Monday 10 August 2015

Cara Install Aplikasi Windows Di Linux Mint Dengan WINE

Instal Aplikasi Windows di Linux dengan Wine – Pengguna Linux Mint yang baru beralih dari sistem windows ke linux bisa memasang aplikasi windows di sistem linux dengan menggunakan aplikasi Wine. Aplikasi ini merupakan jembatan antara linux dan windows, dimana kita dapat memakai aplikasi berbasis windows di sistem linux meskipun tidak semua aplikasi dapat berjalan dengan baik. Sebagai pedoman, gunakanlah aplikasi original (asli) supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar saat mencoba memasang aplikasi berbasis windows di sistem linux.

Linux dan windows tentu merupakan dua sistem operasi komputer yang berbeda. Memang keduanya merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi yang cukup identik yaitu menjalankan sebuah perangkat elektronik (komputer). Namun, aplikasi dan program yang terdapat di dalamnya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Tidak hanya dari sisi aplikasi, bila kita lihat lebih jauh, tampilan desktop windows dan linux juga berbeda. Linux merupakan perangkat lunak gratis, sedangkan windows memiliki merupakan perangkat lunak yang bersifat komersil.

Bagi pengguna sistem windows dan ingin beralih ke sistem Linux, namun masih belum bisa meninggalkan aplikasi yang berbasis windows yang biasa digunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari misalnya : MS Office, Photoshop atau Corel Draw. Dapat tetap menggunakan aplikasi tersebut melalui Wine.

Sebenarnya ada cara yang lebih baik yaitu menggunakan dual boot sistem antara windows dan Linux. Dengan demikian, kita dapat menggunakan semua aplikasi yang terdapat di windows dan linux.

Cara Instal Aplikasi Windows Di Linux Mint Dengan WINE

Cara Instal Aplikasi Berbasis Windows Di Linux Mint dengan Wine


Wine digunakan untuk menginstal aplikasi  berbasis Windows dan dapat berjalan dengan baik di Sistem Linux Mint. Namun dengan catatan, aplikasi tersebut harus orisinil (Asli) bukan hasil crack atau menggunakan serial number atau aktivasi hasil bajakan. Bila aplikasi bajakan dipasang dengan WINE kemungkinan besar tidak dapat berjalan dengan baik atau bahkan tidak bisa di instal sama sekali.

Linux Mint Memang dirancang untuk program – program yang orisinil dengan kualitas bagus dan hampir semua program yang berjalan di Linux Mint bisa anda dapatkan dengan free alias gratis

Nah, hebat kan Linux Mint ? Sudah pasti, dan tentunya anda bisa berselancar dengan Linux Mint bahkan sampai ke aplikasi Windows.

Instal Wine Di Linux Mint


Untuk memasang aplikasi Wine di Linux Mint dapat dilakukan dengan cukup mudah. Paket aplikasi Wine sudah terdapat di repository Linux Mint jadi, kita tinggal menginstalnya saja melalui Pengelola Perangkat Lunak, Synaptic Manajer Paket atau Menggunakan perintah APT di Terminal Linux. Silahkan baca cara install dan uninstall aplikasi di Linux Mint.

Pada contoh kali ini saya akan memasang Wine menggunakan Pengelola Perangkat Lunak yang menggunakan perintah berbasis grafis sehingga mudah untuk digunakan.

Klik Menu > Pengelola Perangkat Lunak > Ketik wine di kolom pencarian > Klik Wine > Klik Pasang/ install

Cara Menggunakan Wine


Setelah Wine terpasang di sistem Linux Mint,  kita dapat melihat ikon Wine di Menu Linux mint dan wine siap untuk digunakan.
  1. Sebelumnya siapkan file .exe terlebih dahulu, bisa dengan cara download di situs alamat web. 
  2. Klik kanan pada file .exe dan pilih "Instal dengan Wine" atau klik dua kali file .exe tersebut biasanya secara otomatis wine akan mengeksekusinya. 
  3. Proses pemasangan aplikasi sama pada saat kita memasang program/aplikasi tersebut di sistem windows.
Saya sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan aplikasi yang berbasis Linux saja, karena lebih stabil dan memang diperuntukan untuk sistem Linux. Bila anda memang masih bergantung pada aplikasi windows, lebih baik buat dual boot sistem antara Linux dan windows. Cara lainnya adalah menggunakan virtual box untuk memasang sistem windows di dalam sistem linux dan kita dapat memasang aplikasi windows melalui sistem windows yang terpasang di virtual box. Namun, kinerja komputer saat menggunakan virtual box akan sedikit lambat, karena harus berbagi memori dengan sistem utama (Linux). Pilihan terbaik adalah menggunakan dual boot sistem antara Windows dan Linux.

Itulah uraian singkat mengenai cara memasang aplikasi windows di Linux mint dengan Wine. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon