Wednesday 12 August 2015

Cara Membuat Tabel Pada Libreoffice Writer

Tags

LibreOffice Writer – Membuat tabel di LibreOffice Writer sama seperti membuat tabel pada apliaksi office lainnya. Tabel berfungsi untuk mengelompokan atau memisahkan data-data dalam sebuah ruang yang diberi pembatas. Dengan menggunakan tabel, terlihat lebih rapi dan tertata dengan baik.

Pastikan LibreOffice sudah terpasang di sistem komputer yang digunakan. Pengguna sistem Linux int tidak perlu memasang LibreOffice lagi karena, aplikasi perkantoran ini merupakan aplikasi default sistem Linux Mint.  Bagi pengguna sistem operasi komputer lain yang tidak menyertakan LibreOffice sebagai aplikasi default sistem, dapat mengunduh file installer LibreOffice di situs web libreoffice.org  untuk pemasangan LibreOffice secara offline atau manual. LibreOffice tidak hanya dapat berjalan di sistem Linux, namun dapat juga digunakan pada sistem Windows dan Mac OS.

Salah satu fungsi LibreOffice yang berhubungan dengan tugas perkantoran adalah untuk pembuatan sebuah TABEL. Biasanya kita membuat tabel saat ingin mengelompokan data-data bilangan atau statistik lainnya yang kiranya memerlukan sebuah tabel supaya terlihat lebih rapi dan tertata dengan baik.

Cara Membuat Tabel Pada Libreoffice Writer Linux Mint

Cara Membuat Tabel Pada Libreoffice Writer


Baik pengguna sistem operasi Linux maupun windows, tidak ada  perbedaan untuk pembuatan tabel pada LibreOffice. Penggunaan Libreoffice pada semua sistem operasi komputer adalah sama. Untuk mengakses fungsi tabel pada LibreOffice, dapat menggunakan cara berikut ini :
  1. Melalui menu standard ( klik pada ikon tabel yang berbentuk beberapa kotak kecil dalam sebuah kotak persegi )
  2. Melalui Menu Table ( klik pada menu Table , akan muncul menu gulir yang berisi pilihan - pilihan tabel. Untuk membuat tabel klik insert table ).
Cara Pertama

Melalui bar Menu Standard LibreOffice. Klik pada ikon table untuk menampilkan menu insert table atau sisipkan tabel. Terlihat tampilan gambar kotak-kotak persegi yang menggambarkan sebuah tampilan tabel yang sesungguhnya. kita hanya perlu memilih kotak tersebut tanpa harus menulis apapun disana.

Misalnya :
Membuat tabel dua kolom tiga baris. Kita tinggal pilih dua kotak ke samping dan tiga kotak ke bawah.

Cara diatas digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat tabel yang simpel dan sederhana. Klik pada tombol More Option untuk masuk ke jendela pengaturan tabel.

Cara Kedua

Klik pada Menu table lalu pilih Insert table. Setelah itu akan muncul jendela pengaturan tabel LibreOffice Writer. Ada dua bagian utama dalam jendela pengaturan tabel yaitu :
  1. General atau umum ( isi judul tabel, jumlah kolom dan baris )
  2. Option atau pilihan ( heading, pemenggalan tabel dan border ). Centang/Uncentang untuk mengaktifkan dan nonaktifkan
Setelah selesai, klik tombol Insert. Sekarang kita sudah bisa membuat tabel pada Libreoffice Writer "Selamat!".

Mengatur Properties Tabel


Setelah membuat tabel, kita dapat mengatur properties atau fasilitas yang dimiliki oleh tabel. Seleksi dahulu tabel yang akan kita atur propertiesnya dengan cara sebgai berikut :
  1. Kolom Tabel ( arahkan mouse diatas kolom tabel hingga membentuk anak panah ke bawah dan muncul pesan "select table column" lalu klik )
  2. Baris Tabel ( arahkan mouse pada sisi kiri tabel hingga membentuk anak panah ke arah samping kanan dan muncul pesan "select table row" lalu klik ).
  3. Seluruh Tabel ( arahkan mouse pada pojok kiri atas tabel hingga kursor membentuk anak panah dengan kemiringan 45 derajat dan muncul pesan "select whole table" lalu klik ).
  4. Setelah selesai menyeleksi tabel, klik kanan tabel lalu pilih Table properties. Selanjutnya akan muncul jendela menu properties.
Tabel di Libreoffice writer memiliki fasilitas yang cukup banyak. Kalau dijabarkan secara detail bisa sangat panjang dan kemungkinan besar kita tidak akan menggunakan semua fasilitas yang ada pada tabel tersebut. Saya coba jabarkan sedikit dari Properties Tabel LibreOffice Writer :

Table Nama tabel Perataan tabel Lebar tabel Spasi pada tabel
Text Flow Jeda teks pada kolom atau halaman Tabel Jeda teks sebelum atau sesudah kolom Perataan teks
Columns Menentukan Lebar kolom pada tabel Mengatur Bayangan, dan Warna bayangan Jarak bayangan dari tabel
Border Jenis Border Gaya Border Tebal Border Warna border
Background Memberi Warna latar pada tabel, kolom dan baris. Latar berupa gambar hanya ada pada cell tabel


LibreOffice Writer dapat digunakan untuk menulis berbagai macam laporan, makalah, tesis, artikel, skripsi, e-book dan banyaki karya lainnya. LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran yang serupa dengan MS Office (windows). Meskipun gratis, namun LibreOffice memiliki fiture dan kemampuan yang tidak kalah dengan aplikasi serupa lainnya yang berbayar. Demikian cara membuat tabel "simple" dengan menggunakan LibreOffice Writer. Sekian dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon