik Pada Applet Manajer Pembaruan Pada Panel Linux Mint

Atau

Klik Menu > Administrasi > Manajer Pembaruan


1. Menu Option


Menu ini untuk menampilkan pilihan untuk mengatur bagaimana Manajer Pembaruan dalam memasang paket-paket yang akan di update atau diperbarui. Centang list untuk mengaktifkan dan jangan di Centang untuk menonaktifkan.

2. Menu Tingkatan


Berisi tingkatan update paket dari 1-5, dimana untuk tingkat 1-3 merupakan tingkat yang aman untuk diupdate, sementara tingkat 4-5 masih beresiko / belum diyakini aman. Namun kita masih bisa mengaktifkan untuk tingkatan update 4-5, tentu saja bila ingin mengupdate paket tersebut seharusnya punya pengetahuan yang lebih akan paket yang akan di update. Centang atau jangan di centang untuk mengaktifkan dan nonaktifkan.

3. Penyegaran Otomatis


Mengatur waktu untuk penyegaran otomatis pada Manager Pembaruan Linux Mint. Penyegaran disini adalah untuk menampilkan daftar update paket terbaru.


4. Pembaruan yang diabaikan


Menambahkan dan menghapus daftar pembaruan yang tidak perlu / berbahaya untuk sistem.


5. Ikon-Ikon


Mengatur tampilan ikon untuk Manager Pembaruan.

Cara Update Paket Linux Dengan Manajer Pembaruan


Gunakanlah koneksi internet yang stabil untuk memperlancar proses update, dapat menggunakan jaringan wi-fi, kabel telepon atau bila menggunakan modem seluler gunakan jaringan mobile broadband dengan sinyal yang bagus.

Klik tombol penyegaran / refresh pada jendela manajer pembaruan untuk mendapatkan info update terbaru paket aplikasi yang terpasang pada sistem komputer Linux Mint. Bila tidak dapat melakukan penyegaran / refresh update mungkin koneksi internet kurang stabil coba ulangi lagi.

Setelah berhasil mendapatkan info update paket terbaru, lihat pada menu daftar paket yang siap untuk di update. Disana terlihat ada beberapa kolom dari daftar paket aplikasi siap update :

1. Tipe


Jenis pembaruan yang tesedia pada sistem komputer, Pembaruan aplikasi dan pembaruan keamanan

2. Tingkatan


Terdapat tingkatan pembaruan dari 1 sampai 5, dimana setiap tingkatan menandai tingkat keamanan paket. Dalam hal ini lebih baik pilih daftar paket dengan tingkat keamanan 1-3 saja.

3. Perbarui


Centang untuk memilih daftar paket yang akan diperbarui.

4. Paket


Berisi daftar paket yang tersedia untuk pembaruan.

5. Versi baru


Versi terbaru dari paket yang tersedia untuk di update

Kita bisa melihat deskripsi dan daftar perubahan pada paket aplikasi yang siap update sehingga informasi update, dengan demikian kita bisa mengetahui informasi paket yang akan kita perbarui dan memilih paket mana yang akan kita update atau tidak.

Setelah memilih beberapa paket aplikas untuk diperbarui atau pilih semua aplikasi dan sistem keamanan siap update, klik pada tombol  Instal Pembaruan untuk memulai update paket terbaru dari Linux Mint (akan diminta untuk memasukan password admin). Bila tidak terjadi kegagalan maka konfirmasi update akan muncul dan sekarang sistem komputer telah menggunakan paket aplikasi terbaru dari Linux Mint.lihat gambar diatas

Dalam memilih aplikai yang akan di update, untuk kemanan sistem pilihlah pada tingkatan kemanan 1 yang memang benar-benar sudah teruji dan stabil. Demikian cara update paket terbaru aplikasi Linux Mint dengan menggunakan Manajer Pembaruan.


EmoticonEmoticon